Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Shop | Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Masa Ramadan-Lebaran 2024
Kamis, 25-04-2024 - 21:11:54 WIB
Tokopedia bersama TikTok melalui Shop | Tokopedia telah mempermudah masyarakat Indonesia memenuhi berbagai kebutuhan selama Ramadan-Lebaran 2024. (Foto:marno)
TERKAIT:
 
  • Shop | Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Masa Ramadan-Lebaran 2024
  •  

    JAKARTA - Momen Ramadan-Lebaran tahun 2024 telah menghadirkan peluang bisnis online yang lebih baik untuk para pelaku usaha di Indonesia, termasuk para pelaku usaha tergabung di Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia. 


    Hat tersebut, berbagai brand lokal menjadi trent belanja online, termasuk Tulus Skin, Jenna and Kaia dan Hijrahfood Meatshop, mencatat kenaikan penjualan yang signifikan selama momen Ramadan 2024 lalu.


    Disampaikan oleh Nuraini Razak E-Commerce Communications Director Shop | Tokopedia, “Peluang dari momen Ramadan-Lebaran 2024 dimanfaatkan oleh Tokopedia dan TikTok untuk semakin gencar berkolaborasi demi menghadirkan banyak inisiatif, mulai dari Beli Lokal hingga Ramadan Ekstra Seru, yang dapat mendukung lebih dari 21 juta penjual di Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia, terutama brand lokal agar menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.”


    “Kolaborasi tersebut membawa dampak yang positif pada tren belanja online masyarakat. Produk Groceries (produk-produk kebutuhan sehari-hari termasuk makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan diri serta masih banyak lagi), Rumah Tangga dan Fashion adalah beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024,” ungkap Nuraini.


    Selain itu, Tokopedia mencatat beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024 di pulau Sumatra dan Jawa adalah Groceries, Rumah Tangga dan Fashion. Sedangkan di pulau Kalimantan, beberapa kategori yang terlaris adalah Elektronik, Groceries dan Rumah Tangga. Di sisi lain, di pulau Sulawesi, Tokopedia mencatat kategori yang laris manis adalah Groceries, Elektronik dan Fashion. Di pulau Papua, kategori Elektronik, Groceries serta Olahraga dan Hobi adalah beberapa kategori yang terlaris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024.


    Sedangkan pada Shop | Tokopedia dalam aplikasi TikTok, produk Fashion Muslim Perempuan, Skincare dan Makanan Ringan adalah beberapa kategori produk yang paling diburu masyarakat pada periode yang sama. Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia merekap secara lebih detail dampak serta tren belanja online masyarakat Indonesia dari deretan inisiatif yang telah dilakukan selama Ramadan-Lebaran 2024.


    Kampanye 'Ramadan Ekstra Seru' dari Tokopedia dan Shop | Tokopedia dongkrak penjualan hingga berkali lipat untuk produk berbagai kategori


    “Sepanjang 23 Februari-5 April 2024, Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia telah menghadirkan kampanye ‘Ramadan Ekstra Seru’ agar para penjual, terutama brand lokal, bisa mempromosikan dan menjual produknya di halaman khusus di Tokopedia, dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok. Masyarakat juga bisa mendapatkan pilihan produk lokal yang semakin beragam dengan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan Ramadan hingga Lebaran,” tambah Nuraini.


    “Penjualan produk groceries dan elektronik masing-masing mengalami kenaikan penjualan hampir 2 kali lipat selama kampanye Ramadan Ekstra Seru berlangsung di Tokopedia sepanjang 23 Februari-5 April 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan produk fesyen melonjak hampir 2,5 kali lipat,” jelas Nuraini.


    Selain itu, TikTok melalui Shop | Tokopedia juga mencatat penjualan rata-rata pelaku usaha yang mengikuti kampanye Ramadan Ekstra Seru naik lebih dari 3 kali lipat dibandingkan rata-rata mingguan pada Februari 2024.


    Usung produk brand lokal lewat kampanye 'Beli Lokal', penjualan sejumlah brand lokal naik hingga 9 kali lipat di Tokopedia


    Selain itu, Tokopedia bersama TikTok terus menggencarkan kampanye ‘Beli Lokal’ untuk mempermudah masyarakat untuk belanja online produk brand dan UMKM lokal, termasuk saat momen Ramadan-Lebaran 2024. Beli Lokal merupakan komitmen keberlanjutan dari Tokopedia dan TikTok untuk mendukung brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.


    “Kampanye Beli Lokal membawa dampak positif bagi penjualan sejumlah pelaku usaha lokal di Tokopedia bahkan selama Ramadan 2024. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan transaksi sejumlah brand lokal dari berbagai kategori di Tokopedia yang mengikuti kampanye Beli Lokal, dengan rata-rata kenaikan 9 kali lipat khususnya sepanjang bulan Ramadan tahun 2024 jika dibandingkan bulan Ramadan tahun 2023 lalu,” ucap Nuraini.


    Di Shop | Tokopedia pada aplikasi TikTok, tercatat juga bahwa volume pesanan yang terjadi di kampanye Beli Lokal di Shop | Tokopedia meningkat 2,5 kali lipat pada Februari 2024 jika dibandingkan rata-rata volume pesanan pada September 2023. Tokopedia bersama TikTok melalui Shop | Tokopedia pun membagi kisah inspiratif Tulus Skin, Jenna and Kaia dan Hijrahfood Meatshop yang telah membantu masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan sepanjang Ramadan-Lebaran.


    Brand lokal perawatan wajah Tulus Skin alami kenaikan penjualan signifikan selama Ramadan-Lebaran 2024


    Berawal dari memiliki permasalahan kulit wajah yang beragam, mulai dari kulit kering hingga sensitif, Jessica Anggrainy, Michelle Koesnadi, Melfin Novi Ustaman, Josephine Widira, dan Patricia Stephanie mendirikan Tulus Skin di tahun 2019 dan merilis produk pertama, yakni cleanser atau pembersih wajah.


    “Dalam pembuatan produk Tulus Skin, kami juga menggunakan bahan baku lokal. Setiap produk Tulus Skin juga selalu diuji coba terlebih dulu oleh kami berlima demi memastikan produk kami cocok dengan kondisi kulit yang berbeda. Kami tidak mau memberikan janji berlebih kepada para pelanggan, karena prinsip kami sejalan dengan nama Tulus Skin itu sendiri, yaitu kejujuran, transparansi dan kebersihan di setiap pembuatan produk,” jelas salah satu Pemilik Usaha Tulus Skin, Jessica Anggrainy.


    “Sejak awal bergabung Tokopedia dari tahun 2021 sampai saat ini, omzet Tulus Skin mengalami kenaikan hingga 5 kali lipat. Sistem rekomendasi TikTok yang berbasis konten membuka peluang bagi kami untuk memperluas jangkauan ke lebih banyak masyarakat. Itulah mengapa kami juga memanfaatkan platform Shop | Tokopedia agar konten kami dapat ditemukan oleh komunitas dengan minat yang sesuai. Kami bahkan rutin mengikuti kampanye, termasuk Beli Lokal dan Festival Ramadan Ekstra Seru. Penjualan kami selama Ramadan-Lebaran 2024 pun bisa meningkat 2 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa,” ujar Jessica.


    Tokopedia dorong tumbuh kembang bisnis secara online, Jenna and Kaia mampu memberdayakan masyarakat yang kehilangan pekerjaan


    Rasa passion terhadap dunia fesyen memotivasi Lira Krisnalisa untuk mendirikan Jenna and Kaia pada 2016. Pengalamannya sebagai reseller baju saat masih menjadi karyawan perusahaan di Bandung pun menjadi bekal ketika merintis Jenna and Kaia. Lira kemudian mendalami wawasannya di bidang fesyen sehingga mendapatkan inspirasi yang membuat koleksi modest fesyen Jenna and Kaia terlihat unik.


    “Era fesyen monokrom lagi trending ketika Jenna and Kaia memasuki industri fesyen. Agar tampil berbeda dan effortless, desain Jenna and Kaia dipercantik dengan potongan asimetris dan payet. Bahkan pada 2020 saat pandemi melanda, Jenna and Kaia mempekerjakan masyarakat di lingkungan sekitar yang kehilangan mata pencaharian untuk memasang payet,” jelas Pemilik Usaha Jenna and Kaia, Lira Krisnalisa.


    “Sejak bergabung di Tokopedia pada 2018 dan aktif mengikuti berbagai kampanye online di Tokopedia, termasuk Tokopedia Fashion selama bulan Ramadan 2024, penjualan Jenna and Kaia meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan sebelum mengikuti kampanye tersebut. Kini Jenna and Kaia semakin aktif berjualan melalui Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, khususnya menggunakan fitur LIVE yang tidak hanya memudahkan pengguna untuk melihat try on produk kami, tetapi juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi," ucap Lira.


    Rutin ikuti kampanye Beli Lokal dan Ramadan Ekstra, Hijrahfood mengalami kenaikan penjualan signifikan


    Didirikan sejak tahun 90-an, usaha keluarga Hijrahfood Meatshop fokus pada penjualan B2B. Namun momen pandemi Covid-19 pada 2020 lalu mendorong Hijrahfood Meatshop untuk memasuki pasar konsumen rumah tangga demi membantu memenuhi permintaan masyarakat akan daging kemasan, termasuk sliced beef, seafood dan produk olahan daging lainnya. Hijrahfood Meatshop juga cepat beradaptasi dalam membangun bisnis secara online lewat Tokopedia.


    “Saya memulai berjualan daging kemasan rumah tangga melalui kerja sama dengan beberapa supplier lokal dari Pulau Jawa. Hijrahfood Meatshop telah berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Sampai saat ini, kami telah menggandeng ratusan orang untuk menjadi karyawan di Hijrahfood Meatshop,” ujar Pemilik Usaha Hijrahfood Meatshop, Akram Amrullah Rajab.


    Sejak bergabung di Tokopedia, kami memanfaatkan berbagai kampanye seperti Beli Lokal dan Ramadan Ekstra Seru. “Selama mengkuti kampanye Ramadan Ekstra Seru, penjualan kami meningkat hingga 3 kali lipat. Bahkan penjualan daging rendang melonjak hingga 10 kali lipat selama Ramadan dibandingkan hari biasa. Selain Tokopedia, Hijrahfood Meatshop juga memanfaatkan TikTok untuk mendapatkan exposure dan brand awareness. Dalam waktu dekat ini, kami juga akan lebih fokus memanfaatkan Shop | Tokopedia untuk menggaet pelanggan baru,” pungkas Akram. (sm)




     
    Berita Lainnya :
  • Huawei Gelar Indonesia IP Club 2024, Navigasikan Konvergensi AI dan Transformasi Digital
  • Pemerataan Digital, Smartfren Berikan Laptop untuk Sekolah Masyarakat Marginal
  • Dikunjungi Presiden Jokowi, Dirut PLN Paparkan Kesiapan Ekosistem Kendaraan Listrik di Booth PLN di
  • Rayakan Milad Ke-32th, Bank Muamalat Luncurkan Program Menabung Berhadiah Umrah
  • Acer Menjadi Solusi dan Transformasi Platform Komunitas Pendidik Guraru
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Huawei Gelar Indonesia IP Club 2024, Navigasikan Konvergensi AI dan Transformasi Digital
    02 Pemerataan Digital, Smartfren Berikan Laptop untuk Sekolah Masyarakat Marginal
    03 Dikunjungi Presiden Jokowi, Dirut PLN Paparkan Kesiapan Ekosistem Kendaraan Listrik di Booth PLN di
    04 Rayakan Milad Ke-32th, Bank Muamalat Luncurkan Program Menabung Berhadiah Umrah
    05 Acer Menjadi Solusi dan Transformasi Platform Komunitas Pendidik Guraru
    06 Atas Kepercayaan Masyarakat: Pengumpulan ZIS BAZNAS pada Ramadhan 2024 tembus Rp447,9 M
    07 Beli Tiket PEVS 2024 di PLN Mobile dapat Diskon Tambah Daya 60%
    08 Mobil Listrik Neta V-II Meluncur di Pameran PEVS 2024 Seharga Rp200 Jutaan
    09 PEVS 2024: Tampilkan Beragam Aktivitas Komunitas Pengguna Kendaraan Listrik
    10 Ajang PEVS 2024, PLN Tampilkan Kesiapan Ekosistem EV di Indonesia
    11 Ofero Bangun Strategi dan Kenalkan Battery Lithium dan Unit Terbaru
    12 Perluas Layanan Keuangan Digital, DANA dan Jalin Bangun Kerjasama
    13 BAZNAS Bersama Muhammadiyah Gulirkan Program Pengembangan SDM Unggul
    14 Belajar dari Jepang, Sosialisasi Stranas Bisnis dan HAM di Indonesia Harus Masif
    15 Bus Hino RM 280 ABS Siap Menjadi Andalan Transportasi di Kalteng
    16 BAZNAS Tanggap Bencana Respons Cepat Bantu Korban Gempa Garut
    17 Membasuh Luka Palestina, Bareksa Salurkan Infak Palestina Melalui BAZNAS RI
    18 Yayasan Solidaritas Insan Peduli Salurkan Infak Palestina Rp250 Juta melalui BAZNAS RI
    19 AASI Beri Kuliah Umum Literasi Asuransi Syariah di UNTAD Palu
    20 Samsung Umumkan Ketersediaan Opsi Bahasa Indonesia Galaxy AI di Galaxy S24 Series
    21 Bangun Masa Depan, BAZNAS RI Berikan Pembinaan Karir bagi Peserta Beasiswa Cendekia
    22 Shop | Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Masa Ramadan-Lebaran 2024
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS