Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Ramadhan 2022 : BAZNAS Targetkan Penyaluran Dana ZIS Berikan Manfaat 265 Ribu Mustahik
Rabu, 09-03-2022 - 18:00:26 WIB
TERKAIT:
 
  • Ramadhan 2022 : BAZNAS Targetkan Penyaluran Dana ZIS Berikan Manfaat 265 Ribu Mustahik
  •  

    Peluncuran Program Ramadhan 2022-1443 H.BAZNAS menargetkan menghimpun zakat umat sebesar Rp300 miliar, dan secara nasional, BAZNAS memiliki target dapat mengumpulkan zakat sebesar Rp7 triliun, Rabu (9/3/2022). (Doc.BAZNAS)


    SinggalangNews.com, Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menargetkan untuk menyalurkan dana Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) pada Ramadhan 2022 kepada lebih dari 265 ribu mustahik. Penyaluran ZIS ini dikemas dalam 13 program unggulan yang diselenggarakan sepanjang Bulan Ramadan 1443 H.


    Ramadhan tahun ini menjadi momen untuk melakukan recovery secara bersama-sama. Jadi 13 program Ramadhan yang hari ini digulirkan itu, seluruhnya diorientasikan untuk mengembalikan situasi mustahik pada situasi normal yakni intervensi ekonomi, intervensi pendidikan, dan intervensi sosial.


    Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, Rabu (9/3/2022) mengatakan, "Ada 13 program yang telah kami siapkan untuk Ramadhan tahun ini, di antaranya Paket Logistik Keluarga, Bank Makanan, Renovasi Rutilahu, Bedah Musholla, Teras Sehat Pesantren, Penyaluran Zakat Fitrah, Pembiayaan Mikro, Sapa Mustahik, Beasiswa Persiapan Kedinasan, pemberdayaan bengkel Z-Auto, Respons Darurat Mustahik, Pemberian Usaha ZChicken, Pembiayaan Mikro, dan Program ZMart."


    BAZNAS juga akan menjalin kerja sama program Ramadhan dengan King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KSRelief) dalam bentuk penyaluran sembako.


    "Bukan hanya ekonomi, dunia pendidikan kita juga mendapat kabar baik. Yaitu dengan peluncuran program 17 ribu beasiswa kerja sama BAZNAS dan BUMN. Alhamdulillah," ungkap Noor.


    Selain itu, BAZNAS juga menargetkan akan menghimpun zakat umat pada Ramadhan 2022 sebesar Rp300 miliar. Sementara untuk tingkat nasional, BAZNAS memiliki target dapat mengumpulkan zakat sebesar Rp7 triliun.


    Berharap target itu dapat tercapai. Apalagi penghimpunan zakat BAZNAS terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Hal ini tentu tak lepas dari rasa saling tolong menolong dan saling memberi yang telah tertanam di masyarakat kita, terlebih saat bulan suci Ramadhan, ujar Noor.


    Guna mewujudkan target yang dicanangkan, BAZNAS terus melakukan inovasi guna memberi kemudahan untuk masyarakat menunaikan zakatnya. Kini BAZNAS makin melebarkan sayapnya, dengan menjalin kerja sama bersama berbagai platform dan ritel. Upaya digitalisasi terus didorong BAZNAS demi mengoptimalkan kemudahan berzakat bagi masyarakat di mana pun berada.


    "Semakin mudah masyarakat menunaikan zakatnya, maka kami yakin semakin tinggi pula penghimpunan zakat BAZNAS. Hal itu juga akan berdampak baik kepada semakin banyak asnaf yang mendapatkan manfaat zakat," kata Noor.


    Selain itu, pada tahun ini BAZNAS juga mengeluarkan berbagai inovasi baru. Salah satu yang terbaru adalah layanan konsultasi zakat melalui dunia metaverse. Muzaki akan diajak menyelami pengalaman baru dalam berinteraksi dengan petugas layanan, khususnya dalam berkonsultasi terkait zakat dan kemudahan pembayaran ZIS di BAZNAS.


    Inovasi baru lainnya yakni mengoptimalisasi pengelolaan layanan muzaki secara nasional melalui BAZNAS daerah. Program ini akan berfokus pada layanan omnichannel dan notifikasi pada 100 BAZNAS daerah.


    Layanan omnichannel atau muzaki care platform ini mengintegrasikan pesan dari beragam kanal (email dan WhatsApp) berada pada satu dashboard. Adapun Layanan notifikasi WhatsApp merupakan pelayanan notifikasi penerimaan ZIS yang akan dikirimkan oleh BAZNAS berisi doa ZIS dan link untuk Bukti Setoran Zakat.


    BAZNAS juga memiliki program baru bernama Interactive Voice Response (IVR) Ramadhan, yakni sistem panggilan suara otomatis dari nomor kantor BAZNAS, dengan durasi 1 menit yang akan dikirimkan kepada muzaki BAZNAS. IVR ini akan disampaikan kepada muzaki dalam dua waktu berbeda, yakni ketika sahur sebagai pengingat sahur dan penyampaian hadist sebelum adzan Magrib.


    Noor menambahkan, ada juga private class yang ditujukan kepada muzaki BAZNAS yang ingin memperdalam membaca Al-Quran secara private dipandu oleh pengajar BAZNAS. Agar muzaki mengetahui ke mana zakatnya disalurkan, BAZNAS juga akan menyampaikan video berdurasi satu menit dan menyapa muzaki secara personal.


    BAZNAS optimistis kesadaran berzakat berbagai lapisan masyarakat sangat membantu mereka yang membutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan, serta dapat menyelesaikan masalah kemiskinan di Indonesia akibat dampak Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir, pungkasnya. (sm_r)




     
    Berita Lainnya :
  • Rayakan Milad Ke-32th, Bank Muamalat Luncurkan Program Menabung Berhadiah Umrah
  • Acer Menjadi Solusi dan Transformasi Platform Komunitas Pendidik Guraru
  • Atas Kepercayaan Masyarakat: Pengumpulan ZIS BAZNAS pada Ramadhan 2024 tembus Rp447,9 M
  • Beli Tiket PEVS 2024 di PLN Mobile dapat Diskon Tambah Daya 60%
  • Mobil Listrik Neta V-II Meluncur di Pameran PEVS 2024 Seharga Rp200 Jutaan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Rayakan Milad Ke-32th, Bank Muamalat Luncurkan Program Menabung Berhadiah Umrah
    02 Acer Menjadi Solusi dan Transformasi Platform Komunitas Pendidik Guraru
    03 Atas Kepercayaan Masyarakat: Pengumpulan ZIS BAZNAS pada Ramadhan 2024 tembus Rp447,9 M
    04 Beli Tiket PEVS 2024 di PLN Mobile dapat Diskon Tambah Daya 60%
    05 Mobil Listrik Neta V-II Meluncur di Pameran PEVS 2024 Seharga Rp200 Jutaan
    06 PEVS 2024: Tampilkan Beragam Aktivitas Komunitas Pengguna Kendaraan Listrik
    07 Ajang PEVS 2024, PLN Tampilkan Kesiapan Ekosistem EV di Indonesia
    08 Ofero Bangun Strategi dan Kenalkan Battery Lithium dan Unit Terbaru
    09 Perluas Layanan Keuangan Digital, DANA dan Jalin Bangun Kerjasama
    10 BAZNAS Bersama Muhammadiyah Gulirkan Program Pengembangan SDM Unggul
    11 Belajar dari Jepang, Sosialisasi Stranas Bisnis dan HAM di Indonesia Harus Masif
    12 Bus Hino RM 280 ABS Siap Menjadi Andalan Transportasi di Kalteng
    13 BAZNAS Tanggap Bencana Respons Cepat Bantu Korban Gempa Garut
    14 Membasuh Luka Palestina, Bareksa Salurkan Infak Palestina Melalui BAZNAS RI
    15 Yayasan Solidaritas Insan Peduli Salurkan Infak Palestina Rp250 Juta melalui BAZNAS RI
    16 AASI Beri Kuliah Umum Literasi Asuransi Syariah di UNTAD Palu
    17 Samsung Umumkan Ketersediaan Opsi Bahasa Indonesia Galaxy AI di Galaxy S24 Series
    18 Bangun Masa Depan, BAZNAS RI Berikan Pembinaan Karir bagi Peserta Beasiswa Cendekia
    19 Shop | Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Masa Ramadan-Lebaran 2024
    20 Shopee bersama Vidi Aldiano Kenalkan Program Garansi Tepat Waktu Kepada Pengguna
    21 Kemenag: BAZNAS RI Berperan Tingkatkan Kualitas Hidup Mustahik
    22 Hindari Pinjol Ilegal, UOB Dukung Literasi Keuangan Untuk Generasi Muda
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS