Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
ASN Kemenkumham Salurkan Zakat Fitrah Rp1,1 Miliar ke-BAZNAS
Senin, 25-04-2022 - 21:37:24 WIB
TERKAIT:
 
  • ASN Kemenkumham Salurkan Zakat Fitrah Rp1,1 Miliar ke-BAZNAS
  •  

    Secara simbolis penyaluran zakat fitrah seluruh ASN Kemenkumham seluruh Indonesia, Rp1,1 Miliar oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM, Prof. Edward O.S Hiariej kepada Wakil Ketua BAZNAS RI, Mokhamad Mahdum, di Gedung Kemenkumham, Jakarta, Senin (25/4/2022). (Doc.BAZNAS)


    SinggalangNews.com, Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menerima penyaluran zakat fitrah seluruh ASN Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) seluruh Indonesia, di Gedung Kemenkumham, Jakarta, Senin (25/4/2022).


    Total zakat fitrah yang terkumpul mencapai Rp1.199.253.231, dan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM, Prof. Edward O.S Hiariej kepada Wakil Ketua BAZNAS RI, Mokhamad Mahdum.


    Dalam sambutannya, Mokhamad Mahdum menyambut baik penyaluran zakat fitrah dari ASN Kemenkumham yang disebutnya dapat memberikan manfaat dan keberkahan.


    "Kami sangat bersyukur, mudah-mudahan zakat fitrah ini menjadi penyuci bapak/ibu semua ibadah puasanya diterima. Kami mengucapkan terima kasih, semoga Allah yang membalas kebaikannya," kata Mahdum.


    Mahdum menambahkan, pemberian zakat fitrah ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo yang mengimbau untuk menyalurkan zakat melalui BAZNAS. Sehingga, potensi zakat di Tanah Air dapat tercapai, sekaligus sebagai upaya menguatkan peran zakat dalam mengentaskan kemiskinan.


    "Dapat kami laporkan sejak dicanangkan Bapak Presiden Joko Widodo tahun lalu dan juga tahun ini, kembali Presiden membayar zakatnya di Istana, alhamdulillah pengumpulan zakat di BAZNAS terus mengalami peningkatan. Jadi dapat kami sampaikan dukungan dari Bapak Presiden dan para menteri berdampak pada peningkatan pengelolaan zakat di Indonesia," kata Mahdum.


    Melalui zakat yang disalurkan, Mahdum berharap dapat menjadi kebiasaan dan teladan baik di kalangan masyarakat. Pasalnya, semakin banyak zakat yang diberikan, maka semakin banyak yang akan terbantu melalui berbagai program yang dicanangkan BAZNAS, sehingga kesejahteraan masyarakat rentan akan tercapai.


    "Alhamdulillah, mudah-mudahan dengan adanya pembayaran zakat fitrah oleh seluruh ASN di lingkungan Kemenkumham akan menjadi kebiasaan untuk menunaikan zakat-zakat lainnya.


    Sementara itu, Wakil Menteri Hukum dan HAM, Prof. Edward O.S Hiariej menyampaikan apresiasinya kepada jajaran ASN di Kemenkumham yang telah menunaikan zakatnya. Dia mengatakan, zakat yang ditunaikan dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.


    Pada kesempatan ini saya atas nama pimpinan kementerian Kemenkumham ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kemenkumham yang telah menunaikan kewajiban rukun Islam yaitu dengan berzakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).


    Zakat merupakan salah satu kewajiban bagi umat Muslim, di sisi lain juga memberikan dampak sosial yang positif dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh saudara-saudara yang kurang beruntung dari segi ekonominya, ujarnya.


    Penyaluran zakat ini juga sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo melalui Gerakan Cinta Zakat serta Nusantara Cinta Zakat yang digaungkan Ramadhan kali ini, guna mendorong partisipasi masyarakat untuk meningkatkan zakat, infak, dan sedekah, serta memastikan penyalurannya tepat sasaran sampai kepada masyarakat yang membutuhkan.


    Bapak Presiden juga mengimbau kepada seluruh pejabat negara,BUMN, swasta, kepala daerah untuk menunaikan zakat melalui lembaga zakat resmi untuk membantu mewujudkan kesejahteraan dan juga memberikan keberkahan. Tentunya hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan SDGs.


    Pimpinan Kemenkumham juga mengimbau kepada seluruh pegawai Kemenkumham untuk menunaikan kewajiban zakatnya, berbagi rezeki dan kebahagiaan melalui BAZNAS, sehingga dana zakat dapat dikelola dengan lebih baik serta dapat berdampak dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, kata Edward.


    Dia pun berharap dana zakat yang disalurkan dapat berguna untuk mereka yang mengalami kesulitan imbas pandemi Covid-19, yang telah terjadi sejak dua tahun terakhir. Menurutnya, pandemi telah menyasar berbagai sendi kehidupan masyarakat. Maka sudah selayaknya saling membantu untuk bersama bangkit dari keterpurukan, terutama di sektor ekonomi keluarga rentan.


    Dan kami mengajak kepada muzaki, para UPZ-nya untuk menyalurkan zakatnya kepada BAZNAS supaya lebih aman dan dapat disalurkan secara tepat sasaran kepada mustahik. Jumlah total zakat hingga 25 April 2022 total zakat sebesar Rp1.199.253.231, tambahnya.


    Semoga zakat yang kita keluarkan ini dapat menyempurnakan puasa kita, menyempurnakan ketaatan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT dan utamanya bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya. (sm_r)




     
    Berita Lainnya :
  • Kunjungi Donggala, Mendag Zulkifli Hasan: Pastikan Fokusnya Bukan Hanya Pulau Jawa
  • Ini Penjelasan MUI Tentang Hewan Kurban Terkena Wabah PMK , Amankah?
  • Yayasan Wings Peduli Bersama Pemkot Surabaya Pasang Trash Boom di 5 Titik
  • realme GT NEO 3 Usung Triple Chip Paling Ngebut Untuk Gaming
  • Dirut Bank Nagari Dukung Program HIPMI Sumatera Barat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kunjungi Donggala, Mendag Zulkifli Hasan: Pastikan Fokusnya Bukan Hanya Pulau Jawa
    02 Ini Penjelasan MUI Tentang Hewan Kurban Terkena Wabah PMK , Amankah?
    03 Yayasan Wings Peduli Bersama Pemkot Surabaya Pasang Trash Boom di 5 Titik
    04 realme GT NEO 3 Usung Triple Chip Paling Ngebut Untuk Gaming
    05 Dirut Bank Nagari Dukung Program HIPMI Sumatera Barat
    06 Pemkot Pariaman akan Upayakan Pembangunan Perpustakaan Daerah yang Representatif
    07 LPPOM MUI: Kewajiban Sertifikasi Halal Tingkatkan Daya Saing Bisnis
    08 Bertemu Duta Besar Amerika Serikat, Mendag Zulhas: Sepakat Pererat Hubungan Ekonomi di Kawasan
    09 Indopos Gelar FGD, Jakarta Punya Hajat Ekonomi Semakin Stabil
    10 BSI Pimpin Pembiayaan Sindikasi Syariah Rp1,34 T Proyek Tol Semarang-Demak
    11 Potensi Ekonomi Kurban Online BAZNAS Menjangkau Ujung Negeri
    12 Pembeli Pertalite dan Solar Tak Lagi Bisa Bebas
    13 Pengamat Politik Lokal: DOB Papua Demi Kepentingan Integrasi Nasional
    14 Lembaga Masyarakat Adat Papua Dukung DOB Provinsi Papua
    15 Huawei Indonesia Luncurkan HUAWEI Band 7 Layaknya Smartwatch
    16 Tim BAZNAS Bantu Korban Bencana Longsor dan Banjir Bandang di Leuwiliang Bogor
    17 Jagokan Wisata Edukasi Subak Desa Kertalangu, Denpasar Raih Penghargaan Promosi Desa Wisata Nusanta
    18 Pastikan Stok Migor Curah Aman, Mendag Zulhas Sidak Stock Point
    19 Wehelpyou Buy & Sell Ajak UMKM Bangkit Bersama Go Digital
    20 Sukseskan Layanan Kurban Online BAZNAS dan CIMB Niaga Syariah Berkolaborasi
    21 Kongres XXI IAI Untuk Praktek Profesi Berkualitas dan Kesehatan Masyarakat Paripurna
    22 Webinar, Unilever Indonesia Dorong Tenaga Kerja Masa Depan
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS