Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Menjelang Lebaran 1445 Hijrah
Baznas dan Tokopedia Bagikan 5 Tips Kelola THR dengan Bijak
Rabu, 03-04-2024 - 18:57:12 WIB
Baznas RI berkolaborasi dengan Tokopedia memberikan tips cara mengelola THR Lebaran 2024 dengan bijak. (Istimewa)
TERKAIT:
 
  • Baznas dan Tokopedia Bagikan 5 Tips Kelola THR dengan Bijak
  •  

    JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI berkolaborasi dengan Tokopedia memberikan tips dan cara mengelola uang THR Lebaran 2024 dengan baik, salah satunya dengan mengutamakan pembayaran zakat fitrah.


    Direktur Pengumpulan Badan BAZNAS RI, Faisal Qosim, Lc. CFRM., menyatakan THR merupakan hal yang sangat dinantikan oleh para pekerja. Momen penerimaan uang THR ini biasanya disalurkan untuk membeli kebutuhan lebaran dan mempersiapkan biaya pulang kampung.


    “Kami mengimbau agar umat Islam mengutamakan pembayaran zakat fitrah sebelum mengalokasikan ke hal lainnya. BAZNAS telah bekerja sama dengan Tokopedia untuk memudahkan umat menyalurkan zakat fitrah,” ujar Faisal Qosim.


    "Di zaman serba digital, masyarakat dapat dengan mudah menunaikan kewajiban zakat secara online yang sesuai dengan prinsip syariat Islam. Kemudahan ini dapat dilakukan di Tokopedia," imbuhnya.


    Faisal juga menyampaikan, zakat yang ditunaikan ke BAZNAS melalui Tokopedia akan disalurkan secara tepat sasaran kepada penerima manfaat oleh organisasi pengelola zakat yang tersertifikasi di Kementerian Agama Republik Indonesia.


    "BAZNAS akan menyalurkan amanah ini, sesuai prinsip 3A, yaitu Aman Syar'i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI. Jadi umat tak perlu khawatir dan yakin bahwa zakat itu akan disalurkan kepada pihak yang berhak sesuai ketentuan Islam," katanya.


    Sementara itu, External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita menyebutkan Tokopedia telah bekerja sama dengan BAZNAS dan lembaga pengelola zakat lainnya, untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan Tokopedia.


    "Mengelola THR secara lebih bijak dan sesuai kemampuan sangat penting agar masyarakat bisa memenuhi berbagai kebutuhan jelang Lebaran tanpa menghabiskan THR tersebut," kata Ricky.


    Sebuah laporan menyatakan, sebanyak 67 persen masyarakat Indonesia berencana mengalokasikan 1/4 dana THR untuk pembelanjaan di Ramadhan 2024. Angka ini meningkat 26 persen dari angka di Ramadhan 2023 lalu.


    Untuk membantu para pelanggan setia Tokopedia, kami mempunyai lima tips agar uang THR yang diterima dalm rangka Lebaran 2024, dapat memberikan manfaat terbaik, antara lain,


    Pertama, sisihkan dana untuk zakat fitrah dan salurkan melalui layanan online yang ada di Tokopedia.


    "Pada fitur Zakat Fitrah di Tokopedia, pengguna dapat menerima sertifikat sebagai bukti resmi serta laporan terkait penyaluran dan distribusi zakat tersebut. Hasil donasi pengguna disalurkan oleh mitra lembaga kemanusiaan terhubung untuk memenuhi kebutuhan Ramadan bagi masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya.


    Kedua, untuk memudahkan penyaluran pada keluarga, pelanggan dapat memilih layanan gift card, yang memungkinkan pelanggan Tokopedia memberikan hadiah Lebaran 2024 berupa uang tunai maupun voucher yang lebih praktis dan aman, serta memberikan kesan lebih personal.


    "Gift Card Tokopedia dapat menjadi solusi untuk berbagi kepada orang tua atau saudara bagi perantau yang tidak mudik. Bahkan, data internal kami menunjukkan rata-rata nilai Gift Card Tokopedia per transaksi yang dilakukan pengguna Tokopedia di pada Ramadhan 2023 naik hampir 1,5 kali lipat dibandingkan bulan Ramadhan tahun 2022,” kata Rizky.


    Ketiga, Tokopedia juga memberikan beragam pilihan perlengkapan Lebaran 2024 yang berasal dari brand lokal untuk para pelanggan.


    "Tentunya pilihan ini lebih praktis dan ekonomis dibandingkan masyarakat harus pergi ke lokasi perbelanjaan. Tokopedia menyediakan cashback atau diskon saat berbelanja baju Lebaran. Misalnya, memanfaatkan kampanye online Tokopedia Fashion Ramadhan untuk mendapatkan berbagai pilihan baju lebaran untuk sekeluarga," paparnya.


    Rizky menyampaikan, kampanye online Tokopedia Fashion Ramadhan masih berlangsung hingga 14 April 2024 dengan berbagai penawaran, mulai dari kolaborasi eksklusif produk brand lokal fesyen dan rilisan spesial.


    Keempat, pelanggan juga dapat mengirimkan hampers Lebaran penuh makna untuk kerabat di luar kota. Jadi, kita tetap dapat menunjukkan rasa sayang kepada kerabat di luar kota dengan mengirimkan hampers spesial Lebaran.


    Ia menjelaskan, Tokopedia juga menyediakan fitur Bagikan Alamat untuk mengirim hampers dengan lebih mudah di aplikasi Tokopedia sehingga pengguna tidak perlu memasukkan alamat yang dituju secara manual.


    Ada juga fitur Kirim Sebagai Hadiah yang memungkinkan pembeli untuk meminta penjual membungkus hadiah sebagai hampers dan menuliskan kartu ucapan. Pembeli dapat menemukan penjual yang menawarkan fitur ini dengan memilih filter ‘Kirim Sebagai Hadiah’ di halaman pencarian.


    Kelima, setelah semua keperluan terpenuhi, para pelanggan fokus pada persiapan mudik. Misalnya, untuk keperluan tiket, Tokopedia telah mempersiapkan promo-promo menarik untuk mendapatkan tiket pulang mudik dengan harga lebih hemat sehingga dana THR tetap aman. (sm)




     
    Berita Lainnya :
  • Bus Hino RM 280 ABS Siap Menjadi Andalan Transportasi di Kalteng
  • BAZNAS Tanggap Bencana Respons Cepat Bantu Korban Gempa Garut
  • Membasuh Luka Palestina, Bareksa Salurkan Infak Palestina Melalui BAZNAS RI
  • Yayasan Solidaritas Insan Peduli Salurkan Infak Palestina Rp250 Juta melalui BAZNAS RI
  • AASI Beri Kuliah Umum Literasi Asuransi Syariah di UNTAD Palu
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bus Hino RM 280 ABS Siap Menjadi Andalan Transportasi di Kalteng
    02 BAZNAS Tanggap Bencana Respons Cepat Bantu Korban Gempa Garut
    03 Membasuh Luka Palestina, Bareksa Salurkan Infak Palestina Melalui BAZNAS RI
    04 Yayasan Solidaritas Insan Peduli Salurkan Infak Palestina Rp250 Juta melalui BAZNAS RI
    05 AASI Beri Kuliah Umum Literasi Asuransi Syariah di UNTAD Palu
    06 Samsung Umumkan Ketersediaan Opsi Bahasa Indonesia Galaxy AI di Galaxy S24 Series
    07 Bangun Masa Depan, BAZNAS RI Berikan Pembinaan Karir bagi Peserta Beasiswa Cendekia
    08 Shop | Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Masa Ramadan-Lebaran 2024
    09 Shopee bersama Vidi Aldiano Kenalkan Program Garansi Tepat Waktu Kepada Pengguna
    10 Kemenag: BAZNAS RI Berperan Tingkatkan Kualitas Hidup Mustahik
    11 Hindari Pinjol Ilegal, UOB Dukung Literasi Keuangan Untuk Generasi Muda
    12 Aqua+ Series Kembali Meraih Kembali HWB Award 2024 di Thailand
    13 GoPay Serahkan Donasi Rp1 Miliar Program Berbagi Kebaikan ke BAZNAS RI
    14 Jakarta Tak Lagi Ibu Kota, Kelurahan Dapat Kucuran APBD 5%
    15 Gagas Program Sahabat UMKM Indonesia, BMM Bantu Usaha Kecil Naik Kelas
    16 Xiaomi Indonesia Lengkapi Pilihan Konsumen Lewat Varian Tambahan Redmi Note 13 Series
    17 Peduli Sampah Plastik, Yayasan WINGS Peduli Kampanyekan #PilahDariSekarang
    18 Gerakan Tokopedia Hijau Tingkatkan Bisnis dan Produk Ramah Lingkungan
    19 KB Bank Syariah Dapat Penghargaan Peringkat AAA dengan Outlook Stabil dari Fitch Ratings
    20 Peduli Palestina, KNRPP Salurkan Infak Kemanusiaan Lewat BAZNAS RI
    21 Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
    22 Service di Auto2000 Berhadiah Sepeda Motor Matik Honda BeAT
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS