Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Berdayakan Mustahik HUT ke-22, BAZNAS Luncurkan Program Balai Ternak di Ngawi
Sabtu, 21-01-2023 - 17:57:41 WIB
Prosesi peluncuran Balai Ternak diselenggarakan di Desa Jenggrik, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Jumat (20/12/2022). (Doc.BAZNAS)
TERKAIT:
 
  • Berdayakan Mustahik HUT ke-22, BAZNAS Luncurkan Program Balai Ternak di Ngawi
  •  

    JAKARTA - SinggalangNews.com, Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) BAZNAS RI ke-22 jatuh pada 17 Januari 2023, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus kembangkan usaha Balai Ternak Kelompok Unggas di Provinsi Jawa Timur, di Kabupaten Ngawi.


    Peluncuran Balai Ternak tersebut diselenggarakan di Dusun Watukaras, RT 05 RW 05, Desa Jenggrik, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, Jumat (20/12/2022).


    Turut hadir Pimpinan BAZNAS Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, MA, Pimpinan BAZNAS Pembina Wilayah Provinsi Jawa Timur Kolonel Caj. (Purn) Drs Nur Chamdani, Deputi II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Dr HM Imdadun Rahmat, M.Si, Bupati Ngawi, Pimpinan BAZNAS Provinsi Jawa Timur, Pimpinan BAZNAS Kabupaten Ngawi, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Ngawi¸ Owner PT Bintang Tama Santosa (BTS), Camat, Kepala Desa, Ketua RW, Ketua RT dan Para Tokoh Masyarakat setempat.


    Target penerima manfaat dari program ini adalah masyarakat yang bersemangat untuk beternak, masuk kategori fakir atau miskin, bertekad kuat memperbaiki taraf hidup, dan secara fisik mampu bekerja keras serta record kemitraan sebelumnya. Dasar prioritas keluarga yang diintervensi modal adalah yang masuk kategori miskin dan fisabilillah.


    Pada 2023 pengembangan program Balai Ternak Kelompok Unggas akan dikembangkan ke wilayah Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Ngawi. Pertimbangan pemilihan wilayah tersebut dikarenakan sebagai wilayah yang populasi ayam pedaging cukup banyak.


    Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan, MA mengatakan, Balai Ternak kelompok unggas BAZNAS merupakan respon atas kebutuhan percepatan mewujudkan kemandirian masyarakat miskin di pedesaan dan potensi pengembangan usaha ayam pedaging yang sangat potensial.


    "Adapun target penerima manfaat dari program ini adalah masyarakat yang bersemangat untuk beternak, masuk kategori fakir atau miskin, bertekad kuat memperbaiki taraf hidup, dan secara fisik mampu bekerja keras serta record kemitraan sebelumnya. Dasar prioritas keluarga yang diintervensi modal adalah yang masuk kategori miskin dan fisabilillah," ujarnya.


    Saidah menjelaskan, sebelumnya BAZNAS telah menjalankan program balai ternak kelompok unggas di wilayah Provinsi Jawa Tengah, dan kali ini berkembang ke wilayah Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Ngawi. Pada akhir tahun 2022 lalu, BAZNAS juga telah mengembangkan program Balai Ternak di Kabupaten Madiun.


    "Kami berharap, melalui program Balai Ternak BAZNAS Kelompok Unggas ini dapat memberikan dampak ekonomi bagi para mustahik sehingga peternak bisa mandiri dan berdaya. Selain dampak ekonomi, program pemberdayaan ini kita harapkan juga dapat meningkatkan nilai sosial dan spiritual peternak mustahik," Nur Chamdani.


    BAZNAS terus memberikan pendampingan secara teknis dalam pengembangan Balai Ternak BAZNAS Kelompok Unggas di Kabupaten Ngawi. “Pertimbangan pemilihan wilayah tersebut dikarenakan sebagai wilayah yang populasi ayam pedaging cukup banyak,” tegasnya.


    Dalam kesempatan itu, Bupati Ngawi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BAZNAS yang telah berupaya dalam berdayakan masyarakat Ngawi melalui program Balai Ternak Kelompok Unggas BAZNAS.


    "Semoga program ini dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat Madiun sehingga mampu memberikan kesejahteraan bagi para penerima manfaat," ujarnya.


    Sementara ini, jumlah peternak yang sudah terseleksi tercatat sebanyak 15 orang yang berasal dari sejumlah desa, antara lain; Desa Enggrik, Sobontoro, Majasem, Ginuk, Margomulyo, Kuniran, Tulakan, Turi, Ploso dan Desa Katikan, nantinya jumlah peternak yang dikembangkan sebanyak 30 orang.


    Balai Ternak Kelompok Unggas yang dikembangkan menerapkan pola kemitraan usaha peternakan ayam ras pedaging yang dilakukan dengan pola inti plasma. Yaitu, kemitraan atau kerja sama antara peternak mitra dan perusaahan mitra, dimana peternak bertindak sebagai plasma dan perusahaan bertindak sebagai inti.


    Pada pola inti plasma ini, perusahaan menyediakan sarana produksi ternak, seperti pengadaan ternak ayam umur satu hari (day old chick atau DOC), pakan, obat-obatan, bimbingan teknis dan memasarkan hasil. Sedangkan plasma menyediakan kandang dan peralatannya serta biaya operasional yang meliputi listrik, air, pemanas dan tenaga kerja, pungkasnya. (sm/r)




     
    Berita Lainnya :
  • Menaker Sebut RUU PPRT Hadiah Negara bagi Pekerja Rumah Tangga
  • Setiakah Pria Anda? Ini Ciri- Cirinya!
  • Pengesahan RUU PRT Meningkatkan PDB Sebesar US$180 juta
  • Smartfren Festival WOW 100% Depok Lahirkan Inovasi UMKM di Indonesia
  • Shezy Idris dan Cut Mila Rawat Kecantikan di Klinik Bedah Inov Glow Sunter
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Menaker Sebut RUU PPRT Hadiah Negara bagi Pekerja Rumah Tangga
    02 Setiakah Pria Anda? Ini Ciri- Cirinya!
    03 Pengesahan RUU PRT Meningkatkan PDB Sebesar US$180 juta
    04 Smartfren Festival WOW 100% Depok Lahirkan Inovasi UMKM di Indonesia
    05 Shezy Idris dan Cut Mila Rawat Kecantikan di Klinik Bedah Inov Glow Sunter
    06 Rangkaian HUT ke-22, BAZNAS Ajak Pengunjung Car Free Day Berzakat
    07 YBM PLN Gandeng Jufi Gelar Pelatihan Media Digital Remaja Masjid Bantar Gebang
    08 Awal 2023 ICHITAN bersama Bright Hadirkan Program Konsumen
    09 Wali Band Rilis Lagu Sunda
    10 Kisah Cinta Marion Jola Ada di Lagu Terbarunya
    11 Tak Sanggup Rawat, Panda Raksasa ini Dikembalikan ke China
    12 BAZNAS Tekankan Pentingnya Prinsip 3A dalam Pengelolaan ZIS
    13 Bank Muamalat Mudahkan Pendaftaran Haji Lewat Kanal Digital DIN
    14 Free Fire Snapdragon Pro Series Season 2 Akan Digelar di Jakarta
    15 Wings Care Luncurkan Royale Hijab Blue Sapphire Wangi Sepanjang Hari
    16 PT Capital Life Syariah Salurkan Zakat Perusahaan ke BAZNAS
    17 Ini Album Perdana Mahalini Raharja Jebolan Idol
    18 Ini Enam Film Korea yang Bakal Tayang di Netflix
    19 Kenang Pertemanan Lee Dong Hwi Upload Foto di Instagram
    20 Wulan Alora Berbagi Lewat Lagu Hanya Untuk Mu
    21 Berdayakan Mustahik HUT ke-22, BAZNAS Luncurkan Program Balai Ternak di Ngawi
    22 Jufi Salurkan Bantuan Tahap Empat Untuk Guru di Cianjur
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS