Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Hasil Riset CRSU-FKUI: Lifree Perbaiki Kulit dan Terhindar dari Risiko Luka Dekubitus
Rabu, 24-05-2023 - 22:04:02 WIB
Titiek Puspa Brand Ambassador Lifree, Uni-Charm bersama narasumber CRSU-FKUI, PPNI dan Kemenkes, dalam acara Konferensi Pers, di Hotel Mulia Jakarta, Rabu (24/5/2023). (istimewa)
TERKAIT:
 
  • Hasil Riset CRSU-FKUI: Lifree Perbaiki Kulit dan Terhindar dari Risiko Luka Dekubitus
  •  

    JAKARTA - SinggalangNews.com, Diketahui bahwa hasil riset yang dilakukan bersama CRSU-FKUI, dimana produk popok dewasa Lifree produksi Uni-Charm telah terbukti membantu memperbaiki kondisi kulit agar terhindar dari risiko luka dekubitus pada lansia.


    Lifree sebagai brand No.1 yang menjadi market leader dalam kategori popok dewasa di Indonesia, Lifree bertekad terus berkontribusi untuk menekan nol kasus luka dekubitus melalui produk yang aman, berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.


    Hal tersebut bertepatan Anniversary ke-15 tahun, brand popok dewasa PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Lifree menggelar konferensi pers bersama Clinical Research Supporting Unit - Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (CRSU-FKUI) serta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), di Jakarta, Rabu (24/5/2023).


    Disampaikan hasil riset Kementerian Kesehatan, Ismiyati, S.Si, Apt., M.Si sebagai Ketua Tim Kerja Sertifikasi dan Pengawasan, melihat dari latar belakang tersebut, kurangnya excretion care yang tepat untuk orang tua adalah salah satu penyebab tingginya angka luka dekubitus. 


    Sarana Produksi dari Kementerian Kesehatan menyatakan, “Jumlah kejadian luka dekubitus di Indonesia cukup tinggi sekitar 33 persen, sehingga perlu dilakukan penanganan dengan excretion care yang sesuai agar tidak semakin memburuk."


    Menurutnya, dari rasio tersebut, 40% diantaranya dinyatakan bahwa kasus terkena luka dekubitus terjadi saat berada di rumah” ungkapnya.


    Sementara itu, Ns. Harwina Widya Astuti, M.Kep. selaku perwakilan PPNI DKI Jakarta mengatakan, “Lansia yang terkena dekubitus memerlukan perawatan yang khusus dibanding dengan lansia yang tidak memiliki masalah kulit. Misalnya membersihkan area kulit yang terkena dekubitus dengan air hangat, memberikan minyak salep secara rutin, menggunakan bantal agar area kulit yang terkena dekubitus tidak menerima tekanan, merubah posisi tubuh lansia secara rutin dan lain sebagainya”.


    Di samping itu, edukasi perawatan terhadap lansia yang terkena luka dekubitus sangat penting untuk edukasi lanjut tidak hanya kepada para perawat di fasilitas kesehatan, tetapi juga kepada keluarga yang hidup dan tinggal bersama dengan lansia.


    Melihat kasus tersebut, Lifree bekerjasama dengan CRSU-FKUI melakukan riset untuk menuju nol kejadian luka dekubitus. Dari hasil riset tersebut diketahui bahwa rata-rata skor ruam iritasi kulit mengalami perbaikan setelah penggunaan 15 hari, untuk pengguna popok tipe perekat berkurang 24%, dan pengguna 2 Pieces Care berkurang 42%.


    “Kami juga telah memastikan tentang manfaat yang dirasakan terhadap kulit kepada 2 orang pengguna popok tipe perekat, dan 6 orang pengguna 2 Pieces Care. Oleh karena itu, kami juga berkesimpulan bahwa 2 Pieces Care yang memiliki dampak lebih besar terhadap perbaikan kondisi kulit, merupakan salah satu metode yang efektif untuk mencegah risiko terjadinya luka dekubitus”, ungkap Prof. dr. Kusmarinah Bramono, SpKK(K), PhD selaku perwakilan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (CRSU-FKUI).


    Metode 2 Pieces Care merupakan metode excretion care yang menggabungkan penggunaan popok dewasa (tipe perekat maupun tipe celana) dengan pad penyerap. Metode ini mulai diterapkan oleh Lifree di Indonesia pada tahun 2021.


    “Sejak menggunakan 2 Pieces Care, saya tidak lagi khawatir bocor dan terkena masalah kulit, sehingga bisa beraktivitas dengan nyaman” ungkap Titiek Puspa sebagai Brand Ambassador dari Lifree pada acara konferensi pers, Rabu (24/5/2023).


    Dalam mengurangi kebocoran, metode ini dinilai lebih ekonomis, dengan tipe celana produk Lifree juga telah berkolaborasi dengan PPNI dalam penetrasi 2 Pieces Care untuk mengurangi jumlah penggantian popok yang dapat mendukung orang tua hidup mandiri, sekaligus mengurangi jumlah sampah di Indonesia.


    Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Yuji Ishii, mengucapkan terima kasih kepada para konsumen yang selalu menggunakan produk Lifree “Berkat dukungan para konsumen, Lifree berhasil menyambut anniversary yang ke-15 tahun, dan mempertahankan market share No.1 di Indonesia.


    "Lifree akan terus berkontribusi menuju nol resiko luka dekubitus, dan mendukung orang tua untuk hidup sehat dan bahagia” ujarnya.


    Menurutnya dari 17 target SDGs (Sustainable Development Goals) yang dicanangkan, melalui kegiatan ini Uni-Charm berupaya terus untuk berkontribusi pada target No.3, memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia.


    Dan juga dengan salah satu elemen slogan perusahaan Ethical Living for SDGs yaitu “Aktivitas perusahaan yang dikembalikan pada masyarakat” dan “Hubungan antar manusia”. Untuk kedepannya pun kami akan terus berusaha untuk memecahkan masalah konservasi lingkungan dan sosial, serta berkontribusi pada perwujudan SDGs”, jelasnya. (sm)




     
    Berita Lainnya :
  • Peduli Sampah Plastik, Yayasan WINGS Peduli Kampanyeksn #PilahDariSekarang
  • Gerakan Tokopedia Hijau Tingkatkan Bisnis dan Produk Ramah Lingkungan
  • KB Bank Syariah Dapat Penghargaan Peringkat AAA dengan Outlook Stabil dari Fitch Ratings
  • Peduli Palestina, KNRPP Salurkan Infak Kemanusiaan Lewat BAZNAS RI
  • Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Peduli Sampah Plastik, Yayasan WINGS Peduli Kampanyeksn #PilahDariSekarang
    02 Gerakan Tokopedia Hijau Tingkatkan Bisnis dan Produk Ramah Lingkungan
    03 KB Bank Syariah Dapat Penghargaan Peringkat AAA dengan Outlook Stabil dari Fitch Ratings
    04 Peduli Palestina, KNRPP Salurkan Infak Kemanusiaan Lewat BAZNAS RI
    05 Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
    06 Service di Auto2000 Berhadiah Sepeda Motor Matik Honda BeAT
    07 Baznas Salurkan 137 Ribu Paket Beras Zakat Fitrah hingga Pelosok Indonesia
    08 Smartfren Community Gelar Program Santri Ngonten 100% Kebaikan
    09 Ramadhan, BAZNAS Bersama INH Bagikan Hidangan Untuk Warga Palestina
    10 Wings Care Rilis So Fresh Minyak Angin Aromatherapy Anti Tepar Saat Mudik Lebaran
    11 Bulan Ramadan, Bank Muamalat dan BMM Gelar Aksi Sosial
    12 JES Bagikan 100 Paket Sembako Untuk Masyarakat Kurang Mampu
    13 Baznas bersama Mitratel Salurkan Paket Ramadhan dan Buka Puasa di 11 Wilayah
    14 Melalui Program “Berbagi Keberkahan Ramadhan 1445 H” AASI Salurkan Donasi Sosial 250 Juta
    15 Bangun Kebersamaan, KPN Corp Selenggarakan Acara Buka Puasa Bersama
    16 Auto2000 Operasikan 9 Posko dan 115 Bengkel Siaga 24 Jam
    17 Musim Mudik Lebaran 2024, Baznas Buka 28 Titik Pos Mudik Siaga
    18 Baznas dan Tokopedia Bagikan 5 Tips Kelola THR dengan Bijak
    19 Bulan Ramadan, Kecap Sedaap Gelar Program Berbagi di 5 Titik lokasi Jakarta dan Bandung
    20 BAZNAS Bersama TNI AL Gelar Buka Puasa Bersama Ojol dan Masyarakat Pesisir di Marunda
    21 Blibli XPO Bandung, Tawarkan Promo Smartphone dan Gadget Hingga Rp5,2 Juta
    22 Sambut Lebaran, Supersol Bersihkan Ikon Wisata Religi Provinsi Banten
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS