Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Tingkatkan Literasi Wakaf di Indonesia
Bank Danamon Luncurkan Layanan Wakaf Uang Digital
Jumat, 05-03-2021 - 21:14:34 WIB
Direktur Danamon Syariah, Herry Hykmanto saat meresmikan layanan uang wakaf secara virtual di Jakarta, Jumat (5/3). (ist)
TERKAIT:
 
  • Bank Danamon Luncurkan Layanan Wakaf Uang Digital
  •  

    SinggalangNews.com, JAKARTA - Setelah resmi ditunjuk oleh Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU), Bank Danamon Indonesia, melalui Unit Usaha Syariah (UUS) luncurkan layanan wakaf uang digital di seluruh jaringan kantor cabang di Indonesia.


    Pada peluncuran yang digelar secara virtual dan talkshow bertajuk ‘‘Muda, Berkontribusi & Berkah Bersama Danamon Syariah’’, dihadiri oleh Direktur Utama Bank Danamon, Yasushi Itagaki, Direktur Eksekutif Komite Nasional dan Keuangan Syariah, Ventje Rahardjo, Ketua Divisi Pemberdayaan Nazhir dan Pengelolaan Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia, Hendri Tanjung dan Ketua Forum Wakaf Produktif Nadzir Indonesia, Bobby P Manullang.


    Direktur Danamon Syariah, Herry Hykmanto di Jakarta Jumat (5/3) mengatakan, “Bank Danamon bangga ditunjuk sebagai Lembaga Keuangan Syariah penerima Wakaf Uang oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Sejalan komitmen Bank Danamon dalam menyejahterakan masyarakat secara luas, dan memberikan solusi bagi nasabah, khususnya wakaf saat ini menjadi salah satu kegiatan utama perbankan Syariah".


    Kami berharap para nasabah Bank Danamon mendapatkan kemudahan untuk berwakaf dan turut berkontribusi dalam membangun perekonomian yang terdampak pandemi COVID-19 yang saat ini belum berakhir, ujarnya.


    Menurutnya wakaf atau menyerahkan kepemilikan harta digunakan kepentingan umat, adalah salah satu kegiatan muamalah yang memiliki dimensi spiritual, sosial, dan ekonomi. Dengan penyedia layananan wakaf uang, Danamon Syariah turut berkontribusi mendukung pembangunan ekonomi masyarakat, dalam pemulihan ekonomi pascapandemi dan dilanjutkan dengan peningkatkan literasi dan kesadaran masyarakat berwakaf.


    Disampaikan Direktur Eksekutif Komite Nasional dan Keuangan Syariah, Ventje Rahardjo, memberikan apresiasinya atas inisiatif Danamon melalui Unit Usaha Syariah, yang telah menghadirkan layanan wakaf uang. Meskipun baru ditetapkan sebagai LKS PWU, Danamon Syariah sudah terlibat dalam mengembangkan layanan produk dan mengawal program literasi wakaf uang di Indonesia.


    Peresmian Layanan Wakaf Uang Danamon Syariah menunjukkan kepedulian dalam sejahterakan masyarakat, khususnya mengajak generasi milenial berwakaf uang. Sebagai bentuk excellent service korporasi, pengelolaan wakaf uang harus dikelola secara transparan, profesional dan akuntabel, ujarnya.


    Badan Wakaf Indonesia (BWI) melihat anak-anak muda adalah investasi masa depan ekonomi syariah dan filantropi Islam seperti wakaf di Indonesia. Untuk itu BWI gencar melakukan gerakan literasi dan sosialisasi di kalangan anak muda, terlebih di dunia kampus. Untuk menyiapkan generasi yang inklusif terhadap perkembangan teknologi basis literasi perwakafan.


    Potensi penghimpunan wakaf uang masih sangat besar dan peluncuran platform SocialBanking Bank Danamon Syariah memberikan kemudahan, tidak saja bagi masyarakat menunaikan wakaf namun bagi nazhir dalam mengelola wakaf uang.


    “Kini sudah saatnya melakukan migrasi transformasi digital system untuk perkembangan perwakafan nasional guna meningkatnya kepercayaan masyarakat dan akuntabilitas Nazhir", jelas Prof. Dr. M. NUH.


    Memanfaatkan infrastruktur digital Bank Danamon bermitra dengan PT Minasa Finteknologi Syariah, berwakaf kini bisa dari telepon genggam kapan saja dan dimana saja. Nasabah tidak perlu datang ke Lembaga Pengelola Wakaf atau Nazhir.


    Melalui aplikasi digital, pewakaf dapat memilih Nazhir, memilih penerima wakaf, memantau perkembangan objek penerima wakaf. Siapapun dapat berwakaf termasuk generasi muda milenial dan bisa dimulai dengan biaya terjangkau, mulai Rp10.000.


    Selama ini masyarakat berwakaf melalui aset tidak bergerak (wakaf sosial) seperti pembangunan tempat-tempat ibadah, dan makam. Hal ini Danamon Syariah tawarkan program berkelanjutan wakaf pemberdayaan peternak hewan Qurban, pembangunan Rumah Sakit, Pendidikan, dan lainnya.


    Danamon Syariah menjalin kerja sama dengan beberapa mitra Nazhir diantaranya, Wakaf Al Azhar, ZISWAF Dompet Dhuafa, Daarut Tauhid Perduli, dan Lembaga Wakaf & Pertahanan Nahdatul Ulama (LWPNU). 


    Dengan berbagai kemudahan berwakaf, berharap dapat mendorong masyarakat khususnya milenial, dapat berkontribusi kebaikan sesama, dan membangun kembali perekonomian yang terdampak pandemi COVID-19, pungkasnya. (sm)




     
    Berita Lainnya :
  • Cara Ervie Karlina dan Novi Rizki Bahagiakan Anak Yatim Piatu
  • Dukung SE Walikota Pekanbaru, Tokoh Agama Gelar Pertemuan dengan Polda Riau
  • Menyambut Lebaran, Isuzu Bagikan Sembako Kepada 400 Driver
  • Prudential Indonesia Hadirkan Layanan “Prestige by Prudential”
  • Perkuat Ekonomi Digital Telkomsel dan Huawei Bersinergi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Cara Ervie Karlina dan Novi Rizki Bahagiakan Anak Yatim Piatu
    02 Dukung SE Walikota Pekanbaru, Tokoh Agama Gelar Pertemuan dengan Polda Riau
    03 Menyambut Lebaran, Isuzu Bagikan Sembako Kepada 400 Driver
    04 Prudential Indonesia Hadirkan Layanan “Prestige by Prudential”
    05 Perkuat Ekonomi Digital Telkomsel dan Huawei Bersinergi
    06 Bank Mega Syariah Berbagi Kebahagiaan Ramadhan di 41 Kota Indonesia
    07 Danamon Siapkan Dana Rp2,5 Triliun Masa Libur Lebaran
    08 Dorong Pertumbuhan Sektor Properti BSI dan Sinarmas Land Bersinergi
    09 Himbau Larangan Mudik, Bidhumas Polda Riau Bagikan Brosur
    10 SiCepat Ekspres Berdayakan UMKM dan Apresiasi Seller Lewat Program #Indahnya Ramadhan
    11 Andria Lottie Tawarkan Promo Ramadan Paket Skin Care Online
    12 MPU Aceh : Langkah Migrasi Sistem Bank Syariah Perlu Didukung
    13 Pemudah Bersedekah Digital, BAZNAS Gandeng Aplikasi Dagangan
    14 JES Bagikan Paket Sembako di Wilayah Jabodetabek
    15 Novi Rizki Tampil Apa Adanya di Acara Amal Yatim Piatu
    16 Strategi Pemerintah dengan Program PEN Perbaiki Perekonomian
    17 Pelaksanaan Vaksin Gotong Royong Akan Segera Dimulai
    18 Permudah Layanan Zakat, BTN Syariah dan BAZNAS Jalin Kerjasama
    19 Sambut Lebaran, Erajaya Gelar Layanan Perbaikan, Kerusakan TecProtec Gratis
    20 realme Tawarkan Rangkaian Produk dan Buka Empat realme Official Store
    21 Dukung Gerakan Cinta Zakat, KPK Tidak Batasi Kewajiban Keagamaan
    22 Sampoerna University dan Danacita Permudah Proses Dana Pendidikan 
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS