Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Menyambut World Food Day 2021
Unilever Wujudkan Pangan Sehat dan Berkelanjutan
Jumat, 15-10-2021 - 14:03:36 WIB
TERKAIT:
 
  • Unilever Wujudkan Pangan Sehat dan Berkelanjutan
  •  

    SinggalangNews.com, Jakarta - PT Unilever Indonesia, Tbk, dalam menyambut peringatan “World Food Day 2021” kembali mengukuhkan komitmen “Future Foods” di Indonesia mewujudkan pangan lebih sehat dan berkelanjutan.


    “Future Foods” sejalan dengan kampanye “Every U Does Good” yang sedang digencarkan oleh Unilever Indonesia, dimana Unilever menempatkan purpose brandnya sebagai pendorong kebaikan di tengah konsumen.


    “World Food Day” diperingati setiap tanggal 16 Oktober sebagai gerakan global untuk membebaskan manusia dari kelaparan dan kekurangan gizi, serta secara efektif mengelola sistem pangan. Hal ini menjadi sangat penting karena, isu nutrisi dan ketahanan pangan masih menjadi masalah di berbagai dunia, termasuk di Indonesia.


    Food Sustainability Index 2020 menempatkan negara kita pada peringkat 60 dari 67 negara berdasarkan tiga indikator, yaitu: (1) Tantangan di bidang pemenuhan gizi, (2) Tantangan penerapan pertanian berkelanjutan, dan (3) Tantangan limbah makanan.


    Saat ini 1 dari 3 anak Indonesia menderita stunting, 1 dari 3 orang dewasa mengalami obesitas, dan 40% masyarakat mengalami kekurangan zat gizi mikro. Sementara dari sisi sistem pangan, terdapat banyak tantangan untuk menerapkan pertanian berkelanjutan di Indonesia.


    Karena menyusutnya lahan berkualitas akibat praktik pertanian yang tidak bertanggung jawab. Rendahnya pengetahuan dan pemanfaatan teknologi pertanian berkelanjutan, kurangnya regenerasi petani. Ditambah lagi, Indonesia tercatat sebagai negara penghasil limbah makanan terbesar nomor 2 di dunia, dengan jumlah 23-48 juta ton per tahun.


    Hernie Raharja Direktur Foods & Refreshements PT Unilever Indonesia Tbk. Kamis (14/10) menjelaskan, “Melihat fakta yang ada, pola makan harian masyarakat dan sistem pangan di Indonesia terus dikembangkan. Memastikan setiap orang bisa mengakses makanan berkualitas, tanpa mengeksploitasi planet bumi."


    Kolaborasi antar seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah, produsen, industri, hingga konsumen sangat dibutuhkan. Masing-masing memiliki peran dan tanggung jawab untuk memberikan kebaikan menuju Indonesia yang lebih sehat dan lestari.


    Sesuai strategi ‘The Unilever Compass’, Unilever berkomitmen menumbuhkan bisnis secara bertanggung jawab, sekaligus memberi kebaikan kepada masyarakat dan lingkungan.


    Hal ini menjadi landasan telah diluncurkannya komitmen ‘Future Foods’ secara global pada 2020 lalu bertujuanmembantu masyarakat dunia beralih ke pola makan yang lebih sehat dan mengurangi dampak lingkungan dari rantai makanan,” tutur Hernie.


    Komitmen “Future Foods” merupakan wujud Unilever untuk bertanggung jawab menyediakan produk makanan yang lebih sehat, berkelanjutan, mudah diakses, dan terjangkau bagi konsumen.


    Dalam komitmen ini, Unilever Indonesia melalui beragambrand kategori Foods & Refreshment memiliki purpose kuat, seperti Bango, Royco, Buavita, Wall’s, The Vegetarian Butcher, SariWangi dan Sambal Jawara telah melakukan berbagai upaya berkelanjutan.


    Sebagai contoh program “Bango Pangan Lestari” mendorong pengembangan sistem pertanian yang berkelanjutan dalam melindungi kesejahteraan petani dan keluarganya sekaligus menggalakkan regenerasi petani.


    Dari sisi inovasi, di awal tahun Royco menghadirkan Royco Dengan Garam Beriodium” untuk bantu kecukupan gizi mikro keluarga Indonesia, khususnya tumbuh kembang anak. Wall’s melalui Paddle Pop juga melakukan gebrakan #CemilanBaikUntukmuuntuk mengedukasi dan membantu orang tua menentukan pilihan cemilan tepat untuk anak.


    Sementara Buavita menggelar kampanye #AsliMelindungi untuk mengedukasi pentingnya konsumsi buah dan mencukupi asupan 100% Vitamin C harian dalam mencegah dan membantu proses pemulihan selama pandemi.


    Dan inisiatif terbaru yang diluncurkan Unilever Indonesia bertepatan peringatan “World Food Day 2021” adalah kampanye “Lezat Tanpa Sisa”. Menyikapi isu limbah makanan berpotensi merugikan lingkungan dan berdampak secara ekonomi. Kampanye ini mengajak keluarga Indonesia mengurangi sisa makanan berlebih dengan mengolahnya kembali menjadi aneka menu lezat.


    Melalui https://www.masakapahariini.com/, Unilever Indonesia membagikan begitu banyak inspirasi resep yang dikreasikan menggunakan bahan dalam jumlah yang lebih optimal, ataupun menggunakan bahan-bahan makanan yang tersisa dari hidangan sebelumnya.


    Bahwa konsumen juga memiliki andil yang tak kalah besar untuk menciptakan pola makan dan sistem pangan yang lebih sehat dan berkelanjutan, mulai dari rumah. Sejalan dengan kampanye “Every U Does Good”, Unilever Indonesia terus mengajak konsumen berbuat kebaikan melalui cara yang sederhana, bijak memilih brand yang tidak hanya berkualitas dan bernutrisi, namun mampu memberikan manfaat positif bagi lingkungan dan masyarakat.


    Untuk menjadi konsumen yang lebih bijak saat membeli produk, harus mencermati, apakah bahan baku yang digunakannya, dan memberikan manfaat sosial bagi masyarakat. Dan apakah produk tersebut mendukung upaya pelestarian lingkungan, serta memiliki purpose.


    “Unilever Indonesia siap untuk terus berbagi peran menuju Indonesia sehat dan berkelanjutan. Dengan begitu banyaknya dampak kebaikan sebagai perwujudan purpose yang dimiliki brand Foods & Refreshment dari Unilever. Dan kami juga mengajak konsumen turut berperan mewujudkan pangan masa depan yang lebih baik lagi,” tutup Hernie. (sm_r) 




     
    Berita Lainnya :
  • AASI Beri Kuliah Umum Literasi Asuransi Syariah di UNTAD Palu
  • Samsung Umumkan Ketersediaan Opsi Bahasa Indonesia Galaxy AI di Galaxy S24 Series
  • Bangun Masa Depan, BAZNAS RI Berikan Pembinaan Karir bagi Peserta Beasiswa Cendekia
  • Shop | Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Masa Ramadan-Lebaran 2024
  • Shopee bersama Vidi Aldiano Kenalkan Program Garansi Tepat Waktu Kepada Pengguna
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 AASI Beri Kuliah Umum Literasi Asuransi Syariah di UNTAD Palu
    02 Samsung Umumkan Ketersediaan Opsi Bahasa Indonesia Galaxy AI di Galaxy S24 Series
    03 Bangun Masa Depan, BAZNAS RI Berikan Pembinaan Karir bagi Peserta Beasiswa Cendekia
    04 Shop | Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Masa Ramadan-Lebaran 2024
    05 Shopee bersama Vidi Aldiano Kenalkan Program Garansi Tepat Waktu Kepada Pengguna
    06 Kemenag: BAZNAS RI Berperan Tingkatkan Kualitas Hidup Mustahik
    07 Hindari Pinjol Ilegal, UOB Dukung Literasi Keuangan Untuk Generasi Muda
    08 Aqua+ Series Kembali Meraih Kembali HWB Award 2024 di Thailand
    09 GoPay Serahkan Donasi Rp1 Miliar Program Berbagi Kebaikan ke BAZNAS RI
    10 Jakarta Tak Lagi Ibu Kota, Kelurahan Dapat Kucuran APBD 5%
    11 Gagas Program Sahabat UMKM Indonesia, BMM Bantu Usaha Kecil Naik Kelas
    12 Xiaomi Indonesia Lengkapi Pilihan Konsumen Lewat Varian Tambahan Redmi Note 13 Series
    13 Peduli Sampah Plastik, Yayasan WINGS Peduli Kampanyekan #PilahDariSekarang
    14 Gerakan Tokopedia Hijau Tingkatkan Bisnis dan Produk Ramah Lingkungan
    15 KB Bank Syariah Dapat Penghargaan Peringkat AAA dengan Outlook Stabil dari Fitch Ratings
    16 Peduli Palestina, KNRPP Salurkan Infak Kemanusiaan Lewat BAZNAS RI
    17 Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
    18 Service di Auto2000 Berhadiah Sepeda Motor Matik Honda BeAT
    19 Baznas Salurkan 137 Ribu Paket Beras Zakat Fitrah hingga Pelosok Indonesia
    20 Smartfren Community Gelar Program Santri Ngonten 100% Kebaikan
    21 Ramadhan, BAZNAS Bersama INH Bagikan Hidangan Untuk Warga Palestina
    22 Wings Care Rilis So Fresh Minyak Angin Aromatherapy Anti Tepar Saat Mudik Lebaran
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS