Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Percepatan Akselerasi Digital Zakat, BAZNAS RI Gelar Rakernis IT Nasional dan Zakathon 2023
Rabu, 30-08-2023 - 12:04:14 WIB
Pimpinan BAZNAS RI Bidang Teknologi dan Informasi, Ir. H. Nadratuzzaman Hosen, saat pembukaan Rakernis IT Nasional dan Zakathon 2023, Asrama Haji Jakarta, Selasa (29/8/2023). (istimewa)
TERKAIT:
 
  • Percepatan Akselerasi Digital Zakat, BAZNAS RI Gelar Rakernis IT Nasional dan Zakathon 2023
  •  

    JAKARTA - SinggalangNews.com, Tingkatkan akselerasi zakat digital di Indonesia, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Teknologi Informasi (IT) Nasional dan Zakathon 2023. Acara berlangsung selama tiga hari, pada 29-31 Agustus 2023, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.


    Peserya Rakernis IT Nasional diikuti oleh para pimpinan dan amil BAZNAS Provinsi, Kabupaten/Kota. Tercatat, sebanyak 29 BAZNAS Provinsi dan 112 BAZNAS Kabupaten/Kota hadir dalam acara ini.


    Adapun Zakathon 2023 yang digelar bersamaan dengan Rakernis IT tersebut diikuti oleh peserta mahasiswa dari sejumlah kampus di Indonesia. Terdaftar sebanyak 9 kampus yang terbagi menjadi 11 tim, diantaranya, dari Tim Childev dari Universitas Pamulang, Tim Synergy dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto, BAZNAS KITA TEAM dari Universitas Bina Nusantara.


    Selain itu juga Tim Hi-Go dari Unusia, Tim The Khawarizmi dari Institut Teknologi Indonesia, Tim Triloka dari Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum, Tim Zanira dari Sampoerna University, Tim Hackermen dari Sampoerna University, Tim BDD dari Bina Sarana Informatika (BSI), Tim AZAN (Amil Zakat Nasional) dari BSI, dan Tim Teksyar (Teknologi, Syariah, Tarbiyah) dari UIN Bandung.


    Zakathon merupakan kompetisi inovasi di bidang IT. Dalam kompetisi tersebut, para peserta yang terdiri dari tiga orang tiap timnya, akan berlomba menciptakan inovasi teknologi sebagai solusi berbagai masalah pengelolaan zakat.


    Kompetisi ini melibatkan para juri dari praktisi IT, baik dari dunia kerja maupun dunia akademik yang dapat memberi pandangan mutakhir terkait perkembangan IT terkini.


    Pimpinan BAZNAS RI Bidang Teknologi dan Informasi, Ir. H. Nadratuzzaman Hosen, M.S., M.Ec., Ph.D menjelaskan, tujuan penyelenggaraan Rakernis IT Nasional dan Zakathon 2023 ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman dari sumber daya manusia BAZNAS Provinsi dan Kabupaten/Kota terhadap peran penting teknologi dalam pengelolaan zakat.


    Selain itu, dijelaskan oleh Nadra, kegiatan ini juga bertujuan memperkenalkan aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh BAZNAS RI untuk dapat digunakan oleh seluruh BAZNAS Provinsi dan Kabupaten/Kota.


    "Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengakomodasi kebutuhan dari BAZNAS Provinsi dan Kabupaten/Kota terhadap teknologi, sekaligus untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia BAZNAS di seluruh Indonesia," ujar Nadra dalam Konferensi Pers Rakenis IT Nasional dan Zakathon 2023, di Jakarta,  Selasa (29/8/2023). 


    Berharap, dengan kegiatan ini BAZNAS Provinsi Kabupaten/Kota dapat lebih berperan aktif dalam memanfaatkan kemajuan teknologi untuk pengelolaan zakat, sehingga bisa menciptakan kesejahteraan masyarakat yang lebih luas lagi.


    Sejalan dengan misi BAZNAS, yaitu melakukan modernisasi dan digitalisasi pengelolaan zakat nasional dengan sistem manajemen berbasis data yang kokoh dan terukur.


    Zakathon 2023 juga bertujuan memperkenalkan perkembangan IT mutakhir kepada masyarakat. Selain, untuk menjaring talenta-talenta muda di bidang IT agar berinovasi dalam pengelolaan zakat.


    Para peserta yang mengikuti kompetisi ini akan dikarantina selama tiga hari untuk merumuskan karya dan inovasi. Kemudian mereka diseleksi oleh tim IT internal BAZNAS RI menjadi 5 peserta terbaik. Selanjutnya, para peserta terbaik akan diuji lagi oleh juri eksternal di hadapan semua peserta Rakernis IT Nasional.


    "Ini tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada peserta terbaik mempresentasikan karya inovasinya kepada khalayak luas," ungkap Nadra.


    Nadra meyakini bahwa pemikiran, ide, pandangan dan inovasi sangat diperlukan, dan itu sangat mungkin lahir dari talenta-talenta muda.


    "Saya sangat percaya bahwa mereka bisa melahirkan ide-ide cemerlang tentang pengelolaan zakat ke depan," tegasnya.


    BAZNAS RI sebelumnya telah mengembangkan Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SIMBA) dan sejumlah aplikasi seperti Cinta Zakat, Menara Masjid dan lain sebagainya untuk mempercepat akselerasi digitalisasi pengelolaan zakat.


    Sementara itu, Head of Digital Vertical Ecosystem Education Telkom Indonesia, Dr. Sri Safitri, S.T, B.Eng (Hons), M.Eng yang hadir sebagai salah satu pemateri dalam Rakernis IT tersebut, mengapresiasi ide Zakathon yang dibuat BAZNAS RI, dan menganggap sebagai sebuah terobosan luar biasa.


    “Saya sendiri surprise dengan ide Zakathon ini. Insyaallah kami Telkom akan terus bekerja sama dengan BASNAS untuk pengembangan teknologi IT ini,” katanya.


    Salah satu peserta Zakathon 2023, Muhamad Noor Abdi Ash Shafari dari Sampoerna University mengaku senang mendapat kesempatan untuk mengikuti kompetisi ini.


    “Kami akan memberikan kemampuan terbaik terkait inovasi-inovasi teknologi untuk pengelolaan zakat yang semakin baik di masa depan,” pungkasnya. (sm/red)




     
    Berita Lainnya :
  • Huawei Gelar Indonesia IP Club 2024, Navigasikan Konvergensi AI dan Transformasi Digital
  • Pemerataan Digital, Smartfren Berikan Laptop untuk Sekolah Masyarakat Marginal
  • Dikunjungi Presiden Jokowi, Dirut PLN Paparkan Kesiapan Ekosistem Kendaraan Listrik di Booth PLN di
  • Rayakan Milad Ke-32th, Bank Muamalat Luncurkan Program Menabung Berhadiah Umrah
  • Acer Menjadi Solusi dan Transformasi Platform Komunitas Pendidik Guraru
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Huawei Gelar Indonesia IP Club 2024, Navigasikan Konvergensi AI dan Transformasi Digital
    02 Pemerataan Digital, Smartfren Berikan Laptop untuk Sekolah Masyarakat Marginal
    03 Dikunjungi Presiden Jokowi, Dirut PLN Paparkan Kesiapan Ekosistem Kendaraan Listrik di Booth PLN di
    04 Rayakan Milad Ke-32th, Bank Muamalat Luncurkan Program Menabung Berhadiah Umrah
    05 Acer Menjadi Solusi dan Transformasi Platform Komunitas Pendidik Guraru
    06 Atas Kepercayaan Masyarakat: Pengumpulan ZIS BAZNAS pada Ramadhan 2024 tembus Rp447,9 M
    07 Beli Tiket PEVS 2024 di PLN Mobile dapat Diskon Tambah Daya 60%
    08 Mobil Listrik Neta V-II Meluncur di Pameran PEVS 2024 Seharga Rp200 Jutaan
    09 PEVS 2024: Tampilkan Beragam Aktivitas Komunitas Pengguna Kendaraan Listrik
    10 Ajang PEVS 2024, PLN Tampilkan Kesiapan Ekosistem EV di Indonesia
    11 Ofero Bangun Strategi dan Kenalkan Battery Lithium dan Unit Terbaru
    12 Perluas Layanan Keuangan Digital, DANA dan Jalin Bangun Kerjasama
    13 BAZNAS Bersama Muhammadiyah Gulirkan Program Pengembangan SDM Unggul
    14 Belajar dari Jepang, Sosialisasi Stranas Bisnis dan HAM di Indonesia Harus Masif
    15 Bus Hino RM 280 ABS Siap Menjadi Andalan Transportasi di Kalteng
    16 BAZNAS Tanggap Bencana Respons Cepat Bantu Korban Gempa Garut
    17 Membasuh Luka Palestina, Bareksa Salurkan Infak Palestina Melalui BAZNAS RI
    18 Yayasan Solidaritas Insan Peduli Salurkan Infak Palestina Rp250 Juta melalui BAZNAS RI
    19 AASI Beri Kuliah Umum Literasi Asuransi Syariah di UNTAD Palu
    20 Samsung Umumkan Ketersediaan Opsi Bahasa Indonesia Galaxy AI di Galaxy S24 Series
    21 Bangun Masa Depan, BAZNAS RI Berikan Pembinaan Karir bagi Peserta Beasiswa Cendekia
    22 Shop | Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Masa Ramadan-Lebaran 2024
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS