Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Isuzu Indonesia Raih Gelar Triple Star Aftersales Award Dunia
Senin, 28-11-2022 - 17:28:56 WIB
Isuzu Indonesia berhasil meraih gelar Triple Star pada Aftersales Award 2022. (Ist)
TERKAIT:
 
  • Isuzu Indonesia Raih Gelar Triple Star Aftersales Award Dunia
  •  

    JAKARTA - SinggalangNews.com, Isuzu Motors Ltd Jepang kembali menggelar lomba bertaraf internasional I-1 Grand Prix, yang diselenggarakan November 2022 secara online, antar mekanik Isuzu yang diikuti 42 negara.


    Pada sajang I-1 GP tahun ini, Isuzu Indonesia diwakili PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sebagai ATPM dan distributor kendaraan merek Isuzu di Indonesia berhasil meraih gelar Triple Star pada Aftersales Award.


    Bahwa Isuzu Indonesia terbukti memberikan kualitas layanan purna jual yang baik dan sesuai dengan standar internasional Isuzu Motors Ltd Jepang. 


    Pada ajang tersebut seluruh mekanik Isuzu dari masing-masing negara, termasuk Indonesia berlomba memahami permasalahan dan harus bisa memperbaiki dengan prosedur yang baik dan benar. Termasuk yang dilakukan oleh perwakilan mekanik dari IAMI yang tahun ini mengirimkan empat teknisi menjadi peserta.


    Sementara mekanik yang ikut serta, masing-masing dua orang untuk kelas commercial vehicle (CV), yakni Sidiq Susilo Wibowo dari Borneo Isuzu Pontianak dan Agung Pambudi dari Astra Isuzu Waru, serta tim light commercial vehichle (LCV) yang diwakili Ricky Firman Prayogo dari Astra Isuzu Manado dan Rustiawan Astra Isuzu Cirebon. 


    Selanjutnya, Yuda Arikunto sebagai Instruktur Mekanik yang pada I-1 Grand Prix kali ini menjadi salah satu team coach untuk tim mekanik CV mengatakan, secara detail terdapat 42 negara untuk kelas CV dan 23 negara untuk LCV, antara lain dari Jepang sendiri, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Rusia.


    Selain itu, untuk bisa masuk dalam tim mekanik yang berlomba di taraf internasional ini, masing-masing teknisi dipilih dari para juara kompetisi nasional yang berlangsung beberapa bulan sebelumnya.


    "Delapan terbaik kami undang untuk ikut seleksi 3 minggu, lalu dari sana diambil lagi 2 yang terbaik untuk ikut karantina selama 6 minggu," ujar Yuda.


    Selama mengikuti perlombaan, mekanik akan melewati tes yang terbagi dalam 4 tahapan. Sekalipun komunikasi dilakukan secara online, tes yang diadakan pun mencakup diagnosis secara langsung pada kendaraan yang sudah direkayasa mengalami permasalahaan.


    "Untuk rekayasa kendaraan yang rusak ini, ada competition coordinator yang menerima arahan dari Isuzu Jepang dan informasi yang diterimanya ini tidak diketahui siapa pun," ujar Yuda.


    Keempat tes sendiri terdiri dari pengujian kemampuan teori berisi 20 soal yang dikerjakan dalam waktu 60 menit, lalu tes kedua dan ketiga yang berupa virtual diagnostic failure, serta tes kombo dengan komunikasi virtual dan menghadapi kendaraan secara langsung.


    Soal tekanan mental selama lomba, Yuda dan tim persiapan sudah memberikan gambaran tes yang mungkin dihadapi para mekanik ini. Di antaranya adalah pemeriksaan kendaraan, beberapa malfungsi, termasuk di kelistrikan, hingga sasis.


    Di luar dugaan, pada lomba kali ini, peserta menghadapi persoalan yang di luar prediksi. Ketika gambaran sebelumnya merujuk pada problem seperti mengapa sebuah kendaraan tidak bisa menyala, justru persoalan di 2022 ini adalah mengapa kendaraan menjadi boros bahan bakar atau BBM.


    "Di luar prediksi. Persoalannya adalah BBM boros dan pemeriksaan pun lebih meluas. Namun tim langsung move, agile, bisa set up ke yang baru," ujar Yuda. Bagaimanapun, mekanik Isuzu dimatangkan dengan pengetahuan dan praktik untuk siap dalam kondisikondisi yang tak terduga.


    Fuad Hasyim selaku Technical Training Dept. Head PT IAMI menjelaskan, bahwa kompetisi I-1 GP ini merupakan ajang yang membutuhkan kemampuan analisis dan problem solving yang kuat dari para mekanik.


    “Dengan perolehan tahun 2022 ini, PT IAMI optimis dapat lebih maksimal lagi pada tahun 2023 mendatang,” pungkas Fuad Hasyim. (sm_r)




     
    Berita Lainnya :
  • Menaker Sebut RUU PPRT Hadiah Negara bagi Pekerja Rumah Tangga
  • Setiakah Pria Anda? Ini Ciri- Cirinya!
  • Pengesahan RUU PRT Meningkatkan PDB Sebesar US$180 juta
  • Smartfren Festival WOW 100% Depok Lahirkan Inovasi UMKM di Indonesia
  • Shezy Idris dan Cut Mila Rawat Kecantikan di Klinik Bedah Inov Glow Sunter
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Menaker Sebut RUU PPRT Hadiah Negara bagi Pekerja Rumah Tangga
    02 Setiakah Pria Anda? Ini Ciri- Cirinya!
    03 Pengesahan RUU PRT Meningkatkan PDB Sebesar US$180 juta
    04 Smartfren Festival WOW 100% Depok Lahirkan Inovasi UMKM di Indonesia
    05 Shezy Idris dan Cut Mila Rawat Kecantikan di Klinik Bedah Inov Glow Sunter
    06 Rangkaian HUT ke-22, BAZNAS Ajak Pengunjung Car Free Day Berzakat
    07 YBM PLN Gandeng Jufi Gelar Pelatihan Media Digital Remaja Masjid Bantar Gebang
    08 Awal 2023 ICHITAN bersama Bright Hadirkan Program Konsumen
    09 Wali Band Rilis Lagu Sunda
    10 Kisah Cinta Marion Jola Ada di Lagu Terbarunya
    11 Tak Sanggup Rawat, Panda Raksasa ini Dikembalikan ke China
    12 BAZNAS Tekankan Pentingnya Prinsip 3A dalam Pengelolaan ZIS
    13 Bank Muamalat Mudahkan Pendaftaran Haji Lewat Kanal Digital DIN
    14 Free Fire Snapdragon Pro Series Season 2 Akan Digelar di Jakarta
    15 Wings Care Luncurkan Royale Hijab Blue Sapphire Wangi Sepanjang Hari
    16 PT Capital Life Syariah Salurkan Zakat Perusahaan ke BAZNAS
    17 Ini Album Perdana Mahalini Raharja Jebolan Idol
    18 Ini Enam Film Korea yang Bakal Tayang di Netflix
    19 Kenang Pertemanan Lee Dong Hwi Upload Foto di Instagram
    20 Wulan Alora Berbagi Lewat Lagu Hanya Untuk Mu
    21 Berdayakan Mustahik HUT ke-22, BAZNAS Luncurkan Program Balai Ternak di Ngawi
    22 Jufi Salurkan Bantuan Tahap Empat Untuk Guru di Cianjur
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS