Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Dukung Pendidikan BAZNAS Berikan Beasiswa Peserta STQ Nasional 2021
Sabtu, 23-10-2021 - 21:01:02 WIB
Cerdaskan anak bangsa BAZNAS berikan beasiswa kepada seluruh peserta Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke XXVI di Sofifi, Provinsi Maluku Utara, Jumat (22/10). (Doc.BAZNAS)
TERKAIT:
 
  • Dukung Pendidikan BAZNAS Berikan Beasiswa Peserta STQ Nasional 2021
  •  

    SinggalangNews.com, Jakarta - Dalam mendukung pendidikan putra-putri Indonesia, BAZNAS memberikan bantuan beasiswa kepada seluruh santri peserta Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke XXVI yang diselenggarakan di Sofifi, Provinsi Maluku Utara pada 16-22 Oktober 2021.


    Beasiswa secara simbolis diserahkan Pimpinan BAZNAS RI sekaligus Dirjen Bimas Islam Prof. Dr Phil Kamarudin Amin, MA dalam penutupan STQ Nasional di Sofifi, Provinsi Maluku Utara, Jumat malam (22/10/2021).


    Beasiswa yang diberikan senilai Rp384.500.000 dan diperuntukkan bagi 589 peserta. Adapun rinciannya, 180 peserta kategori dewasa dan masing-masing memperoleh Rp1.000.000/peserta, dan 409 peserta kategori pelajar dan masing-masing menerima Rp500.000/peserta.


    Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, MA mengatakan program beasiswa bagi santri peserta STQ Nasional Tahun 2021 ini sebagai bentuk apresiasi setinggi-tingginya kepada para peserta untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya kemampuan dalam Ilmu Al Quran.


    "Beasiswa santri peserta STQ Nasional tahun 2021 ini merupakan salah satu ikhtiar BAZNAS untuk menyejahterakan umat, salah satunya melalui pendidikan, khususnya bidang keagamaan," ujar Saidah.


    Melalui program beasiswa peserta STQ Nasional ini, BAZNAS memperkuat komitmen untuk membantu meningkatkan pendidikan anak Indonesia, khususnya dalam Ilmu Al Quran.


    Program ini memberikan dukungan kepada mereka yang memiliki keinginan dan cita-cita kuat untuk menjadi tahfidz Al Quran dan ahli agama melalui program beasiswa santri dan Ma’had Aly yang kami sediakan. Kami juga sebelumnya membuka Beasiswa Cendekia BAZNAS bekerja sama dengan 101 kampus mitra beasiswa di seluruh Indonesia, ujar Saidah.


    Dalam penyaluran beasiswa ini, menurut Saidah, BAZNAS tetap mengedepankan tiga aman; aman regulasi, aman syar'i dan aman NKRI. Serta memastikan tatakelola yang sesuai dengan syariah dan tepat sasaran.


    Semoga program beasiswa bagi santri peserta STQ Nasional yang kami berikan ini mendapat maslahat dan manfaat, membawa dampak yang baik bagi semua peserta guna memperdalam Al Quran.


    Disampaikan Pimpinan BAZNAS RI sekaligus Dirjen Bimas Islam Prof. Dr Phil Kamarudin Amin, MA, dalam pelaksanaan STQ bertujuan mendekatkan jiwa umat Islam kepada Al Quran dan semangat membaca, mempelajari dan mengamalkan nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.


    "STQ juga menjadi tempat bertemunya para ahli Al Quran untuk bersilaturahmi dan bertukar informasi dan pemikiran," ungkapnya.


    Menurutnya STQ memiliki peran strategis dalam mendekatkan masyarakat dengan Al Quran dan meningkatkan pemahaman akan isinya. STQ juga mendorong gairah pendidikan Islam, Al Quran dan hadis di Tanah Air, sehingga lahir penghafal Al Quran dan hadis.


    Ia menilai momentum STQ mampu mendorong karakter dan perilaku masyarakat yang sesuai dengan ajaran al Quran dan hadis yang mendukung masyarakat muslim yang memiliki akhlak sesuai Al Quran.


    STQ ke XXVI yang diselenggarakan di Sofifi, Provinsi Maluku Utara pada 16-22 Oktober 2021 secara resmi ditutup Wakil Menteri Agama Zainud Tauhid Saadi, Jumat malam (22/10/2021).


    Provinsi DKI Jakarta sebagai juara umum, disusul Jawa Timur, Sumatera Utara, Banten, Riau, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat dan Papua.


    Pelaksanaan STQ Nasional XXVI 2021 diikuti 589 peserta dari seluruh provinsi di Tanah Air. STQ Nasional memiliki empat cabang dan 10 golongan. Cabang tersebut yaitu tilawah terdiri dari golongan dewasa putra putri dan anak-anak putra putri.


    Kemudian Cabang Tahfidz ada lima golongan yaitu tahfidz 1 juz, 5 juz, 10 juz dan 30 juz masing-masing putra putri. Cabang Tafsir bahasa Arab putra putri dan cabang Hadist terdiri dua golongan 100 hadist pakai sanad dan 500 hadist tanpa sanad putra putri. (sm_r)




     
    Berita Lainnya :
  • ReSkills Berdayakan Masyarakat Lewat Charity Learning Festival 2.0
  • BSI dan BSMU Kirim Tenaga Medis dan Sembako ke Lokasi
  • BAZNAS Ajak Masyarakat Bersedekah Lewat Lembaga Zakat Resmi
  • BPBD Sumbar Siaga Darurat Bencana Hingga 31 Desember 2021
  • Menurut Pusat Kajian BAZNAS, 20 Ribu Orang Miskin Kena Erupsi Semeru
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 ReSkills Berdayakan Masyarakat Lewat Charity Learning Festival 2.0
    02 BSI dan BSMU Kirim Tenaga Medis dan Sembako ke Lokasi
    03 BAZNAS Ajak Masyarakat Bersedekah Lewat Lembaga Zakat Resmi
    04 BPBD Sumbar Siaga Darurat Bencana Hingga 31 Desember 2021
    05 Menurut Pusat Kajian BAZNAS, 20 Ribu Orang Miskin Kena Erupsi Semeru
    06 BAZNAS Bangun Pos Kesehatan Korban Erupsi Gunung Semeru
    07 Ketua BAZNAS RI : Ajak Gerakan Zakat Bantu Korban Erupsi Semeru
    08 Unboxing Samsung Galaxy A52, Ponsel Rasa Flagship Rp4 Jutaan
    09 BAZNAS Terjunkan Tim Tanggap Bencana
    10 Roche Indonesia Bersama MRCCC Siloam Gelar Forum Diskusi Interaktif
    11 Wujudkan Kualitas SDM, BSI dan Yayasan BSMU Luncurkan Beasiswa Scholarship
    12 Samsung Galaxy A52 Jadi Ponsel Kreativitas Anak Muda Tanpa Batas
    13 Royalti! Masih Pura-Pura Baik-Baik Saja, Kawan-Kawan Musisi?
    14 Makuku Family Gelar Webinar Penggunaan Popok Pada Anak
    15 Meriahkan Harbolnas 2021, Blibli Hadirkan Dikagetin Histeria 12.12
    16 Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal 2021 dan Tahun Baru 2022
    17 Pegiat Zakat dari 37 Negara Hadiri Konferensi Internasional WZF 2021
    18 Samsung Galaxy A32 Smartphone Awesome dengan Fitur Mumpuni
    19 Perluas Jaringan, BCA Syariah Resmikan Kantor Baru di Banyuwangi
    20 Canon Luncurkan EOS R3, Kamera Flagship Mirrorless Full-frame
    21 RiaMiranda Gelar Annual Show 2022
    22 BAZNAS Luncurkan Program Balai Ternak Kelompok Unggas Jateng
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS