Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Perluas Jaringan Perbankan Syariah Daerah BSI Gandeng BPD
Jumat, 15-10-2021 - 21:47:36 WIB
Usai penandatanganan kerja sama terkait bisnis dan transfer knowledge antara BSI dengan BPD Riau Kepri dan Bank DKI Unit Usaha Syariah di gedung The Tower, Jakarta Jumat (15/10). (Ist)
TERKAIT:
 
  • Perluas Jaringan Perbankan Syariah Daerah BSI Gandeng BPD
  •  

    SinggalangNews.com, Jakarta - Perluas penetrasi perbankan syariah di daerah, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menandatangani nota kesepahaman terkait bisnis dan transfer knowledge dengan dua Bank Pembangunan Daerah (BPD), yaitu BPD Riau Kepri dan Bank DKI Unit Usaha Syariah.


    Dalam penandatangan tersebut dihadiri perwakilan dari Asosiasi Bank Daerah (Asbanda), ketua bidang perbankan Syariah Haizir Sulaiman yang saat ini juga menjabat sebagai Direktur Utama Bank Aceh Syariah.


    Lingkup nota kesepahaman bisnis mencakup layanan jasa dan produk perbankan syariah yang meliputi treasury, international, commercial/trade finance, remittance, custodian, joint financing/sindikasi, dana pensiun, bank note, Hasanah Card dan pembukaan rekening nostro/vostro.


    Sementara kerja sama dalam bentuk transfer knowledge terkait teknologi informasi, pengetahuan produk perbankan dan operasional yang berhubungan dengan perbankan syariah.


    Dalam acara penandatanganan kerja sama, Direktur Finance and Strategy Bank Syariah Indonesia Ade Cahyo Nugroho Jumat (15/10) mengatakan, bahwa melalui semangat empowering atau tumbuh bersama, BSI selalu siap bersinergi dan bermitra dengan BPD Syariah  dan Unit Usaha Syariah dalam mengembangkan produk dan  meningkatkan  layanannya.


    “Kolaborasi dengan berbagai pihak khususnya BPD, menjadi keharusan agar penetrasi perbankan syariah semakin luas. Mengingat literasi perbankan dan keuangan syariah yang masih kecil dan harus terus ditingkatkan,”ujar Ade Cahyo.


    BSI akan terus mengadakan kolaborasi dengan BPD-BPD lain, agar BSI bisa memberikan manfaat yang lebih luas ke seluruh daerah di Indonesia. Tanpa kolaborasi, BSI tidak bisa masuk dalam 10 besar bank di Indonesia. Oleh karena itu Ade menegaskan kolaborasi adalah pilihan yang harus dilakukan.


    Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama BPD Riau Kepri Andi Buchari mengatakan melalui kerja sama dengan BSI pihaknya berharap dapat ikut serta secara aktif dalam memperluas pembangunan ekonomi syariah di Indonesia.


    Ke depan, pihaknya berharap ada kerja sama di bidang lain dengan BSI untuk terus melayani masyarakat dengan layanan perbankan dan keuangan syariah yang lebih beragam khususnya di Riau dan Kepri. Andi juga menyampaikan kerja sama ini seiring dengan langkah BPD Riau Kepri yang saat ini sedang dalam proses konversi menuju bank syariah.


    “Terima kasih atas support dari Bank Syariah Indonesia, berharap penandatanganan ini membuka kesempatan dan peluang kerja sama di berbagai bidang. Termasuk potensi bisnis perbankan syariah lain, sindikasi dan treasury, dan layanan lainnya,” tutur Andi.


    Mohon doanya saat ini BPD Riau Kepri sedang berkonversi jadi bank syariah, semoga ini cepat tuntas. Sebab dengan konversi kita bisa lebih besar melakukan kerja sama dan sinergi untuk membangun perbankan syariah Tanah Air, tambahnya.


    Sementara itu, dalam sambutannya di acara tersebut Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi menekankan pentingnya transfer knowledge yang menjadi salah satu poin dalam kerja sama tersebut.


    Dengan proses transfer knowledge, bank-bank daerah akan memiliki teknologi informasi yang mumpuni. Serta memperluas pengetahuan produk perbankan dan operasional yang berhubungan dengan perbankan syariah bagi sumber daya manusia di BPD.


    Dia pun mengatakan dengan adanya kerjasama ini perbankan syariah akan semakin maju. Babay pun mengutip firman dalam Al Quran bahwa Allah SWT menyukai orang-orang yang berjuang dalam satu barisan yang kokoh.


    “Karena Allah menyukai orang-orang yang berjuang dalam satu barisan yang kokoh. Salah satu dari membentuk barisan yang kokoh itu adalah kerjasama yang kita laksanakan pada pagi hari ini, yakni bisnis dan transfer Knowledge yang penting sekali,” pungkasnya. (sm_r)




     
    Berita Lainnya :
  • ReSkills Berdayakan Masyarakat Lewat Charity Learning Festival 2.0
  • BSI dan BSMU Kirim Tenaga Medis dan Sembako ke Lokasi
  • BAZNAS Ajak Masyarakat Bersedekah Lewat Lembaga Zakat Resmi
  • BPBD Sumbar Siaga Darurat Bencana Hingga 31 Desember 2021
  • Menurut Pusat Kajian BAZNAS, 20 Ribu Orang Miskin Kena Erupsi Semeru
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 ReSkills Berdayakan Masyarakat Lewat Charity Learning Festival 2.0
    02 BSI dan BSMU Kirim Tenaga Medis dan Sembako ke Lokasi
    03 BAZNAS Ajak Masyarakat Bersedekah Lewat Lembaga Zakat Resmi
    04 BPBD Sumbar Siaga Darurat Bencana Hingga 31 Desember 2021
    05 Menurut Pusat Kajian BAZNAS, 20 Ribu Orang Miskin Kena Erupsi Semeru
    06 BAZNAS Bangun Pos Kesehatan Korban Erupsi Gunung Semeru
    07 Ketua BAZNAS RI : Ajak Gerakan Zakat Bantu Korban Erupsi Semeru
    08 Unboxing Samsung Galaxy A52, Ponsel Rasa Flagship Rp4 Jutaan
    09 BAZNAS Terjunkan Tim Tanggap Bencana
    10 Roche Indonesia Bersama MRCCC Siloam Gelar Forum Diskusi Interaktif
    11 Wujudkan Kualitas SDM, BSI dan Yayasan BSMU Luncurkan Beasiswa Scholarship
    12 Samsung Galaxy A52 Jadi Ponsel Kreativitas Anak Muda Tanpa Batas
    13 Royalti! Masih Pura-Pura Baik-Baik Saja, Kawan-Kawan Musisi?
    14 Makuku Family Gelar Webinar Penggunaan Popok Pada Anak
    15 Meriahkan Harbolnas 2021, Blibli Hadirkan Dikagetin Histeria 12.12
    16 Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal 2021 dan Tahun Baru 2022
    17 Pegiat Zakat dari 37 Negara Hadiri Konferensi Internasional WZF 2021
    18 Samsung Galaxy A32 Smartphone Awesome dengan Fitur Mumpuni
    19 Perluas Jaringan, BCA Syariah Resmikan Kantor Baru di Banyuwangi
    20 Canon Luncurkan EOS R3, Kamera Flagship Mirrorless Full-frame
    21 RiaMiranda Gelar Annual Show 2022
    22 BAZNAS Luncurkan Program Balai Ternak Kelompok Unggas Jateng
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS