Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Tingkatkan Akselerasi Industri Asuransi Jiwa Syariah
AASI Luncurkan “Cetak Biru Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia”
Jumat, 02-12-2022 - 05:45:45 WIB
Erwin Noekman, Direktur Eksekutif AASI, Tatang Nurhidayat, Ketua Umum AASI, Omar Sjawaldy Anwar, Presiden Direktur Prudential Syariah, pada peluncuran Cetak Biru Asuransi Jiwa Syariah, di Jakarta, Kamis (1/12/2022). (Istimewa)
TERKAIT:
 
  • AASI Luncurkan “Cetak Biru Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia”
  •  

    JAKARTA - SinggalangNews.com, Untuk meningkatkan industri asuransi syariah di penghujung 2022, Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) mengambil langkah fundamental dengan meluncurkan Cetak Biru Asuransi Jiwa Syariah.


    Kehadiran “Cetak Biru Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia” mengukir milestones AASI di usianya yang ke-19, yang telah melewati perjalanan panjang dapat dimanfaatkan oleh seluruh pemangku kepentingan untuk mengakselerasi kemajuan asuransi jiwa syariah, sehingga lebih banyak masyarakat Indonesia yang terlindungi.


    Saat ini penetrasi asuransi di Indonesia masih cukup rendah dibandingkan negara lain, khususnya asuransi syariah. Meski memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, populasi muslim di Indonesia namun masih memilih asuransi jiwa konvensional (26%) dibandingkan asuransi jiwa syariah (12%), sedangkan 61% muslim tidak memiliki asuransi.


    Dijelaskan oleh Tatang Nurhidayat, Ketua Umum AASI, “Asuransi jiwa syariah telah hadir di Indonesia sejak 1994 dan terus berkembang hingga sekarang. Namun industri kita ini masih dihadapkan oleh sejumlah tantangan, di antaranya terkait literasi, saluran distribusi, kurang beragamnya produk dan layanan, hingga perangkat-perangkat penentu seperti kebijakan atau peraturan yang masih perlu diperkuat."


    Tugas atau PR kita semua di industri masih cukup banyak untuk bisa menyelesaikannya. Karenanya, memasuki usia yang ke-19, AASI ingin kembali berkontribusi terhadap perkembangan industri perasuransian syariah tanah air dengan meluncurkan ‘Cetak Biru Asuransi Jiwa Syariah’.


    "Hal ini merupakanpanduan strategis dalam memajukan industri asuransi jiwa syariah sebagai penopang ekonomi bangsa,” kata Tatang pada peluncuran Cetak Biru Asuransi Jiwa Syariah, di Jakarta, Kamis (1/12/2022).


    “Cetak Biru Asuransi Jiwa Syariah” memetakan jalur untuk semua pemangku kepentingan industri dan menjabarkan berbagai inisiatif untuk memenuhi visi bersama AASI. Asuransi jiwa syariah dapat diadopsi secara universal dan mendorong kemakmuran serta perlindungan bagi seluruh rakyat Indonesia, di masa kini dan mendatang, seperti pendidikan, pernikahan, kelahiran anak, pensiun, sakit atau kecelakaan.


    DipaparkanYoga Prasetyo, Taskforce Cetak Biru Asuransi Jiwa Syariah, 'Cetak Biru Asuransi Jiwa Syariah' memiliki tiga pilar penting, yaitu (1) Mengomunikasikan nilai-nilai asuransi jiwa syariah dan membangun kepercayaan; (2) Meningkatkan dan mengembangkan cara kerja; (3) Berinovasi dalam produk, bisnis, dan distribusi.


    Adapun fondasinya memberdayakan industri dan mengatasi kendala pemain dalam mewujudkan potensi penuh mereka. Dengan mengacu kepada kerangka kerja tersebut, kami telah menyusun serangkaian inisiatif untuk menjadi solusi end-to-end dan menciptakan ekosistem yang baik dan kondusif bagi asuransi jiwa syariah, jelasnya.


    “Insyaa Allah cetak biru ini dapat diimplementasikan bersama-sama oleh seluruh pemangku kepentingan sesuai jangka waktu yang telah diatur selama 2022-2028. Mari saling bahu-membahu memasyarakatkan ekonomi dan keuangan syariah, khususnya asuransi jiwa syariah,” ungkapHaryo Pamungkas, Taskforce Cetak Biru Asuransi Jiwa Syariah.


    Penyusunan “Cetak Biru Asuransi Jiwa Syariah” juga turut diapresiasi dan didukung penuh oleh PrudentialSyariahberkomitmen mewujudkan masyarakat Indonesia hidup lebih sejahtera, mendapatkan terbaik dalam kehidupannya, dan memiliki aspirasi untukmenjadi salah satu kontributor ekonomi syariah di tanah air.


    Sementara itu, Omar Sjawaldy Anwar, Presiden Direktur Prudential Syariah, menyampaikan, “Kami sangat mengapresiasi AASI yang senantiasa mendengar dan memahami para pelaku industri asuransi syariah. Sebagai pemimpin pasar yang telah menjadi entitas terpisah sejak April 2022, terdapat tanggung jawab lebih bagi kami untuk memenuhi cita-cita Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia."


    Dukungan kepada AASI ini merupakan langkah besar bagi kami dan merefleksikan kolaborasi yang sinergis. Tentunya cetak biru ini akan menjadi pedoman kami merancang kebijakan guna memperluas akses perlindungan yang lebih luas lagi.


    Untuk ke-depannya, Prudential Syariah siap berdampingan dengan AASI untuk membawa dan menjadikan asuransi syariah sebagai pilihan utama masyarakat Indonesia, pungkasnya. (sm_r)




     
    Berita Lainnya :
  • Menaker Sebut RUU PPRT Hadiah Negara bagi Pekerja Rumah Tangga
  • Setiakah Pria Anda? Ini Ciri- Cirinya!
  • Pengesahan RUU PRT Meningkatkan PDB Sebesar US$180 juta
  • Smartfren Festival WOW 100% Depok Lahirkan Inovasi UMKM di Indonesia
  • Shezy Idris dan Cut Mila Rawat Kecantikan di Klinik Bedah Inov Glow Sunter
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Menaker Sebut RUU PPRT Hadiah Negara bagi Pekerja Rumah Tangga
    02 Setiakah Pria Anda? Ini Ciri- Cirinya!
    03 Pengesahan RUU PRT Meningkatkan PDB Sebesar US$180 juta
    04 Smartfren Festival WOW 100% Depok Lahirkan Inovasi UMKM di Indonesia
    05 Shezy Idris dan Cut Mila Rawat Kecantikan di Klinik Bedah Inov Glow Sunter
    06 Rangkaian HUT ke-22, BAZNAS Ajak Pengunjung Car Free Day Berzakat
    07 YBM PLN Gandeng Jufi Gelar Pelatihan Media Digital Remaja Masjid Bantar Gebang
    08 Awal 2023 ICHITAN bersama Bright Hadirkan Program Konsumen
    09 Wali Band Rilis Lagu Sunda
    10 Kisah Cinta Marion Jola Ada di Lagu Terbarunya
    11 Tak Sanggup Rawat, Panda Raksasa ini Dikembalikan ke China
    12 BAZNAS Tekankan Pentingnya Prinsip 3A dalam Pengelolaan ZIS
    13 Bank Muamalat Mudahkan Pendaftaran Haji Lewat Kanal Digital DIN
    14 Free Fire Snapdragon Pro Series Season 2 Akan Digelar di Jakarta
    15 Wings Care Luncurkan Royale Hijab Blue Sapphire Wangi Sepanjang Hari
    16 PT Capital Life Syariah Salurkan Zakat Perusahaan ke BAZNAS
    17 Ini Album Perdana Mahalini Raharja Jebolan Idol
    18 Ini Enam Film Korea yang Bakal Tayang di Netflix
    19 Kenang Pertemanan Lee Dong Hwi Upload Foto di Instagram
    20 Wulan Alora Berbagi Lewat Lagu Hanya Untuk Mu
    21 Berdayakan Mustahik HUT ke-22, BAZNAS Luncurkan Program Balai Ternak di Ngawi
    22 Jufi Salurkan Bantuan Tahap Empat Untuk Guru di Cianjur
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS