Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Maudy Ayunda: Negara Dapat Maju bila Perempuan Diberi Ruang Berkarya
Kamis, 14-07-2022 - 18:33:33 WIB
Selebritis Maudy Ayunda
TERKAIT:
 
  • Maudy Ayunda: Negara Dapat Maju bila Perempuan Diberi Ruang Berkarya
  •  

    Singgalangnews.com,Jakarta- Tim Juru Bicara G20 Maudy Ayunda mengatakan hingga saat ini, jumlah perempuan Indonesia mencapai 49,5 persen dari total populasi. Mayoritas dari mereka, kata Maudy, adalah kategori usia produktif.


    Demikian diungkapkan Maudy dalam diskusi daring yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertema “Perempuan Berdaya untuk Pulih Bersama” pada Kamis (14/7/22).
    Mengutip Michele Obama (istri mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama) yang mengatakan, tidak ada negara yang bisa benar-benar berkembang jika menghambat potensi perempuannya dan menghilangkan kontribusi dari separuh warganya.
    Menurut Maudy, negera harus peduli pada perempuan dan memberikan jalur-jalur yang dapat mendukung terciptanya kesetaraan gender. Dengan memberikan ruang bagi perempuan untuk berkarya, maka negara dapat mencapai kemajuan.
    "Jadi kalau ingin negara ini maju, maka kita juga perlu menaruh perhatian pada isu pemberdayaan perempuan. Dan, kita harus peduli dan memberikan jalur-jalur yang betul-betul mendukung kekesetaraan. Karena perempuan memiliki kemanusiaan yang sama dan berhak," ungkapnya.
    Sebagai tuan rumah penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi G20 tahun 2022, komitmen Indonesia sangat kuat untuk mengangkat isu-isu perempuan. Pada Presidensi G20 Indonesia tahun ini, Indonesia mendorong isu-isu tersebut melalui aliansi G20 EMPOWER dan Engagement Group Women20 atau W20.
    G20 EMPOWER merupakan inisiatif Indonesia, berupa aliansi para pemimpin sektor swasta dan pemerintah untuk bersama memberikan pendampingan dan mendukung kemajuan pemimpin perempuan.
    Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, bersama IWAPI dan Swasta, menjadi focal point pada G20 EMPOWER dalam rangka mempromosikan pentingnya kepemimpinan perempuan dalam dunia usaha.
    Secara konkrit, G20 Empower akan membahas bagaimana meningkatkan peran perempuan di perusahaan, mendorong UMKM milik perempuan sebagai penggerak ekonomi, dan bagaimana membangun dan meningkatkan ketahanan dan keterampilan digital perempuan untuk masa depan.
    Sementara itu, Engagement Group W20 adalah forum dialog dalam G20 yang mewakili suara perempuan. Misinya adalah mendorong komitmen para Pemimpin negara dalam pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.
    W20 terus mengangkat kedua isu ini di setiap diskusi G20 dan mempromosikan pembangunan berkelanjutan serta investasi demi pertumbuhan yang inklusif.
    Forum W20 lebih luas membahas diskriminasi dan kesetaraan, inklusi ekonomi untuk UMKM perempuan, ketahanan perempuan marjinal di pedesaan dan penyandang disabilitas, serta kesetaraan respon kesehatan.
    Terbentur Pandangan Kulrural
    Diminta pandangannya soal peran perempuan di Indonesia, menurut Maudy, perempuan memiliki kontribusi yang besar di masyarakat. Namun, dia melihat, dalam upaya mengatualisasi diri, perempuan Indonesia terbentur pandangan kultural.
    "Misalnya dari pengalaman saya sendiri, ketika hendak kuliah di luar negeri, ada saja yang ngomong "ngapain sekolah tinggi-tinggi kalau nanti akhirnya di rumah saja." Atau anggapan yang mengatakan perempuan tidak perlu berkontribusi sebesar itu. Ini sebenarnya masuk ke alam bawah sadar dan mempengaruhi mindset dan kondisi emosinal saya," tuturnya.


    Pada titik ini, lanjut Maudy, Dia ingin mengajak para perempuan di Indonesia untuk -apa yang ia sebut sebagai- kemandirian, bukan hanya kemandirian secara finansial melainkan juga kemandirian berpikir.
    "Saya ingin mengajak para perempuan di luar sana untuk mandiri, bukan hanya kemandirian yang tipikal, maksudnya finansial, tapi kemandirian dalam berpikir juga," katanya.
    Proses mencerdaskan diri, kata Maudy, merupakan sebuah aksi yang sangat powerful bagi perempuan. Maka dari itu, ia mendorong para perempuan untuk memmiliki target dalam menempuh pendidikannya. Dengan begitu, akan ada terobosan dari setiap individu untuk dirinya.
    Menurut Maudy, kemandirian berpikir seseorang didapatkan melalui pendidikan. Sebab proses berpikir yang sistemis itu, tambahnya, tidak didapatkan dengan sendirinya, melainkan melalui bacaan, berbicara dengan orang lain, membuka diri terhadap beragam perspektif dan lain-lain.
    "Saya rasa kita akan mendapatkan kekuatan lebih di situ untuk bisa memiliki opini-opini sendiri, juga tidak terbawa alur-alur atau ekspektasi atau beban-beban di luar sana yang mungkin akhirnya, merugikan perempuan," tutupnya. (Dpri)




     
    Berita Lainnya :
  • Peduli Palestina, KNRPP Salurkan Infak Kemanusiaan Lewat BAZNAS RI
  • Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
  • Service di Auto2000 Berhadiah Sepeda Motor Matik Honda BeAT
  • Baznas Salurkan 137 Ribu Paket Beras Zakat Fitrah hingga Pelosok Indonesia
  • Smartfren Community Gelar Program Santri Ngonten 100% Kebaikan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Peduli Palestina, KNRPP Salurkan Infak Kemanusiaan Lewat BAZNAS RI
    02 Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
    03 Service di Auto2000 Berhadiah Sepeda Motor Matik Honda BeAT
    04 Baznas Salurkan 137 Ribu Paket Beras Zakat Fitrah hingga Pelosok Indonesia
    05 Smartfren Community Gelar Program Santri Ngonten 100% Kebaikan
    06 Ramadhan, BAZNAS Bersama INH Bagikan Hidangan Untuk Warga Palestina
    07 Wings Care Rilis So Fresh Minyak Angin Aromatherapy Anti Tepar Saat Mudik Lebaran
    08 Bulan Ramadan, Bank Muamalat dan BMM Gelar Aksi Sosial
    09 JES Bagikan 100 Paket Sembako Untuk Masyarakat Kurang Mampu
    10 Baznas bersama Mitratel Salurkan Paket Ramadhan dan Buka Puasa di 11 Wilayah
    11 Melalui Program “Berbagi Keberkahan Ramadhan 1445 H” AASI Salurkan Donasi Sosial 250 Juta
    12 Bangun Kebersamaan, KPN Corp Selenggarakan Acara Buka Puasa Bersama
    13 Auto2000 Operasikan 9 Posko dan 115 Bengkel Siaga 24 Jam
    14 Musim Mudik Lebaran 2024, Baznas Buka 28 Titik Pos Mudik Siaga
    15 Baznas dan Tokopedia Bagikan 5 Tips Kelola THR dengan Bijak
    16 Bulan Ramadan, Kecap Sedaap Gelar Program Berbagi di 5 Titik lokasi Jakarta dan Bandung
    17 BAZNAS Bersama TNI AL Gelar Buka Puasa Bersama Ojol dan Masyarakat Pesisir di Marunda
    18 Blibli XPO Bandung, Tawarkan Promo Smartphone dan Gadget Hingga Rp5,2 Juta
    19 Sambut Lebaran, Supersol Bersihkan Ikon Wisata Religi Provinsi Banten
    20 Sekarang! Beli Tiket XXI Makin Mudah dengan DANA
    21 Menjelang Lebaran Baznas RI Salurkan Zakat Fitrah kepada 250 Mustahik di Kampung Mongol Bogor
    22 Tokopedia Berikan Tips Mudik Lebaran dengan Aman dan Nyaman
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS