Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
OJK bersama ALAMI Resmikan Fajr Academy Program Pelatihan Keuangan Syariah
Rabu, 21-09-2022 - 11:47:23 WIB
Pembukaan Fajr Academy oleh Sarjito, Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang diselenggarakan secara daring di Jakarta, Selasa (20/9/2022). (Istimewa)
TERKAIT:
 
  • OJK bersama ALAMI Resmikan Fajr Academy Program Pelatihan Keuangan Syariah
  •  

    JAKARTA - SINGGALANGNEWS.COM, ALAMI, perusahaan teknologi keuangan mengedepankan prinsip Syariah terbesar di Indonesia, resmikan Fajr Academy, sebuah program pelatihan dan magang terbesar di industri keuangan Syariah di Indonesia.


    Acara tersebut diikuti ribuan peserta yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan baru dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Fajr Academy lahir dari sebuah kepedulian ALAMI generasi muda, penerus bangsa dalam berkontribusi pembangunan negara serta adanya kesenjangan antara dasar pemahaman, kualitas, kebutuhan industri ekonomi dan keuangan Islam di Indonesia.


    Pada peluncuran Fajr Academy yang diselenggarakan secara daring Selasa (20/9), dihadiri dan dibuka langsung oleh Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sarjito, Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) Sutan Emir Hidayat, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Internasional Indonesia Profesor Dian Masyita, CEO Rumah Quran Musawarah Dimas Seto, Islamic Finance Specialist UNDP Indonesia Greget Kalla Buana, CEO ALAMI Group Dima Djani, dan Direktur ALAMI Institute Wachid Asad Muslimin.


    Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sarjito berterima kasih pada ALAMI yang telah membantu pekerjaan OJK untuk memberikan literasi dan mendorong inklusi keuangan secara holistik dan lebih spesifik keuangan syariah. Indonesia merupakan negara mayoritas berpenduduk muslim terbesar di dunia, namun pertumbuhan keuangan syariah belum berjalan dengan cepat.


    “Kami di OJK sangat berkepentingan bahwa setiap orang di Indonesia harus memahami literasi keuangan. Saya mendorong kegiatan seperti hari ini yaitu Peluncuran Fajr Academy yang pertama dan saya sungguh mengapresiasi, terutama kegiatan ini dapat mendukung Bulan Inklusi Keuangan yang dicanangkan oleh OJK dan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia,” kata Sarjito.


    Disampaikan Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS, Sutan Emir Hidayat mengatakan Pembangunan SDM unggul adalah salah satu faktor kunci untuk memenangkan persaingan global. “Kami sangat mengapresiasi semangat kolaborasi yang tercipta antara ALAMI Institute sebagai mitra magang perguruan tinggi sebagai wujud nyata penguatan ekosistem ekonomi syariah yang semakin kuat."


    Semoga sinergi yang dibangun dapat terus dilanjutkan, diperkuat, dan diperluas agar peningkatan kualitas pendidikan dan SDM keuangan syariah dapat tercapai, ungkap Sutan Emir.


    Pentingnya menghubungkan apa yang dipelajari di perkuliahan dengan industri di dunia nyata agar siap bersaing di dunia profesional. Kondisi ekonomi kedepannya tidak menentu, sehingga kita harus kreatif untuk memanfaatkan sumber daya yang ada dengan maksimal.


    “Jembatan antara ilmu formal di perguruan tinggi dengan informal seperti magang, workshop, dan lainnya harus terkoneksi dan saling menyesuaikan berdasarkan kondisi dan kebutuhan di masyarakat. Harapannya, ini dapat terwujud dengan Fajr Academy,” kata Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Internasional Indonesia.


    Dikatakan oleh CEO Rumah Quran Musawarah Dimas Seto, turut bangga denga inisiatif yang dilakukan ALAMI untuk menggelar Fajr Academy dan bersemangat dalam memberikan manfaat untuk umat dan bangsa, berkontribusi melalui dunia pendidikan.


    “Sebagai generasi muda, kita harus mengambil peluang dan memperbanyak ikhtiar serta silaturahmi, karena kita tidak pernah tahu peluang datang dari mana. Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain,” tutur Dimas.


    Kehadiran Fajr Academy ini sesuatu yang ditunggu-tunggu, sebab salah satu cara untuk menutup talent gap adalah dengan project-based learning yang juga disediakan oleh Fajr Academy. Fajr Academy juga memiliki pengenalan teknologi yang penting untuk generasi muda.


    CEO ALAMI Group, Dima Djani dalam sambutannya, “Kami mengajak para generasi muda untuk meningkatkan kepedulian, literasi, keterampilan dan wawasan di bidang Ekonomi dan Keuangan Islam, Inovasi dan Teknologi melalui serangkaian pelatihan dan peluang pemagangan."


    Berharap dari program Fajr Academy akan lahir talenta-talenta keuangan dan teknologi berbasis syariah yang unggul dengan kreativitas, komunikatif, dan mampu berpikir kritis  untuk masa depan ekonomi syariah yang lebih maju,” lanjut Dima.


    Dalam program Fajr Academy, peserta akan dibekali softskill dan hardskill untuk mengembangkan diri dan mengalami sisi terbaiknya bersama ALAMI. Peserta mendapatkan akses belajar dan mentorship langsung dari ahlinya dan kesempatan magang di ALAMI Group dengan kultur perusahaan Barakah Culture.


    Pendaftaran Fajr Academy dibuka mulai 7 September dan akan ditutup pada 28 September mendatang. Adapun training pertama akan dimulai pada 1 Oktober 2022, sekaligus jadi bagian dari Bulan Inklusi Keuangan (“BIK”) yang diinisiasi oleh OJK.


    Sebagai pelaku industri keuangan syariah yang berbasis digital, ALAMI bertujuan mendorong terciptanya kemaslahatan masyarakat yang makmur, berkeadilan, dan berkelanjutan sesuai dengan Maqashid Sharia melalui pengembangan teknologi.


    ALAMI akan terus berkomitmen untuk mempercepat peningkatan literasi keuangan syariah di Indonesia yang akan digawangi oleh ALAMI Institute sebagai pusat edukasi dan riset inovasi teknologi keuangan syariah. (sm_r)




     
    Berita Lainnya :
  • Wapres RI Melalui BAZNAS Salurkan 600 Paket Sembako ke Rumah Ibadah Papua
  • AASI Luncurkan “Cetak Biru Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia”
  • Bank Muamalat dan BMM Salurkan Bantuan untuk Penyintas Gempa Cianjur
  • Niantic Inc, Resmi Luncurkan Pokemon GO Bahasa Indonesia
  • Visa dan UOB Umumkan Pemenang Reward Nasabah Menyaksikan FIFA World Cup 2022 di Qatar
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Wapres RI Melalui BAZNAS Salurkan 600 Paket Sembako ke Rumah Ibadah Papua
    02 AASI Luncurkan “Cetak Biru Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia”
    03 Bank Muamalat dan BMM Salurkan Bantuan untuk Penyintas Gempa Cianjur
    04 Niantic Inc, Resmi Luncurkan Pokemon GO Bahasa Indonesia
    05 Visa dan UOB Umumkan Pemenang Reward Nasabah Menyaksikan FIFA World Cup 2022 di Qatar
    06 Ajak Gaya Hidup Berbagi, BAZNAS Dorong Mahasiswa Jadi Duta Zakat
    07 ITC dan Unilever Dorong Procurement yang Responsif Gender pada Sektor Swasta Indonesia
    08 DPR Dukung Penguatan Kelembagaan BAZNAS Secara Nasional
    09 Isuzu Indonesia Raih Gelar Triple Star Aftersales Award Dunia
    10 Mustahik Binaan BAZNAS Berhasil Panen Raya Pepaya California
    11 Edelweiss Care Kirim Tim Medis dan Trauma Healing
    12 Yayasan WINGS Peduli Distribusikan Kebutuhan Korban Gempa Bumi Cianjur
    13 Novita Emilda Salurkan Bantuan Logistik ke Pedalaman Gempa Cianjur
    14 Untuk Rekonstruksi Ponpes dan Rumah Ibadah Gempa Cianjur, BAZNAS Targetkan Pegumpulan Rp50 Miliar
    15 Xiaomi Unggulan 4 Fitur pada Tablet Redmi Pad
    16 Weswey Ngetop Dari Cover Lagu Lounching Lagu Tolong Bilang
    17 Ajinomoto Gandeng BAZNAS Serahkan Bantuan Pengungsi Korban Gempa Cianjur
    18 Dukung Pemulihan Trauma Gempa Cianjur, BAZNAS Hadirkan Layanan Psikososial Anak
    19 Hasil Penelitian, Penyebab Terbanyak Gagal Ginjal Akut adalah Intoksikasi Obat
    20 Optimalkan Investasi Masa Depan, UOB Indonesia luncurkan UOB Wealth Fair 2022
    21 Bantu Warga Terdampak Gempa Cianjur, BAZNAS Dirikan Pos Layanan Kesehatan
    22 Korban Gempa Cianjur, BAZNAS Dirikan Dapur Umum
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS