Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Pembangunan Sarana dan Prasana Pon XX TanggungJawab PUPR Usai
Minggu, 25-07-2021 - 18:13:32 WIB
TERKAIT:
 
  • Pembangunan Sarana dan Prasana Pon XX TanggungJawab PUPR Usai
  •  

    Singgalangnews.com,Jakarta-Seluruh venue olahraga yang pembangunannya menjadi tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk perhelatan Pekan Olah raga Nasional (PON) XX di Papua telah selesai 100 persen. Total ada 8 venue yang menjadi tanggungjawab Kementerian PUPR.


    Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti menjelaskan pembangunan sarana dan prasarana pendukung PON XX Papua yang dilakukan oleh Kementerian PUPR sudah dilakukan secara cermat.


    ''Tidak ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh pemerintah dalam membangun sejumlah infrastruktur pendukung dalam perhelatan ajang bergensi olah raga tingkat nasional tersebut,'' ujar Diana dalam Diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk "Venue Kelas Dunia PON XX Papua" pada Sabtu 24 Juli 2021.



    Pembangunan sarana dan prasarana pendukung PON XX Papua yang dilakukan meski di tengah pandemi sejumlah venue bahkan mendapatkan pengakuan dari organisasi luar dan dalam negeri. Misalnya, venue Aquatic yang mendapatkan sertifikasi atau pengakuan dunia dari Federation Internationale de Natation (FINA) atau organisasi induk federasi olahraga renang internasional.
    Kemudian venue Hockey Outdoor pun telah mengantongi sertifikasi atau pengakuan dari Federation Internationale de Hockey atau Federasi Hoki Internasional (FIH). Terakhir, Istora Papua Bangkit berhasil mencatatkan Rekor Museum Rekor – Dunia Indonesia (MURI) untuk 3 (tiga) kategori yaitu pertama, untuk struktur atap baja lengkung bentang terpanjang atap tanpa sambungan dan baut mengerucut terluas berbentuk dome, dan instalasi terpanjang dan diameter terbesar textile duct.


    Sesuai amanat Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2020, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya membangun 8 venue olahraga untuk mendukung penyelenggaraan PON XX Papua. Total pemerintah telah menggelontorkan biaya APBN sekitar sekitar Rp950 miliar.


    Venue pertama yang dimaksud antara lain Arena Aquatic dibangun dengan biaya sebesar Rp401 miliar oleh PT Waskita Karya (Persero) dilengkapi dengan fasilitas pool sesuai standar Federation Internationale de Natation (FINA).


    AYO BACA : Hitung Mundur 100 Hari, PB PON XX Gelar Berbagai Event Kompetisi


    Kedua, Istora Papua Bangkit dibangun dengan biaya Rp278,5 miliar oleh PT PP (Persero) pada lahan seluas 33.016 m2 di kawasan Kampung Harapan. Di kompleks ini terdapat juga Stadion Utama Lukas Enembe yang dilengkapi dengan fasilitas standar internasional dan sarana pendukung lain, seperti lapangan latihan/pemanasan dan area parkir.
    Ketiga, arena Cricket (indoor dan outdoor) yang dibangun dengan biaya sebesar Rp288,3 miliar oleh PT Nindya pada lahan seluas 133.509 m2. Keempat, Venue Hockey Outdoor telah menerima sertifikasi dari Federasi Hoki Internasional (FIH) sebagai arena yang siap digunakan untuk pertandingan berskala Internasional.


    Kelima, arena Sepatu Roda dibangun di atas lahan seluas 26.520 m2 dengan luas bangunan 6.067 m2 di daerah Bumi Perkemahan Waena, Kota Jayapura.


    Beberapa sarana dan prasarana pendukung venue selesai dikerjakan seperti tribun berkapasitas 650 orang, sistem penerangan untuk lintasan 1.501 lux dan penerangan safe zone 449 lux, sistem tata suara, dan scoring board.


    Selanjutnya arena olahraga dayung dibangun tidak jauh dari Jembatan merah Youtefa yang membentang di atas Teluk Youtefa. Pekerjaan venue Dayung diawali dengan
    pembangunan pengaman pantai berupa reklamasi seluas 10.000 m3 oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua, Ditjen Sumber Daya Air dengan kontraktor pelaksana PT Nindya Karya (Persero) menggunakan biaya APBN sebesar Rp16,9 miliar.
    Kemudian arena panahan di kawasan kompleks olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Venue ini dibangun di atas lahan seluas 40.863 m2 dan memiliki luas bangunan 1.217 m2 dengan landsekap pegunungan Cycloop. Terakhir,enam rumah susun (rusun), wisma atlet, dan peningkatan jalan Merauke di Tanah Miring yang rencananya akan dipergunakan sebagai pendukung sepanjang 7,3 kilometer.


    Sebagian besar dari infrastruktur tersebut, lanjut Diana, sudah diserahterimakan kepada Pemerintah Provinsi Papua pada beberapa waktu yang lalu. Dengan begitu, perawatan terhadap fasilitas-fasilitas olah raga yang telah dibangun itu dapat segera dilakukan sebelum dimulainya perhelatan PON XX Papua yang melibatkan atlet dari
    berbagai pelosok tanah air.


    Kesepakatan antara pemerintah pusat dan daerah, akan membentuk UPTD yang khusus dalam melakukan perawatan terhadap infrastruktur-infrastruktur olah arag yang telah dibangun tersebut. Peran pemerintah daerah sangat penting dalam memastikan fasilitas-fasilitas olah raga itu memndapatkan perawatan secara intensif, agar dapat dipergunakan kembali setiap saat.
    "Perihal pembentukan UPTD ini sudah disepakati, sudah terbentuk tanggal 6 April yang lalu. Nantinya, selama penyelenggaraan PON yang ke 20 ini nanti pengelolaan sementara nanti akan dilakukan oleh PB PON," jelasnya.(Dpriyatna)


     




     
    Berita Lainnya :
  • Platform JadiBerkah.ID Dukung Pengembangan ZISWAF di Indonesia
  • BAZNAS Salurkan Beasiswa dan Bantuan Mustahik Kuliner di UIA
  • Ketangguhan Hino RN 285 Menjadi Transportasi Jarak Jauh
  • Fitur Pulsa & Data DANA Menjadi Favorit Pengguna
  • Menjaga Persatuan dan Sportivitas di PON Papua
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Platform JadiBerkah.ID Dukung Pengembangan ZISWAF di Indonesia
    02 BAZNAS Salurkan Beasiswa dan Bantuan Mustahik Kuliner di UIA
    03 Ketangguhan Hino RN 285 Menjadi Transportasi Jarak Jauh
    04 Fitur Pulsa & Data DANA Menjadi Favorit Pengguna
    05 Menjaga Persatuan dan Sportivitas di PON Papua
    06 Pepsodent Berikan Edukasi Masyarakat Bebaskan Gigi Berlubang
    07 KOHLER Umumkan Kompetisi KOHLER Bold Design Awards Asia Pacific 2021
    08 Wanita Menjadi MultiPeran Sukses Membentuk Watak Anak
    09 Peringati Hari Lalulintas, Kapolda Riau Berikan Penghargaan Personel Berprestasi
    10 BSI Bersama Lima Perguruan Tinggi Bersinergi
    11 Polda Riau Gandeng Perguruan Tinggi Siapkan 9000 Vaksin dan 1500 Paket Bansos
    12 BincangShopee 10.10 Brands Festival Bertajuk Kebahagiaan Ibu dan Anak Masa Pandemi
    13 BAZNAS Gelar Konsinyering Pengelolaan Zakat dengan Komisi Fatwa MUI
    14 BAZNAS Resmikan Program Kemitraan LAZISMU, Salurkan Dana Rp10 Miliar
    15 DANA Gandeng Goama Hadirkan Mobile Casual eSports di Indonesia
    16 Smartfren Hadirkan Program Rejeki WOW Treasure Hunt Periode Ketiga
    17 PBESI dan Komunitas Esports Indonesia Gelar Vaksinasi dan Bansos Untuk Masyarakat Jayapura
    18 PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride Ajak Masyarakat Hidup Lebih Sehat dan Aktif
    19 DANA Bisnis Catat 1000 Desa UMKM Go-digital di Indonesia
    20 Laznas BSMU Mantapkan Visi Penyalur ZISWAF Bagi Umat dan Bangsa
    21 BAZNAS Pertahankan Sertifikasi Manajemen Anti Suap SNI ISO 37001 : 2016
    22 Huawei Luncurkan MatePad T8 Kids Edition
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS