Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Kota Tegal Menjadi Pusat Daur Ulang Sampah Pertama di Indonesia
Rabu, 24-02-2021 - 21:50:10 WIB
Kota Tegal wujudkan ekonomi sirkular resmikan Pusat Daur Ulang Sampah, di Kelurahan Mintaragen, bersama Program Yok Yok Ayok Daur Ulang, Rabu (24/2). (ist)
TERKAIT:
 
  • Kota Tegal Menjadi Pusat Daur Ulang Sampah Pertama di Indonesia
  •  

    SinggalangNews.com, TEGAL - Momentum peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Kota Tegal sebagai kota pertama pusat daur ulang sampah dengan program “Yok Yok Ayok Daur Ulang!” bersama Trinseo (NYSE: TSE), Kemasan Group, resmikan pusat pengelolaan sampah di Kelurahan Mintaragen Tegal, Jawa Tengah.


    Pada peresmian pusat pengelolaan sampah di Kota Tegal ini, didukung penuh dari organisasi lainnya seperti, Asosiasi Industri Olefin, Aromatik & Plastik Indonesia (INAPLAS), Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI), Ikatan Pemulung Indonesia (IPI), dan Responsible Care® Indonesia.


    Bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Kota Tegal terus beupaya dalam mengatasi permasalahan sampah. Di mana mulai terlaksananya program percontohan pengelolaan sampah secara end-to-end.


    Pusat pengelolaan sampah di Kelurahan Mintaragen ini juga menjadi Pusat Pengelolaan Sampah pertama di Indonesia setelah terpasangnya mesin pemadat polistirena busa pada Maret 2020 lalu, yang kemudian disusul dengan hadirnya mesin predator sampah. 


    “Kami berkomitmen dalam mengelola sampah melalui sinergi dengan para stakeholder terkait melalui program daur ulang sampah ini untuk mencapai dan menggerakkan ekonomi sirkular,” kata Dr. Drs. Johardi, MM., Sektretariat Daerah Kota Tegal saat mewakili Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono yang berhalangan hadir, Rabu (24/2).


    Wali Kota Tegal menyatakan bahwa komitmen Pemkot Tegal terhadap pengelolaan sampah dan lingkungan hidup yang merupakan permasalahan kompleks bagi hampir seluruh daerah.


    Kota Tegal mewujudkan dengan menjalankan Pasal 12 Undangundang No. 18 Tahun 2008, tentang Pengelolaan Sampah. Mulai dari pengelolaan sampah di 21 TPS dengan prinsip 3R (reduce, reuse, recycle), pemanfaatan sampah kantong keresek untuk bahan baku sepatu dan kerajinan lainnya. Bahkan, jalan di Kompleks Balai Kota Tegal dibuat dari aspal yang dicampur dengan limbah plastik, jelasnya.


    Menurut Wali Kota Tegal, pengelolaan sampah dengan konsep lama yaitu dikumpulkan kemudian diangkut dan berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA), harus ditinggalkan, Karena cara tersebut tidak dapat menyelesaikan masalah sampah.


    “Syukur alhamdulillah di awal tahun 2021 ini kota tegal telah membuat perubahan tatanan pengelolaan sampah, yang pada mulanya hanya dijadikan kompos, bahan daur ulang, maupun berakhir di TPA, kini telah menggunakan mesin predator yang mampu mengolah hampir semua jenis sampah yang menghasilkan briket sampah,” tambah Wali Kota.


    Wali Kota Tegal mengucapkan terima kasih kepada PT Kemasan Ciptatama Sempurna yang telah memberi bantuan CSR berupa mesin predator dan secara resmi dilaunching pada event Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini. “Kota Tegal merupakan kota pertama di indonesia yang merubah sampah menjadi briket melalui mesin predator,” ujarnya.


    Disampaikan Presiden Direktur PT. Trinseo Materials Indonesia dan Direktur Sustainability Responsible Care® Indonesia, Hanggara Sukandar, berperan selaku Direktur Konsultan Keberlanjutan untuk Pusat Pengelolaan Sampah Kota Tegal bahwa kolaborasi program daur ulang ini memiliki tujuan akhir untuk mencapai ekonomi sirkular.


    Dalam kolaborasi ini contoh yang menggambarkan adanya upaya bersama seperti ini, dapat membantu menutup loop lingkaran ekonomi sirkular di Indonesia dan sekitarnya,” ucap Hanggara.


    Daur ulang sampah plastik seperti ini sangat penting, karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Hal ini Kemasan Group menyumbangkan kepada pusat pengelolaan sampah Kota Tegal satu unit mesin pemadat PS dan satu unit mesin predator sampah. Mesin predator tersebut mampu mengolah 20 ton sampah basah setiap harinya. Berharap ini dapat membantu tercapainya ekonomi sirkular.


    Ketua Nasional Ikatan Pemulung Indonesia Prispolly Lengkong mengucapkan selamat kepada Kota Tegal, Kemasan Group dan PT Trinseo Materials Indonesia atas peluncuran program pusat pengelolaan sampah ini menjadi contoh kota-kota lainnya. Program ini dapat mengolah sekitar 260 ton sampah per bulan, atau 10 ton per hari di TPS Mintaragen.


    Semoga peresmian pusat daur ulang sampah berlokasi di Kelurahan Mintaragen ini, dapat memenuhi ekonomi sirkular. Dapat terus berjalan dan menjadi contoh bagi kota lainnya di Indonesia, pungkasnya. (sm) 




     
    Berita Lainnya :
  • Sambut Hari Bumi Auto2000 Gelar Program #MakeIndonesiaGreenAgain 
  • Sukseskan Gerakan Cinta Zakat BAZNAS dan GoPay Berkolaborasi
  • Hino Bersama KNKT Gelar Seminar Nasional Peduli Keselamatan Berlalu Lintas
  • Internetan Tanpa Batas, Lewat ADVAN CPE Router Start
  • BAZNAS, KPPRI dan Pemkab Serang bagikan Paket Ramadhan Bahagia untuk 300 Lansia
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Sambut Hari Bumi Auto2000 Gelar Program #MakeIndonesiaGreenAgain 
    02 Sukseskan Gerakan Cinta Zakat BAZNAS dan GoPay Berkolaborasi
    03 Hino Bersama KNKT Gelar Seminar Nasional Peduli Keselamatan Berlalu Lintas
    04 Internetan Tanpa Batas, Lewat ADVAN CPE Router Start
    05 BAZNAS, KPPRI dan Pemkab Serang bagikan Paket Ramadhan Bahagia untuk 300 Lansia
    06 Produksi, Perajin Batik Binaan BAZNAS Turut Pemerhati Lingkungan
    07 Acer Predator Kolaborasi #PredatorIndoPride Bersama Never Too Lavish
    08 Teten Masduki Katakan UMKM Mampu Memulihkan Ekonomi Nasional
    09 Solusi Tepat Mencuci Smart dengan Samsung Smart EcoBubble™ Washer
    10 BSI Lakukan Penyatuan Operasional Sistem Layanan di Area Manado
    11 Bantu Warga Tidak Mampu, Askrindo dan BAZNAS Gelar Operasi Katarak Gratis
    12 Bayar Zakat ke BAZNAS Makin Mudah Lewat Fitur Bantoo.id 
    13
    14 Prudential Gandeng SuperM Rilis Single dan Music Video “We DO” 
    15 Bank Syariah Indonesia Gelar Virtual Exhibition
    16 Peserta Beasiswa BAZNAS Beri Keceriaam Anak-Anak Terdampak Bencana Banjir Bima 
    17 BAZNAS Gelar Gathering Literasi Taman Baca Al-Fattah di Kepulauan Riau
    18 Menyambut Ramadhan Canon Gelar Program CSR Bertajuk “Selembar Kebaikan” 
    19 Nasional Re Salurkan Zakat Perusahaan Rp893 Juta ke BAZNAS
    20 Erajaya Group luncurkan Drone DJI Air 2S dengan Kamera 20MP
    21 HUAWEI Band 6 Hadir di Indonesia Dengan Fitur Lengkap Layaknya Smartwatch
    22 Dukung Kebangkitan Usaha Mustahik di Tengah Pandemi
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS