Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Dorong Penerapan Teknologi Pendidikan Indonesia
Kemdikbudristek Dukung Acer Smart School Awards 2022
Kamis, 12-05-2022 - 22:37:08 WIB
Tingkatkan literasi digital bagi dunia pendidikan, Acer kembali menggelar penghargaan ASSA 2022, Jakarta Kamis (12/5/2022). (ist)
TERKAIT:
 
  • Kemdikbudristek Dukung Acer Smart School Awards 2022
  •  

    SinggalangNews.com, Jakarta - Acer kembali menyelenggarakan Acer Smart School Awards (ASSA) 2022 sebagai penghargaan dan dukungan akselerasi bertaraf nasional bagi dunia pendidikan di Indonesia tingkat SD, SMP, SMA dan SMK untuk melakukan transformasi teknologi digital dalam sistem pendidikan sekolahnya.


    Hal tersebut Acer menyediakan total hadiah senilai lebih dari Rp500 juta untuk yang terbukti sukses mendorong transformasi teknologi digital dalam kegiatan belajar mengajar mereka.


    ASSA 2022 memberikan kesempatan civitas sekolah untuk memperebutkan kategori penghargaan yang terdiri dari “Smart School of the Year”, “Kepala Sekolah Inspiratif”, dan “Guru Kreatif”. Penghargaan diberikan kepada sekolah atau individu yang telah menerapkan prinsip smart school modern.


    Untuk pendaftaran ASSA 2022 dapat dilakukan mulai 12 Mei 2022, dan semua sekolah di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi berdasarkan kriteria dan persyaratan yang berlaku.


    Herbet Ang, President Director Acer Indonesia mengatakan, “Pendidikan merupakan hal fundamental dalam sebuah negara untuk membangun bangsa. Lewat pemanfaatan teknologi digital, Acer yakin kemajuan yang terjadi di dunia pendidikan Indonesia akan semakin pesat di era serba digital ini. Dan Acer siap berperan aktif dalam membantu proses transformasi teknologi digital di dunia pendidikan melalui Acer Smart School Awards 2022.”


    ASSA 2022 didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Penerbit Intan Pariwara, Intel, dan Jelajah Ilmu. Praktisi industri di luar pendidikan yang juga memiliki kesamaan visi dan misi terhadap dunia pendidikan Indonesia turut serta memberikan dukungannya terhadap acara ini. Mereka adalah Intel, Microsoft, Hilo dan CBN.


    Melalui ASSA 2022, sekolah-sekolah yang ingin melakukan transformasi digital tidak hanya diberikan penghargaan, tetapi juga dipandu untuk menerapkan teknologi pendidikan secara komprehensif yang saling berhubungan, dan pemenang akan diumumkan pada Desember 2022 mendatang. Dari proses tersebut tercipta sekolah cakap dan siap menghadapi masa depan dunia pendidikan lebih canggih.


    Jelajah Ilmu, sebagai solusi pembelajaran digital yang komprehensif dalam kegiatan belajar mengajar untuk guru, murid, orang tua, dan kepala sekolah dalam melakukan kegiatan belajar mengajar secara online, tatap muka, maupun hybrid, turut digandeng Acer dalam penyelenggaraan ASSA 2022 ini. Acer bekerjasama dengan Jelajah Ilmu menyiapkan Jelajah Ilmu Academy.


    Program pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan peserta selama masa pembekalan keilmuan. Bersama puluhan mentor terpilih di bidangnya, peserta akan diberikan rangkaian pelatihan di dalam platform aplikasi Jelajah Ilmu sehingga dapat merasakan langsung proses belajar-mengajar yang terjadi dengan bantuan teknologi untuk membantu individu atau sekolah agar makin siap mengikuti ASSA 2022 dengan kurikulum smart school.


    Saryadi, S.T., M.B.A., Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Ditjen Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek, berharap melalui program Merdeka Belajar ingin memastikan anak-anak bangsa dapat terus bersekolah. Mendapatkan pendidikan berkualitas, mendapatkan keadilan sosial berupa pemerataan dalam mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas.


    "Kami sangat mendukung Acer Smart School Awards 2022, dengan harapan dapat mengakselerasi transformasi teknologi di dunia pendidikan di Indonesia. Dan kami juga mengundang seluruh pihak untuk bergotong-royong mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi anak bangsa,” katanya.


    Penyelenggaraan ASSA 2022 juga dikemas untuk mendukung program Merdeka Belajar dari Kemdikbudristek dalam menciptakan dunia pendidikan yang mendukung nilai-nilai dalam Edukasi 5.0. Dimana sumber ilmu dapat diraih tidak hanya dari ruang kelas belajar saja, melainkan bisa juga didapatkan dari luar ruangan kelas.


    Melalui kegiatan belajar daring, pencarian informasi di internet, perpustakaan, serta lingkungan sekitar. Tujuan ini dapat tercapai bila semua pihak memberikan dukungan untuk mendorong terciptanya transformasi digital pendidikan di Indonesia.


    Bahwa teknologi merubah transformasi digital pada dunia pendidikan. Kemdikbudristek memiliki peran sebagai agregator yang mempertemukan sebuah inovasi teknologi khususnya teknologi pembelajaran dengan para penggunanya.


    Disampaikan oleh Dr. M. Hasan Chabibie, ST. Msi. Kepala Pusdatin, Kemdikbudristek, kami terus memberikan pendampingan dan meningkatkan literasi digital bagi peserta didik, guru, pendidik dan tenaga kependidikan. Dan berkomitmen memperluas akses teknologi untuk memacu mereka yang memiliki talenta digital agar dapat berinovasi.


    Dengan demikian sistem pendidikan di Indonesia dapat lebih relevan dan adaptif dengan perkembangan zaman, ungkap Dr. M. Hasan Chabibie. (sm_r)




     
    Berita Lainnya :
  • Presiden Nyatakan Perang Perburuk Situasi Ekonomi, Mendag Lutfi Bahas Upaya Pemulihan Bersama Negara
  • Indonesia Targetkan Naik Kelas Jadi Negara Maju, Mendag Lutfi: ASEAN Harus Kompak Respon Perkembanga
  • ALAMI Tingkatkan UMKM Melalui Teknologi Berbasis Syariah
  • BAZNAS Berikan Cara Pencegahan Penyakit Ternak
  • Bertemu Duta Besar USTR, Mendag: Dorong Kerja Sama Ekonomi Digital ASEAN-AS Untuk Pemberdayaan UMKM
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Presiden Nyatakan Perang Perburuk Situasi Ekonomi, Mendag Lutfi Bahas Upaya Pemulihan Bersama Negara
    02 Indonesia Targetkan Naik Kelas Jadi Negara Maju, Mendag Lutfi: ASEAN Harus Kompak Respon Perkembanga
    03 ALAMI Tingkatkan UMKM Melalui Teknologi Berbasis Syariah
    04 BAZNAS Berikan Cara Pencegahan Penyakit Ternak
    05 Bertemu Duta Besar USTR, Mendag: Dorong Kerja Sama Ekonomi Digital ASEAN-AS Untuk Pemberdayaan UMKM
    06 Frisian Flag Indonesia Serahkan Beasiswa Pendidikan
    07 Sinergi dengan Satgas Pangan dan Bea Cukai, Kemendag Gagalkan Ekspor Minyak Goreng ke Timor Leste
    08 Usai Idul Fitri 1443 H Meningkat Permohonan Meningkat
    09 Kemdikbudristek Dukung Acer Smart School Awards 2022
    10 Canon EOS R5 C Kamera Hybrid Mirrorless Sinema
    11 Wow Grop Musik Rock Ini Berbeda dari Lainnya
    12 Tingkatkan Literasi Nasabah BSI Gandeng BPN
    13 Canon Hadirkan Kamera PowerShot PICK Ambil Foto dan Video Otomatis
    14 BAZNAS Optimalkan Pelayanan Pos Siaga Mudik Selama Arus Balik
    15 Wiliam Buyung Menjadi Country Manager VMware Indonesia
    16 BIM Terbangkan 12.568 Pemudik Tinggalkan Sumatera Barat
    17 realme Dukung Babak Grand Final 2022 PMPL ID SPRING
    18 Tarik Wisatawan ke-Sumut, Humbahas Gelar Pentas Pesona Senandung Danau Toba
    19 BSI dan ASDP Sediakan Mobil Mushola di Empat Pelabuhan
    20 Ini Hasil Sidang Isbat Idul Fitri 1443 H. Hasilnya Tidak Disangka
    21 Muhammadiyah Tetapkan 2 Mei Idul Fitri 1443 H, Pemerintah Tunggu Sidang Isbat
    22 PT Jamkrindo Syariah Salurkan Zakat Perusahaan Rp370 Juta ke BAZNAS
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS