Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
DHD BPK 45 Sumbar Gelar Lomba Baca Puisi Alihkan Perhatian Anak Muda Dari Candu Game Online
Sabtu, 10-07-2021 - 09:33:42 WIB
TERKAIT:
 
  • DHD BPK 45 Sumbar Gelar Lomba Baca Puisi Alihkan Perhatian Anak Muda Dari Candu Game Online
  •  

    Singgalangnews.com,Padang –Untuk mengalihkan generai muda dari kecanduan game online dan memacu kreativitas dan produktivitas, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) menggelar lomba baca puisi dan lagu perjuangan tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021.


    Drs. H. Azmal Zen, Ketua DHD BPK 45 Sumbar, saat diwawancarai pada Jumat (2/7/2021) mengatakan, perkembangan teknologi telekomunikasi di era digital saat ini membuat generasi muda asyik dengan gadget.. "Kami prihatin, perkembangan teknologi telekomunikasi di era digital saat ini membuat generasi muda asyik dengan gadget. Kita takut kecanduan bermain game online akan memberi pengaruh negatif bagi perilaku mereka, seperti tindakan kriminal, narkoba, asusila, dan lainnya." 


    Karenanya lewat lomba baca puisi yang digelar untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 ini, diharapkan dapat mengalihkan anak-anak muda Sumbar dari kecanduan game online


    "Harapan kami dengan adanya lomba baca puisi dan lagu perjuangan ini, dapat mengalihkan perhatian anak-anak muda dari kecanduan game online demi memacu kreativitas dan produktivitas mereka untuk berkarya dalam mengisi kemerdekaan Republik yang kita cintai, berbekal nilai-nilai kejuangan dan cita-cita kemerdekaan yang kita tanamkan pada kepribadian mereka," kata Azmal Zen. 


    Sementara itu, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum. yang diamanahkan menjadi Ketua Pelaksana lomba tersebut mengatakan, "Lomba yang kami gelar mengangkat karya-karya puisi dan lagu yang mengandung nilai-nilai perjuangan dan nasionalisme. Melalui media seni dan sastra, semoga efektif dalam penanaman nilai-nilai perjuangan, nasionalisme, kesejarahan, pelestarian budaya pada generasi muda," terangnya.


    Lomba baca puisii dan lagu perjuangan yang digelar DHD BPK 45 tersebut diperuntukkan bagi generasi muda Sumatera Barat, dibagi dalam dua kategori; usia 6 - 12 tahun (kanak-kanak), dan usia 13 - 18 tahun (remaja).


    Adapun puisi wajib untuk dibacakan para peserta, judulnya yaitu; Rimba Raya Sumatera Tengah Januari 1949 (Buya Hamka), atau Kita adalah Pemilik sah Republik Ini (Taufiq Ismail), puisi pilihannya berjudul; Merdeka atau Mati (Chairil Anwar), dan Hati Prajurit (Zaidin Bakry).


    Untuk lagu wajib yang akan dibawakan para peserta (solo song), judulnya yaitu; Pantang Mundur (Titiek Puspa), atau Tanah Air (Ibu Soed), lagu pilihannya berjudul; Sabalun Tabik Matoari (Novi Jamal), Minangkabau (Syahrul Tarun Yusuf), Gugur Bunga di Taman Bakti (Ismail Marzuki).


     Lebih lanjut Zusneli Zubir menjelaskan, para peserta lomba baca puisi perjuangan tersebut akan tampil pada hari Sabtu, 7 Agustus 2021, dan para peserta lomba lagu perjuangan akan tampil pada Minggu, 8 Agustus 2021. Para peserta tampil langsung di panggung yang disediakan Panitia, penampilan mereka akan dinilai oleh Dewan Juri berkompeten.


    Pendaftaran calon peserta resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021 dan lomba digelar di Halaman Gedung Joang '45 Sumatera Barat, Jalan Samudera No. 8, Kota Padang.


    Semua peserta Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan yang digelar oleh DHD BPK 45 Sumbar tersebut akan memperoleh sertifikat dari Panitia. Dewan Juri akan menetapkan Juara 1, 2, dan 3, serta Juara Harapan 1, 2 dan 3 yang juga akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai, piala, sertifikat juara, dan bingkisan. 


    Selain itu Zusneli Zubir juga mengatakan, pendaftaran calon peserta Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan yang digelar DHD BPK 45 Sumbar dapat dilakukan dengan menghubungi nomor Whatsapp 081277885717 (Neneng) atau 087791162847 (Oya).


    "Kepada generasi muda Indonesia, khususnya Sumatera Barat, teruslah kita isi kemerdekaan dengan melahirkan karya-karya kreatif secara produktif. Berbekal semangat pembudayaan kejuangan 45 dan cita-cita kemerdekaan, mari kita wujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh," tutup Zusneli Zubir.
    .


    Penulis : Muhammad Fadhli
    Redaktur : Dpriyatna




     
    Berita Lainnya :
  • ReSkills Berdayakan Masyarakat Lewat Charity Learning Festival 2.0
  • BSI dan BSMU Kirim Tenaga Medis dan Sembako ke Lokasi
  • BAZNAS Ajak Masyarakat Bersedekah Lewat Lembaga Zakat Resmi
  • BPBD Sumbar Siaga Darurat Bencana Hingga 31 Desember 2021
  • Menurut Pusat Kajian BAZNAS, 20 Ribu Orang Miskin Kena Erupsi Semeru
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 ReSkills Berdayakan Masyarakat Lewat Charity Learning Festival 2.0
    02 BSI dan BSMU Kirim Tenaga Medis dan Sembako ke Lokasi
    03 BAZNAS Ajak Masyarakat Bersedekah Lewat Lembaga Zakat Resmi
    04 BPBD Sumbar Siaga Darurat Bencana Hingga 31 Desember 2021
    05 Menurut Pusat Kajian BAZNAS, 20 Ribu Orang Miskin Kena Erupsi Semeru
    06 BAZNAS Bangun Pos Kesehatan Korban Erupsi Gunung Semeru
    07 Ketua BAZNAS RI : Ajak Gerakan Zakat Bantu Korban Erupsi Semeru
    08 Unboxing Samsung Galaxy A52, Ponsel Rasa Flagship Rp4 Jutaan
    09 BAZNAS Terjunkan Tim Tanggap Bencana
    10 Roche Indonesia Bersama MRCCC Siloam Gelar Forum Diskusi Interaktif
    11 Wujudkan Kualitas SDM, BSI dan Yayasan BSMU Luncurkan Beasiswa Scholarship
    12 Samsung Galaxy A52 Jadi Ponsel Kreativitas Anak Muda Tanpa Batas
    13 Royalti! Masih Pura-Pura Baik-Baik Saja, Kawan-Kawan Musisi?
    14 Makuku Family Gelar Webinar Penggunaan Popok Pada Anak
    15 Meriahkan Harbolnas 2021, Blibli Hadirkan Dikagetin Histeria 12.12
    16 Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal 2021 dan Tahun Baru 2022
    17 Pegiat Zakat dari 37 Negara Hadiri Konferensi Internasional WZF 2021
    18 Samsung Galaxy A32 Smartphone Awesome dengan Fitur Mumpuni
    19 Perluas Jaringan, BCA Syariah Resmikan Kantor Baru di Banyuwangi
    20 Canon Luncurkan EOS R3, Kamera Flagship Mirrorless Full-frame
    21 RiaMiranda Gelar Annual Show 2022
    22 BAZNAS Luncurkan Program Balai Ternak Kelompok Unggas Jateng
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS