Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan pada Mahasiswa ISEI Gelar HOKI
Rabu, 21-12-2022 - 08:30:57 WIB
TERKAIT:
 
  • Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan pada Mahasiswa ISEI Gelar HOKI
  •  

    Singgalangnews.com,Jakarta-Menumbuh-kembangkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa, PT Pegadaian menggandeng Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) menggelar acara Hibah Kompetensi Kewirausahaan (HoKi) 2022.


    Mengusung tema #CiptakanPeluang “Bisnis Mahasiswa, Siap Mendunia”, Hibah Kompetisi Kewirausahaan (HoKi) Season 2 tahun 2022 melahirkan 10 tim pemenang yang telah melalui berbagai tahapan seleksi. HoKi Season 2 membuka pendaftaran mulai dari tanggal 24 Oktober hingga 6 Desember 2022. Selama pendaftaran berlangsung, panitia juga mengadakan sosialisasi secara online dan offline ke 28 perguruan tinggi komisariat ataupun non-komisariat ISEI Jakarta.


    Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan menyambut baik kegiatan tersebut. Ia mengatakan bahwa para mahasiswa adalah calon pemimpin di masa yang akan datang. Oleh karena itu antusiasme mereka saat ini menjadi modal penting di masa yang akan datang.


    Saya sangat mengapresiasi semangat para peserta untuk mengikuti acara HoKI season 2. Tahun ini, acara diikuti oleh 156 tim dari 35 Perguruan Tinggi di DKI Jakarta. Jumlah ini meningkat hingga 10 kali lipat dari penyelenggaraan HoKi Season 1 di tahun 2021 yang hanya melibatkan 3 perguruan tinggi sebagai pilot project. Saya berharap tahun depan semakin banyak lagi peserta yang bergabung”.


    Adapun tahapan seleksi yang dilalui oleh seluruh tim, diantaranya adalah tahapan seleksi administrasi, seperti pengecekan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan, hingga melakukan background checking kepada pihak Perguruan Tinggi tentang status mahasiswa yang mendaftar.


    Setelah itu, tim yang lolos administrasi akan masuk ke seleksi proposal. Pada tahap ini, beberapa poin yang menjadi penilaian adalah kreativitas (gagasan dan keunggulan produk) sebesar 25%, Peluang pasar sebesar 25%, Potensi Bisnis (potensi perolehan profit dan potensi keberlanjutan usaha) sebesar 25%, Timeline Bisnis sebesar 15%, dan Penyusunan Anggaran Biaya sebesar 10%.



    Setelah melalui seleksi administrasi dan proposal, terpilihlah 20 semifinalis yang diumumkan secara online pada tanggal 12 Desember 2022 dalam acara Road To Semi Final HoKi Season 2. 20 Semifinalis ini terdiri dari 16 tim dengan kategori bisnis F&B, 2 tim dengan kategori bisnis fesyen, dan 2 tim dengan kategori bisnis kriya.


    Para semifinalis kembali dihadapkan pada seleksi selanjutnya, yaitu Presentasi Bisnis yang diadakan pada tanggal 14 – 15 Desember 2022 di Kantor Pusat Pegadaian Jl. Kramat No. 162, Jakarta Pusat. Adapun poin-poin yang menjadi penilaian adalah Analisis Masalah dan Solusi sebesar 20%, Branding dan Desain Produk sebesar 10%, Kemampuan Presentasi sebesar 15%, Teknik Visualisasi Data sebesar 15%, dan Kemampuan Menjawab serta Mempertahankan Argumen sebesar 30%.


    Presentasi Bisnis ini dinilai langsung oleh dewan juri. Adapun dewan juri pada tahap ini adalah Winang Budoyo selaku Chief Economist PT. Bank Tabungan Negara, Dina Dellyana selaku Director of Business Incubator-The Greater Hub Sekolah Bisnis dan Manajemen IT, dan Valentino Ivan selaku F&B Idea Expert.


    Dari tahap presentasi bisnis tersebut, terpilih 10 tim pemenang yang akan mendapatkan Dana Hibah sebesar Rp 30 juta setiap timnya. 10 tim pemenang tersebut, diantaranya 2 tim dari Universitas Tarumanagara, 2 tim dari Kalbis Institute, 2 tim dari BRI Institute, 1 tim dari Universitas Pancasila, 1 tim dari UPN Veteran Jakarta, 1 tim dari Universitas Trilogi, dan 1 tim dari Universitas Pertamina. 10 tim pemenang ini diumumkan secara langsung pada acara Awarding Night HoKi Season 2 yang diadakan di Ballroom Cakrawala II A lt. 5 Gedung Sarinah.


    Dalam acara tersebut, hadir pula Staf Ahli Menteri BUMN Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Loto Srinaita Ginting, Sekretaris Umum ISEI Jakarta Agustian Partawidjaja, jajaran Direksi PT Pegadaian dan tamu undangan lainnya. Acara Awarding Night ini juga menjadi ajang para semifinalis menampil produk mereka melalui area showcase dan acara tersebut dimeriahkan juga oleh Kotak Band yang hadir sebagai bintang tamu utama.


    Sebagai salah satu hasil dari program HoKi Season 2, Perguruan Tinggi yang masuk kedalam 10 tim pemenang, berkesempatan langsung menandatangani nota kesepahaman dengan PT Pegadaian. Nota kesepahaman ini ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PT Pegadaian dan para Rektor/Wakil Rektor Perguruan Tinggi. (Siaran pers/dpri)


     


     




     
    Berita Lainnya :
  • Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
  • Service di Auto2000 Berhadiah Sepeda Motor Matik Honda BeAT
  • Baznas Salurkan 137 Ribu Paket Beras Zakat Fitrah hingga Pelosok Indonesia
  • Smartfren Community Gelar Program Santri Ngonten 100% Kebaikan
  • Ramadhan, BAZNAS Bersama INH Bagikan Hidangan Untuk Warga Palestina
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
    02 Service di Auto2000 Berhadiah Sepeda Motor Matik Honda BeAT
    03 Baznas Salurkan 137 Ribu Paket Beras Zakat Fitrah hingga Pelosok Indonesia
    04 Smartfren Community Gelar Program Santri Ngonten 100% Kebaikan
    05 Ramadhan, BAZNAS Bersama INH Bagikan Hidangan Untuk Warga Palestina
    06 Wings Care Rilis So Fresh Minyak Angin Aromatherapy Anti Tepar Saat Mudik Lebaran
    07 Bulan Ramadan, Bank Muamalat dan BMM Gelar Aksi Sosial
    08 JES Bagikan 100 Paket Sembako Untuk Masyarakat Kurang Mampu
    09 Baznas bersama Mitratel Salurkan Paket Ramadhan dan Buka Puasa di 11 Wilayah
    10 Melalui Program “Berbagi Keberkahan Ramadhan 1445 H” AASI Salurkan Donasi Sosial 250 Juta
    11 Bangun Kebersamaan, KPN Corp Selenggarakan Acara Buka Puasa Bersama
    12 Auto2000 Operasikan 9 Posko dan 115 Bengkel Siaga 24 Jam
    13 Musim Mudik Lebaran 2024, Baznas Buka 28 Titik Pos Mudik Siaga
    14 Baznas dan Tokopedia Bagikan 5 Tips Kelola THR dengan Bijak
    15 Bulan Ramadan, Kecap Sedaap Gelar Program Berbagi di 5 Titik lokasi Jakarta dan Bandung
    16 BAZNAS Bersama TNI AL Gelar Buka Puasa Bersama Ojol dan Masyarakat Pesisir di Marunda
    17 Blibli XPO Bandung, Tawarkan Promo Smartphone dan Gadget Hingga Rp5,2 Juta
    18 Sambut Lebaran, Supersol Bersihkan Ikon Wisata Religi Provinsi Banten
    19 Sekarang! Beli Tiket XXI Makin Mudah dengan DANA
    20 Menjelang Lebaran Baznas RI Salurkan Zakat Fitrah kepada 250 Mustahik di Kampung Mongol Bogor
    21 Tokopedia Berikan Tips Mudik Lebaran dengan Aman dan Nyaman
    22 Lebaran Aman, Pemerintah Minimalisir Cuaca Ekstrem hingga Jaga Harga Pangan
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS