Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
BAZNAS Menggelar Konferensi Zakat Internasional ke-5 (ICONZ) 2021
Rabu, 24-11-2021 - 14:34:27 WIB
TERKAIT:
 
  • BAZNAS Menggelar Konferensi Zakat Internasional ke-5 (ICONZ) 2021
  •  

    SinggalangNews.com, Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kembali menggelar Konferensi Zakat Internasional ke-5 atau The 5th International Conference of Zakat (ICONZ) 2021 yang digelar secara daring dan disiarkan langsung melalui kanal youtube BAZNAS TV pada 22-23 November 2021.


    Konferensi tersebut mengangkat tema “Digital Transformation of Zakat, Building Resiliency and Prosperity of Ummah in Times of COVID-19”. Konferensi zakat bergengsi ini diselenggarakan bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS RI), Kementerian Agama Republik Indonesia (KEMENAG RI), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Syarif Hidayatullah), Jakarta, dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), Jakarta.


    Acara the 5th ICONZ resmi dibuka oleh Ketua BAZNAS Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, dan Ketua Komisi VIII DPR RI H. Yandri Susanto, S.Pt.  Kemudian, kata sambutan disampaikan oleh Gubernur Provinsi Jakarta Anies Rasyid Baswedan.,Ph.D, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Amany Lubis, MA, dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Prof. Dr. H. Gunawan Suryoputro, M.Hum.


    "Saat ini penelitian terkait transformasi digital pada OPZ masih sangat terbatas. Padahal, penelitian tentang digitalisasi di lembaga zakat sangatlah penting agar lembaga zakat dapat segera mengakselerasi dalam mengadopsi teknologi digital di tengah pandemi," ujar Ketua BAZNAS Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA.


    Oleh karena itu, the 5th ICONZ menginisiasi suatu platform ilmiah untuk mendiskusikan transformasi digital OPZ dan bagaimana transformasi digital tersebut dilakukan serta masalah-masalah yang dihadapi oleh lembaga zakat dalam proses transformasi digital.


    "Digitalisasi mampu meningkatkan keamanan pengumpulan dan pengelolaan zakat. Digitalisasi tentu akan mengurangi biaya yang selama ini dikeluarkan dalam transaksi," jelasnya.


    Prof Noor berharap, the 5th ICONZ dapat melahirkan rekomendasi yang dapat diterapkan dalam manajemen OPZ agar pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan dana zakat dapat membangun ketahanan masyarakat khususnya mustahik di tengah pandemi dan juga membuka peluang kesejahteraan bagi para mustahik.


    "Kami juga berharap kegiatan ini menjadi penguat literasi zakat bagi masyarakat umum," kata Prof Noor.


    Konferensi diselenggarakan secara online melalui platform Zoom Meeting. Sebanyak 500 peserta yang hadir berasal dari BAZNAS Daerah, LAZ, para akademisi dari berbagai Universitas, serta masyarakat umum turut meramaikan acara sesi plenary.


    The 5th ICONZ turut mengundang para akademisi dan peneliti dari berbagai universitas terkemuka di Indonesia untuk mempresentasikan penelitian mereka yang berkaitan dengan tema utama The 5th ICONZ 2021.


    Pegelaran The 5th International Conference of Zakat (ICONZ) 2021 menghadirkan para narasumber terbaik dibidangnya untuk berbagi pengalaman dalam pembahasan plenary session, diantaranya: Mokhamad Mahdum SE, MIDEc, AK, CA, CPA, CWM (Wakil Ketua BAZNAS), Ir. H. Muhamad Nadratuzzaman Hosen, MS.MEc,Ph.D (Komissioner BAZNAS), Prof. Dr. Hilman Latief (Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI), Firman Zainal Abidin,M.Ak. (Ketua Badan Pengurus BMH), Muhammad Faris Afif (Lead Islamic Social Finance Link Aja).


    Selain itu turut hadir juga, Prof. Mohammad Kabir Hassan (University of New Orleans, USA), Dr. Ayub Miah (CZM, Bangladesh), M. Irfan Sukmana (Islamic Economics Education & Socialization Coordinator, Bank Indonesia), Dr. Yulizar D. Sanrego (DSN-MUI), Muhammad Lawal Maidoki (Sokoto Zakat and Endowment Commission), Dr Abid Smerat (Shunduq Zakat Jordan) dan Dr. Oni Sahroni, M.A. (DSN-MUI).


    Pada 2020-2024 penguatan tata kelola zakat telah ditetapkan sebagai bagian dari rencana strategis Pemerintah Republik Indonesia. Penguatan kelembagaan transformasi digital fasilitasi akses publik dalam menunaikan zakat, dan penguatan pengawas adalah sederet fokus yang kini tengah ditingkatkan.


    Berharap pada The 5th ICONZ 2021 dapat menciptakan ide-ide pioner dan memberikan dampak yang positif dalam mendukung peningkatan ekosistem zakat nasional, secara digital dan menjangkau masyarakat yang lebih luas. (sm_r)




     
    Berita Lainnya :
  • ReSkills Berdayakan Masyarakat Lewat Charity Learning Festival 2.0
  • BSI dan BSMU Kirim Tenaga Medis dan Sembako ke Lokasi
  • BAZNAS Ajak Masyarakat Bersedekah Lewat Lembaga Zakat Resmi
  • BPBD Sumbar Siaga Darurat Bencana Hingga 31 Desember 2021
  • Menurut Pusat Kajian BAZNAS, 20 Ribu Orang Miskin Kena Erupsi Semeru
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 ReSkills Berdayakan Masyarakat Lewat Charity Learning Festival 2.0
    02 BSI dan BSMU Kirim Tenaga Medis dan Sembako ke Lokasi
    03 BAZNAS Ajak Masyarakat Bersedekah Lewat Lembaga Zakat Resmi
    04 BPBD Sumbar Siaga Darurat Bencana Hingga 31 Desember 2021
    05 Menurut Pusat Kajian BAZNAS, 20 Ribu Orang Miskin Kena Erupsi Semeru
    06 BAZNAS Bangun Pos Kesehatan Korban Erupsi Gunung Semeru
    07 Ketua BAZNAS RI : Ajak Gerakan Zakat Bantu Korban Erupsi Semeru
    08 Unboxing Samsung Galaxy A52, Ponsel Rasa Flagship Rp4 Jutaan
    09 BAZNAS Terjunkan Tim Tanggap Bencana
    10 Roche Indonesia Bersama MRCCC Siloam Gelar Forum Diskusi Interaktif
    11 Wujudkan Kualitas SDM, BSI dan Yayasan BSMU Luncurkan Beasiswa Scholarship
    12 Samsung Galaxy A52 Jadi Ponsel Kreativitas Anak Muda Tanpa Batas
    13 Royalti! Masih Pura-Pura Baik-Baik Saja, Kawan-Kawan Musisi?
    14 Makuku Family Gelar Webinar Penggunaan Popok Pada Anak
    15 Meriahkan Harbolnas 2021, Blibli Hadirkan Dikagetin Histeria 12.12
    16 Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal 2021 dan Tahun Baru 2022
    17 Pegiat Zakat dari 37 Negara Hadiri Konferensi Internasional WZF 2021
    18 Samsung Galaxy A32 Smartphone Awesome dengan Fitur Mumpuni
    19 Perluas Jaringan, BCA Syariah Resmikan Kantor Baru di Banyuwangi
    20 Canon Luncurkan EOS R3, Kamera Flagship Mirrorless Full-frame
    21 RiaMiranda Gelar Annual Show 2022
    22 BAZNAS Luncurkan Program Balai Ternak Kelompok Unggas Jateng
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS