Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Tokopedia Hadirkan Fitur Augmented Reality (AR), Masyarakat Bisa Mencoba Makeup Secara Virtual
Rabu, 24-05-2023 - 23:19:20 WIB
Azzahra Rahmani Ali Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia menjelaskan Fitur Augmented Reality (AR) hadir di Tokopedia, sehingga masyarakat bisa mencoba produk seperti makeup secara virtual, Rabu (24/5/2023). (istimewa)
TERKAIT:
 
  • Tokopedia Hadirkan Fitur Augmented Reality (AR), Masyarakat Bisa Mencoba Makeup Secara Virtual
  •  

    JAKARTA - SinggalangNews.com, Permudah pengalaman belanja lebih mudah, Tokopedia, luncurkan fitur Augmented Reality (AR). Melalui fitur AR di Tokopedia, masyarakat dapat mencoba berbagai produk makeup, seperti lipstik, foundation dan lain-lain, secara virtual sebelum membeli.


    Masyarakat kini bisa memanfaatkan fitur Augmented Reality (AR) dan sederet inovasi teknologi lainnya yang bisa membuat pengalaman belanja online makin praktis.


    Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia Azzahra Rahmani Ali menjelaskan, “Inovasi teknologi AR Tokopedia hadir berkat kolaborasi bersama mitra strategis demi memberikan nilai tambah pada pengalaman belanja online. Dengan fitur ini kami berharap bisa makin membantu masyarakat mendapatkan produk makeup yang sesuai dengan warna kulit.”


    Untuk mencoba fitur AR Tokopedia, masyarakat cukup ketik dan klik ‘Virtual Try On’ pada kolom pencarian di halaman utama aplikasi Tokopedia. Pada halaman tersebut, masyarakat bisa mencoba berbagai produk dengan AR bertulisan ‘Cobain barangnya, ungkapnya.


    “Masyarakat juga bisa memilih hingga 4 varian warna produk secara bersamaan sehingga bisa membandingkannya secara lebih praktis. Fitur AR ini dapat dinikmati pengguna Android dan iOS dengan aplikasi Tokopedia versi terbaru,” jelas Azzahra.


    Selain itu, khusus untuk pengguna iOS, kini dapat menggunakan fitur Keyboard Tokopedia. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan barang yang ada di wishlist Tokopedia merekake teman atau kerabat dengan lebih mudah.


    Untuk mengaktifkan fitur Keyboard Tokopedia, pengguna bisa klik Settings (Pengaturan) di perangkat iOS dengan aplikasi Tokopedia versi 2.217 atau yang lebih baru, kemudian pilih Tokopedia. Selanjutnya, klik menu ‘Keyboards’ dan aktifkan toggle Tokopedia, serta Allow Full Access. Pengguna lalu hanya perlu ke aplikasi chat apa pun dan klik serta tahan ikon,dan klik Tokopedia.


    Selain fitur Keyboard Tokopedia, Tokopedia juga telah meluncurkan fitur Bagikan Alamat. “Masyarakat bisa mengirimkan hampers, hadiah atau berbagai produk lainnya kepada teman atau kerabat dengan lebih mudah melalui dengan menggunakan fitur Bagikan Alamat. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu ketik alamat penerima secara manual,” jelas Azzahra.


    Fitur Keyboard Tokopedia dan Bagikan Alamat berlaku untuk seluruh kategori produk yang ada di Tokopedia, mulai dari kecantikan dan perawatan diri, makanan dan minuman, elektronik, gadget dan beragam kategori produk lainnya.


    Selain menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah pembeli berbelanja online, Tokopedia juga menghadirkan sejumlah fitur untuk membantu pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, meningkatkan daya saing bisnis online.


    Ada berbagai fitur terbaru yang bisa dimanfaatkan penjual, yaitu fitur Spesifikasi, Katalog Tokopedia dan Kurir Rekomendasi. Fitur-fitur ini berlaku untuk berbagai kategori produk, mulai dari kecantikan dan perawatan diri, makanan dan minuman, elektronik, gadget dan masih banyak lagi.


    Tokopedia sendiri sudah menjadi rumah bagi lebih dari 12 juta penjual dan hampir 100% UMKM, termasuk yang bergerak di kategori produk Kecantikan dan Perawatan Diri. Layanan kami pun bisa diakses oleh masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia. Berdasarkan data-data itu, artinya potensi industri kecantikan di Indonesia masih sangat besar.


    “Hal tersebut mendorong Tokopedia menggencarkan berbagai inisiatif demi membantu masyarakat, baik penjual maupun pembeli, menunjang penggunaan layanan digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari termasuk akan produk kecantikan dan perawatan diri. Salah satunya, kampanye Tokopedia Beauty,” ujar Azzahra. Jacquelle merupakan contoh brand lokal kecantikan yang berpartisipasi dalam Tokopedia Beauty.


    Selain itu Kriwil Indonesia merupakan contoh brand lokal perawatan rambut yang telah memanfaatkan layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia agar produk perawatan khusus rambut keriting bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat di Indonesia dengan lebih cepat dan efisien.


    Jacquelle mengandalkan Tokopedia sejak tahun 2016, mengikuti berbagai kampanye, termasuk Tokopedia Beauty, dan menggunakan beragam fitur di Tokopedia, seperti fitur Spesifikasi dan Katalog Tokopedia.


    "Dengan memanfaatkan fitur tersebut, kami bisa menghadirkan informasi produk dengan lebih detail sehingga mempermudah pembeli dalam memilih produk. Melalui Tokopedia, kami bisa mendapatkan omzet bulanan hingga ratusan juta rupiah,” ujar Budi Thomas Head of Marketing Jacquelle.


    Sementara itu, disampaikan pendiri Kriwil Indonesia, Gracia Indriani, merasa selalu didikte oleh standar kecantikan bahwa perempuan yang cantik adalah perempuan berambut lurus. Hal ini membuat Gracia tidak nyaman dengan rambut keritingnya dan merasa harus selalu meluruskan rambut.


    Gracia melalui Kriwil Indonesia berinovasi membuat berbagai produk yang sudah memiliki sertifikasi BPOM, seperti sampo, gel dan lain-lainnya, khusus untuk rambut keriting.


    Produk Kriwil dititipkan di gudang pintar ‘Dilayani Tokopedia’ untuk menunjang operasional bisnis, mulai dari penerimaan pesanan, pengemasan barang, pengantaran pesanan ke kurir, hingga penanganan jika ada kendala transaksi.


    “Berkat Tokopedia, produk Kriwil bisa diakses masyarakat di seluruh Indonesia, seperti di Papua dan Indonesia bagian timur lainnya. Transaksi antarkota kami bahkan meningkat 2 kali lipat selama kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022. Dengan Dilayani Tokopedia, penjualan terus berjalan meskipun sedang masa libur,” tutur Gracia.


    “Berkat Hyperlocal Tokopedia dan berbagai inisiatif lainnya, penjualan produk Kecantikan dan Perawatan Diri di Tokopedia naik hampir 2 kali lipat sepanjang kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022. Sampo, pembersih wajah, lipstik, bedak dan masker wajah menjadi beberapa produk yang paling laris di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri di Tokopedia,” jelas Azzahra. (sm_r) 




     
    Berita Lainnya :
  • Peduli Palestina, KNRPP Salurkan Infak Kemanusiaan Lewat BAZNAS RI
  • Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
  • Service di Auto2000 Berhadiah Sepeda Motor Matik Honda BeAT
  • Baznas Salurkan 137 Ribu Paket Beras Zakat Fitrah hingga Pelosok Indonesia
  • Smartfren Community Gelar Program Santri Ngonten 100% Kebaikan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Peduli Palestina, KNRPP Salurkan Infak Kemanusiaan Lewat BAZNAS RI
    02 Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
    03 Service di Auto2000 Berhadiah Sepeda Motor Matik Honda BeAT
    04 Baznas Salurkan 137 Ribu Paket Beras Zakat Fitrah hingga Pelosok Indonesia
    05 Smartfren Community Gelar Program Santri Ngonten 100% Kebaikan
    06 Ramadhan, BAZNAS Bersama INH Bagikan Hidangan Untuk Warga Palestina
    07 Wings Care Rilis So Fresh Minyak Angin Aromatherapy Anti Tepar Saat Mudik Lebaran
    08 Bulan Ramadan, Bank Muamalat dan BMM Gelar Aksi Sosial
    09 JES Bagikan 100 Paket Sembako Untuk Masyarakat Kurang Mampu
    10 Baznas bersama Mitratel Salurkan Paket Ramadhan dan Buka Puasa di 11 Wilayah
    11 Melalui Program “Berbagi Keberkahan Ramadhan 1445 H” AASI Salurkan Donasi Sosial 250 Juta
    12 Bangun Kebersamaan, KPN Corp Selenggarakan Acara Buka Puasa Bersama
    13 Auto2000 Operasikan 9 Posko dan 115 Bengkel Siaga 24 Jam
    14 Musim Mudik Lebaran 2024, Baznas Buka 28 Titik Pos Mudik Siaga
    15 Baznas dan Tokopedia Bagikan 5 Tips Kelola THR dengan Bijak
    16 Bulan Ramadan, Kecap Sedaap Gelar Program Berbagi di 5 Titik lokasi Jakarta dan Bandung
    17 BAZNAS Bersama TNI AL Gelar Buka Puasa Bersama Ojol dan Masyarakat Pesisir di Marunda
    18 Blibli XPO Bandung, Tawarkan Promo Smartphone dan Gadget Hingga Rp5,2 Juta
    19 Sambut Lebaran, Supersol Bersihkan Ikon Wisata Religi Provinsi Banten
    20 Sekarang! Beli Tiket XXI Makin Mudah dengan DANA
    21 Menjelang Lebaran Baznas RI Salurkan Zakat Fitrah kepada 250 Mustahik di Kampung Mongol Bogor
    22 Tokopedia Berikan Tips Mudik Lebaran dengan Aman dan Nyaman
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS