Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Menyambut World Food Day 2021
Unilever Wujudkan Pangan Sehat dan Berkelanjutan
Jumat, 15-10-2021 - 14:03:36 WIB
TERKAIT:
 
  • Unilever Wujudkan Pangan Sehat dan Berkelanjutan
  •  

    SinggalangNews.com, Jakarta - PT Unilever Indonesia, Tbk, dalam menyambut peringatan “World Food Day 2021” kembali mengukuhkan komitmen “Future Foods” di Indonesia mewujudkan pangan lebih sehat dan berkelanjutan.


    “Future Foods” sejalan dengan kampanye “Every U Does Good” yang sedang digencarkan oleh Unilever Indonesia, dimana Unilever menempatkan purpose brandnya sebagai pendorong kebaikan di tengah konsumen.


    “World Food Day” diperingati setiap tanggal 16 Oktober sebagai gerakan global untuk membebaskan manusia dari kelaparan dan kekurangan gizi, serta secara efektif mengelola sistem pangan. Hal ini menjadi sangat penting karena, isu nutrisi dan ketahanan pangan masih menjadi masalah di berbagai dunia, termasuk di Indonesia.


    Food Sustainability Index 2020 menempatkan negara kita pada peringkat 60 dari 67 negara berdasarkan tiga indikator, yaitu: (1) Tantangan di bidang pemenuhan gizi, (2) Tantangan penerapan pertanian berkelanjutan, dan (3) Tantangan limbah makanan.


    Saat ini 1 dari 3 anak Indonesia menderita stunting, 1 dari 3 orang dewasa mengalami obesitas, dan 40% masyarakat mengalami kekurangan zat gizi mikro. Sementara dari sisi sistem pangan, terdapat banyak tantangan untuk menerapkan pertanian berkelanjutan di Indonesia.


    Karena menyusutnya lahan berkualitas akibat praktik pertanian yang tidak bertanggung jawab. Rendahnya pengetahuan dan pemanfaatan teknologi pertanian berkelanjutan, kurangnya regenerasi petani. Ditambah lagi, Indonesia tercatat sebagai negara penghasil limbah makanan terbesar nomor 2 di dunia, dengan jumlah 23-48 juta ton per tahun.


    Hernie Raharja Direktur Foods & Refreshements PT Unilever Indonesia Tbk. Kamis (14/10) menjelaskan, “Melihat fakta yang ada, pola makan harian masyarakat dan sistem pangan di Indonesia terus dikembangkan. Memastikan setiap orang bisa mengakses makanan berkualitas, tanpa mengeksploitasi planet bumi."


    Kolaborasi antar seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah, produsen, industri, hingga konsumen sangat dibutuhkan. Masing-masing memiliki peran dan tanggung jawab untuk memberikan kebaikan menuju Indonesia yang lebih sehat dan lestari.


    Sesuai strategi ‘The Unilever Compass’, Unilever berkomitmen menumbuhkan bisnis secara bertanggung jawab, sekaligus memberi kebaikan kepada masyarakat dan lingkungan.


    Hal ini menjadi landasan telah diluncurkannya komitmen ‘Future Foods’ secara global pada 2020 lalu bertujuanmembantu masyarakat dunia beralih ke pola makan yang lebih sehat dan mengurangi dampak lingkungan dari rantai makanan,” tutur Hernie.


    Komitmen “Future Foods” merupakan wujud Unilever untuk bertanggung jawab menyediakan produk makanan yang lebih sehat, berkelanjutan, mudah diakses, dan terjangkau bagi konsumen.


    Dalam komitmen ini, Unilever Indonesia melalui beragambrand kategori Foods & Refreshment memiliki purpose kuat, seperti Bango, Royco, Buavita, Wall’s, The Vegetarian Butcher, SariWangi dan Sambal Jawara telah melakukan berbagai upaya berkelanjutan.


    Sebagai contoh program “Bango Pangan Lestari” mendorong pengembangan sistem pertanian yang berkelanjutan dalam melindungi kesejahteraan petani dan keluarganya sekaligus menggalakkan regenerasi petani.


    Dari sisi inovasi, di awal tahun Royco menghadirkan Royco Dengan Garam Beriodium” untuk bantu kecukupan gizi mikro keluarga Indonesia, khususnya tumbuh kembang anak. Wall’s melalui Paddle Pop juga melakukan gebrakan #CemilanBaikUntukmuuntuk mengedukasi dan membantu orang tua menentukan pilihan cemilan tepat untuk anak.


    Sementara Buavita menggelar kampanye #AsliMelindungi untuk mengedukasi pentingnya konsumsi buah dan mencukupi asupan 100% Vitamin C harian dalam mencegah dan membantu proses pemulihan selama pandemi.


    Dan inisiatif terbaru yang diluncurkan Unilever Indonesia bertepatan peringatan “World Food Day 2021” adalah kampanye “Lezat Tanpa Sisa”. Menyikapi isu limbah makanan berpotensi merugikan lingkungan dan berdampak secara ekonomi. Kampanye ini mengajak keluarga Indonesia mengurangi sisa makanan berlebih dengan mengolahnya kembali menjadi aneka menu lezat.


    Melalui https://www.masakapahariini.com/, Unilever Indonesia membagikan begitu banyak inspirasi resep yang dikreasikan menggunakan bahan dalam jumlah yang lebih optimal, ataupun menggunakan bahan-bahan makanan yang tersisa dari hidangan sebelumnya.


    Bahwa konsumen juga memiliki andil yang tak kalah besar untuk menciptakan pola makan dan sistem pangan yang lebih sehat dan berkelanjutan, mulai dari rumah. Sejalan dengan kampanye “Every U Does Good”, Unilever Indonesia terus mengajak konsumen berbuat kebaikan melalui cara yang sederhana, bijak memilih brand yang tidak hanya berkualitas dan bernutrisi, namun mampu memberikan manfaat positif bagi lingkungan dan masyarakat.


    Untuk menjadi konsumen yang lebih bijak saat membeli produk, harus mencermati, apakah bahan baku yang digunakannya, dan memberikan manfaat sosial bagi masyarakat. Dan apakah produk tersebut mendukung upaya pelestarian lingkungan, serta memiliki purpose.


    “Unilever Indonesia siap untuk terus berbagi peran menuju Indonesia sehat dan berkelanjutan. Dengan begitu banyaknya dampak kebaikan sebagai perwujudan purpose yang dimiliki brand Foods & Refreshment dari Unilever. Dan kami juga mengajak konsumen turut berperan mewujudkan pangan masa depan yang lebih baik lagi,” tutup Hernie. (sm_r) 




     
    Berita Lainnya :
  • ReSkills Berdayakan Masyarakat Lewat Charity Learning Festival 2.0
  • BSI dan BSMU Kirim Tenaga Medis dan Sembako ke Lokasi
  • BAZNAS Ajak Masyarakat Bersedekah Lewat Lembaga Zakat Resmi
  • BPBD Sumbar Siaga Darurat Bencana Hingga 31 Desember 2021
  • Menurut Pusat Kajian BAZNAS, 20 Ribu Orang Miskin Kena Erupsi Semeru
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 ReSkills Berdayakan Masyarakat Lewat Charity Learning Festival 2.0
    02 BSI dan BSMU Kirim Tenaga Medis dan Sembako ke Lokasi
    03 BAZNAS Ajak Masyarakat Bersedekah Lewat Lembaga Zakat Resmi
    04 BPBD Sumbar Siaga Darurat Bencana Hingga 31 Desember 2021
    05 Menurut Pusat Kajian BAZNAS, 20 Ribu Orang Miskin Kena Erupsi Semeru
    06 BAZNAS Bangun Pos Kesehatan Korban Erupsi Gunung Semeru
    07 Ketua BAZNAS RI : Ajak Gerakan Zakat Bantu Korban Erupsi Semeru
    08 Unboxing Samsung Galaxy A52, Ponsel Rasa Flagship Rp4 Jutaan
    09 BAZNAS Terjunkan Tim Tanggap Bencana
    10 Roche Indonesia Bersama MRCCC Siloam Gelar Forum Diskusi Interaktif
    11 Wujudkan Kualitas SDM, BSI dan Yayasan BSMU Luncurkan Beasiswa Scholarship
    12 Samsung Galaxy A52 Jadi Ponsel Kreativitas Anak Muda Tanpa Batas
    13 Royalti! Masih Pura-Pura Baik-Baik Saja, Kawan-Kawan Musisi?
    14 Makuku Family Gelar Webinar Penggunaan Popok Pada Anak
    15 Meriahkan Harbolnas 2021, Blibli Hadirkan Dikagetin Histeria 12.12
    16 Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal 2021 dan Tahun Baru 2022
    17 Pegiat Zakat dari 37 Negara Hadiri Konferensi Internasional WZF 2021
    18 Samsung Galaxy A32 Smartphone Awesome dengan Fitur Mumpuni
    19 Perluas Jaringan, BCA Syariah Resmikan Kantor Baru di Banyuwangi
    20 Canon Luncurkan EOS R3, Kamera Flagship Mirrorless Full-frame
    21 RiaMiranda Gelar Annual Show 2022
    22 BAZNAS Luncurkan Program Balai Ternak Kelompok Unggas Jateng
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS