Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Sukseskan Program Citarum Harum
Uni-Charm Indonesia Gelar Program Tanam 1.500 Pohon
Rabu, 27-01-2021 - 13:52:36 WIB
Uni-Charm Indonesia menggelar program tanam pohon bersama tim Satgas dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang. (ist)
TERKAIT:
 
  • Uni-Charm Indonesia Gelar Program Tanam 1.500 Pohon
  •  

    Karawang, Singgalang - Program Citarum Harum yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 2018 lalu terus menunjukkan hasil yang lebih baik. Memiliki 13 rencana aksi meliputi penanganan limbah, termasuk limbah industri, peternakan, dan limbah domestik, hingga penanganan lahan kritis ini telah memberikan dampak positif yang sudah dapat dirasakan oleh masyarakat.


    Namun, bukan berarti program ini tidak lagi memiliki pekerjaan rumah yang dapat diselesaikan. Banyak pihak yang berkontribusi pada program Citarum Harum, salah satunya PT Uni-Charm Indonesia Tbk, produsen popok bayi sekali pakai, pembalut wanita, popok dewasa sekali pakai, dan beberapa produk konsumen lainnya.


    Yasushi Yoshioka, Corporate Planning General Manager PT Uni-Charm Indonesia Tbk, menjelaskan, "Kontribusi ini merupakan bentuk kepedulian PT Uni-Charm Indonesia Tbk terhadap kesehatan dan kenyamanan hidup masyarakat Indonesia, baik secara fisik maupun mental. Adapun tujuan kami menyelenggarakan program penanaman pohon bersama tim Satgas dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang".


    Hal ini sebagai salah satu bentuk dukungan PT Uni-charm Indonesia Tbk terhadap program SDGs (Sustainable Development Goals), juga sebagai inisiatif perusahaan dalam mendukung program pemerintah, khususnya di Provinsi Jawa Barat dalam memulihkan lahan kritis di sekitar Sungai Citarum, katanya.


    Pada kesempatan ini, PT Uni-Charm Indonesia Tbk melalui kerjasama dengan beberapa pihak, antara lain Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang dan Satgas Citarum Harum Sektor 19 melakukan penanaman 1.500 pohon bambu di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang akan dibagi dalam 2 lokasi tanam yaitu, di desa Kaceot Tunggak Jati dan sekitar wilayah Rengasdengklok.


    Penanaman Pohon bambu yang ditanam area tanggul sungai Citarum untuk memperkuat tanggul yang telah diperbaharui beberapa waktu lalu. Pohon bambu jenis Bambu Jepang ini juga menjadi pilihan, karena mampu menyerap karbon dioksida (CO2) yang lebih besar dibandingkan jenis pohon atau tanaman lainnya, papar Hendro Wibowo, Ketua KSM Sahabat Lingkungan sekaligus Penggiat Karawang Citarum Harum.


    Selain sebagai bentuk kontribusi langsung PT Uni-Charm Indonesia Tbk terhadap lingkungan, pelaksanaan kegiatan ini juga sekaligus untuk memperingati Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Januari lalu.


    Kami dari Pemerintah daerah Kabupaten Karawang, khususnya dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan mengucapkan banyak terima kasih kepada PT Uni-Charm Indonesia Tbk atas dukungan dan partisipasinya dalam memerangi pemanasan global, seperti yang kita ketahui bahwa Kabupaten Karawang menduduki peringkat kedua setelah Bekasi sebagai daerah yang memiliki kawasan industri terbesar di Indonesia.


    Daerah Karawang juga saat ini dari 2.100 industri yang beroperasi di sini, kebanyakan merupakan perusahaan dari luar yakni dari Jepang lalu disusul oleh perusahaan dari China dan Korea.


    Selain itu, ini bukan kali pertama untuk PT Uni-charm Indonesia Tbk melakukan program penanaman pohon, beberapa kali PT. Unicharm Indonesia Tbk, telah memberikan dukungannya untuk lingkungan. Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih karena tidak banyak perusahaan yang fokus memberikan dukungan dan bantuannya dalam melestarikan lingkungan seperti CSR yang dilakukan oleh PT Uni-charm Indonesia Tbk.


    Peringatan Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia ini dapat terlaksana atas dukungan dari PT UniCharm Indonesia Tbk, dan Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 19 yang telah berupaya secara langsung di lapangan,” ujar Drs. Wawan Setiawan N.K. MM., Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang.


    PT Uni-Charm Indonesia Tbk bersama dengan Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 19 yang dipimpin oleh Komandan Sektor (Dansektor) Kolonel CHB Widodo menyampaikan, “Program seperti ini sebaiknya tidak berhenti sampai di sini dan dapat berlangsung dari waktu ke waktu untuk terus menumbuhkan kepedulian masyarakat sekitar terhadap lingkungan tempat mereka tinggal. Mari kita sama-sama menjaga dan bertanggung jawab dalam melestarikan lingkungan dan merawat alam sekitar untuk anak cucu kita,” tutur Kolonel CHB Widodo, Komandan Sektor 19 Citarum Harum.


    PT Uni-Charm Indonesia Tbk sangat memahami bahwa 1.500 pohon yang kami berikan masih tergolong skala kecil belum benar-benar menjadi solusi yang cukup besar dalam penanganan konservasi lingkungan di Indonesia.


    Kedepannya secara bertahap memperbesar skala program seperti ini, selain memberikan dampak positif, di daerah bantaran Sungai Citarum, maupun bagi Program Citarum Harum sendiri. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada lingkungan maupun kepada masyarakat sekitar,” pungkas Yasushi Yoshioka. (*)




     
    Berita Lainnya :
  • Peduli Sampah Plastik, Yayasan WINGS Peduli Kampanyeksn #PilahDariSekarang
  • Gerakan Tokopedia Hijau Tingkatkan Bisnis dan Produk Ramah Lingkungan
  • KB Bank Syariah Dapat Penghargaan Peringkat AAA dengan Outlook Stabil dari Fitch Ratings
  • Peduli Palestina, KNRPP Salurkan Infak Kemanusiaan Lewat BAZNAS RI
  • Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Peduli Sampah Plastik, Yayasan WINGS Peduli Kampanyeksn #PilahDariSekarang
    02 Gerakan Tokopedia Hijau Tingkatkan Bisnis dan Produk Ramah Lingkungan
    03 KB Bank Syariah Dapat Penghargaan Peringkat AAA dengan Outlook Stabil dari Fitch Ratings
    04 Peduli Palestina, KNRPP Salurkan Infak Kemanusiaan Lewat BAZNAS RI
    05 Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
    06 Service di Auto2000 Berhadiah Sepeda Motor Matik Honda BeAT
    07 Baznas Salurkan 137 Ribu Paket Beras Zakat Fitrah hingga Pelosok Indonesia
    08 Smartfren Community Gelar Program Santri Ngonten 100% Kebaikan
    09 Ramadhan, BAZNAS Bersama INH Bagikan Hidangan Untuk Warga Palestina
    10 Wings Care Rilis So Fresh Minyak Angin Aromatherapy Anti Tepar Saat Mudik Lebaran
    11 Bulan Ramadan, Bank Muamalat dan BMM Gelar Aksi Sosial
    12 JES Bagikan 100 Paket Sembako Untuk Masyarakat Kurang Mampu
    13 Baznas bersama Mitratel Salurkan Paket Ramadhan dan Buka Puasa di 11 Wilayah
    14 Melalui Program “Berbagi Keberkahan Ramadhan 1445 H” AASI Salurkan Donasi Sosial 250 Juta
    15 Bangun Kebersamaan, KPN Corp Selenggarakan Acara Buka Puasa Bersama
    16 Auto2000 Operasikan 9 Posko dan 115 Bengkel Siaga 24 Jam
    17 Musim Mudik Lebaran 2024, Baznas Buka 28 Titik Pos Mudik Siaga
    18 Baznas dan Tokopedia Bagikan 5 Tips Kelola THR dengan Bijak
    19 Bulan Ramadan, Kecap Sedaap Gelar Program Berbagi di 5 Titik lokasi Jakarta dan Bandung
    20 BAZNAS Bersama TNI AL Gelar Buka Puasa Bersama Ojol dan Masyarakat Pesisir di Marunda
    21 Blibli XPO Bandung, Tawarkan Promo Smartphone dan Gadget Hingga Rp5,2 Juta
    22 Sambut Lebaran, Supersol Bersihkan Ikon Wisata Religi Provinsi Banten
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS