Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Promosikan Literasi Keuangan Petani MUFG dan Danamon Bersinergi dengan Musim Mas dan iApps
Selasa, 29-06-2021 - 12:46:31 WIB
Musim Mas, MUFG Bank, dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk, bersama-sama kembangkan kurikulum literasi keuangan petani swadaya kelapa sawit pada platform AgriOn. (Ist.)
TERKAIT:
 
  • Promosikan Literasi Keuangan Petani MUFG dan Danamon Bersinergi dengan Musim Mas dan iApps
  •  

    SinggalangNews.com, Jakarta - Platform pembelajaran perbankan dan keuangan digital, AgriON, segera dapat digunakan petani swadaya kelapa sawit yang terdaftar dalam program petani sawit Musim Mas Group, bekerjasama antara Musim Mas Group, MUFG Bank, PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (Danamon), dan iApps.


    Kolaborasi ini bertujuan memperkuat program literasi keuangan (melek finansial) Musim Mas yang telah berjalan, dengan serangkaian lokakarya yang komprehensif dan memperkenalkan petani kecil pada berbagai produk keuangan yang selaras dengan tujuan finansial, seperti rencana tabungan yang dapat disesuaikan berdasarkan tujuan mereka melalui platform AgriON.


    Dikembangkan oleh iApps, AgriON adalah solusi pembayaran dan pembiayaan digital terukur yang mendorong jangkauan yang keberlanjutan di seluruh rantai suplai pertanian. AgriON bertujuan untuk menjadi bankagnostik.


    Lokakarya finansial ini juga mendorong petani kecil  dalam meningkatkan perencanaan keuangan mereka lewat momentum penting dalam kehidupan, seperti bisnis pertanian secara berkelanjutan. Juga mempersiapkan peremajaan untuk lahan kelapa sawit, membiayai pendidikan anak atau cucu mereka, dan pensiun.


    Melalui lokakarya ini, petani diberikan opsi membuka rekening tabungan dan tabungan rencana di Danamon, sehingga membuka jalan bagi inklusi keuangan yang lebih besar bagi para petani.


    Proyek percontohan, yang dijalankan oleh Musim Mas, berlangsung dari bulan Juni hingga Juli 2021 di Rokan Hulu, Riau, Indonesia.


    Sebuah survei tahun 2019 yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyoroti bahwa indeks inklusi keuangan Indonesia meningkat pesat menjadi 76,1 persen. Namun, untuk populasi sebanyak 270 juta jiwa, masih banyak warga terutama di daerah pedesaan yang belum terjangkau oleh perbankan, belum memiliki akses ke produk dan layanan keuangan seperti transaksi, rekening tabungan, dan solusi pinjaman/kredit.


    Baik MUFG maupun Danamon berkomitmen untuk mempromosikan inklusi keuangan sebagai bagian dari inisiatif finansial berkelanjutan mereka. Program Literasi Keuangan bekerja sama dengan Musim Mas dan iApps menjadi langkah awal yang penting dalam mewujudkan komitmen tersebut. Danamon juga menyediakan produk dan layanan keuangan yang relevan yang dapat mendukung petani kecil mencapai tujuan keuangan mereka.
     
    Musim Mas menjalankan program petani swadaya kelapa sawit terbesar di Indonesia dan menawarkan serangkaian modul pertanian dan manajemen kepada petani kecil yang dirancang untuk berbagi praktik terbaik dengan tujuan meningkatkan hasil pertanian mereka.


    Program ini juga dirancang untuk meningkatkan kepekaan gender dan mendorong partisipasi dari petani perempuan. Literasi keuangan seringkali menjadi alat yang memberdayakan petani perempuan dalam programnya.


    Olivier Tichit, Direktur Sustainable Supply Chain di Musim Mas mengatakan, "Musim Mas menyadari bahwa petani swadaya seringkali tidak dapat menerapkan praktik pertanian yang baik yang telah mereka pelajari dari program petani swadaya kami. Hal ini diakibatkan mereka terkendala oleh beberapa masalah sistemik, salah satunya adalah akses ke keuangan."


    Berkolaborasi dengan lembaga keuangan, seperti MUFG Bank dan Bank Danamon, adalah salah satu cara kami memberdayakan petani kecil dalam upaya keberlanjutan dan perubahan lanskap perkebunan mereka.


    Di tanggapi Yip Shue Heng, Managing Director, Head of Digital Transformation, Asia & Oceania, MUFG Bank, “Dalam dunia layanan digital saat ini, mudah untuk melupakan fakta bahwa jutaan orang masih tertinggal jauh, bahkan dalam hal mengakses layanan keuangan yang paling sederhana sekalipun".


    Baik MUFG maupun Danamon sangat antusias untuk bermitra dengan Musim Mas dan iApps dalam program pemberdayaan literasi keuangan bagi masyarakat luas, guna mendorong mereka menuju ekonomi hijau yang lebih inklusif, ujarnya.


    MUFG baru-baru ini mengumumkan Deklarasi Netral Karbon untuk mencapai emisi nol bersih dalam portofolionya pada tahun 2050 dan operasinya pada tahun 2030. Selain semakin mendekatkan pada tujuan keberlanjutan kami, inisiatif ini juga akan meningkatkan kontribusi kami pada pertumbuhan jangka panjang masyarakat di Asia.


    Disampaikan Herry Hykmanto, Direktur Syariah yang juga memimpin divisi Sustainability Finance di Danamon, sangat mendukung inisiatif ini, “Petani merupakan salah satu penggerak perekonomian nasional, oleh karenanya kami merasa perlu memberikan pelatihan khusus yang dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mereka mengenai dasar-dasar pengelolaan keuangan.


    Kolaborasi dengan Musim Mas, MUFG dan AgriON ini sejalan dengan visi Danamon, 'Kami Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan'. Adanya kegiatan ini, kami berharap petani akan lebih siap dan lebih tangguh secara ekonomi di kemudian hari.


    “Transformasi digital adalah kunci dalam mewujudkan inklusi keuangan, ketertelusuran, dan keberlanjutan bagi komunitas pertanian. Kami melihat kolaborasi ini sebagai langkah maju dan penting untuk memberdayakan petani kecil dengan AgriON,” jelas Daniel Loh, Direktur, iAPPS Pte Ltd, pada lokakarya literasi keuangan yang dilakukan oleh Musim Mas. (sm_r)




     
    Berita Lainnya :
  • Peduli Sampah Plastik, Yayasan WINGS Peduli Kampanyekan #PilahDariSekarang
  • Gerakan Tokopedia Hijau Tingkatkan Bisnis dan Produk Ramah Lingkungan
  • KB Bank Syariah Dapat Penghargaan Peringkat AAA dengan Outlook Stabil dari Fitch Ratings
  • Peduli Palestina, KNRPP Salurkan Infak Kemanusiaan Lewat BAZNAS RI
  • Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Peduli Sampah Plastik, Yayasan WINGS Peduli Kampanyekan #PilahDariSekarang
    02 Gerakan Tokopedia Hijau Tingkatkan Bisnis dan Produk Ramah Lingkungan
    03 KB Bank Syariah Dapat Penghargaan Peringkat AAA dengan Outlook Stabil dari Fitch Ratings
    04 Peduli Palestina, KNRPP Salurkan Infak Kemanusiaan Lewat BAZNAS RI
    05 Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
    06 Service di Auto2000 Berhadiah Sepeda Motor Matik Honda BeAT
    07 Baznas Salurkan 137 Ribu Paket Beras Zakat Fitrah hingga Pelosok Indonesia
    08 Smartfren Community Gelar Program Santri Ngonten 100% Kebaikan
    09 Ramadhan, BAZNAS Bersama INH Bagikan Hidangan Untuk Warga Palestina
    10 Wings Care Rilis So Fresh Minyak Angin Aromatherapy Anti Tepar Saat Mudik Lebaran
    11 Bulan Ramadan, Bank Muamalat dan BMM Gelar Aksi Sosial
    12 JES Bagikan 100 Paket Sembako Untuk Masyarakat Kurang Mampu
    13 Baznas bersama Mitratel Salurkan Paket Ramadhan dan Buka Puasa di 11 Wilayah
    14 Melalui Program “Berbagi Keberkahan Ramadhan 1445 H” AASI Salurkan Donasi Sosial 250 Juta
    15 Bangun Kebersamaan, KPN Corp Selenggarakan Acara Buka Puasa Bersama
    16 Auto2000 Operasikan 9 Posko dan 115 Bengkel Siaga 24 Jam
    17 Musim Mudik Lebaran 2024, Baznas Buka 28 Titik Pos Mudik Siaga
    18 Baznas dan Tokopedia Bagikan 5 Tips Kelola THR dengan Bijak
    19 Bulan Ramadan, Kecap Sedaap Gelar Program Berbagi di 5 Titik lokasi Jakarta dan Bandung
    20 BAZNAS Bersama TNI AL Gelar Buka Puasa Bersama Ojol dan Masyarakat Pesisir di Marunda
    21 Blibli XPO Bandung, Tawarkan Promo Smartphone dan Gadget Hingga Rp5,2 Juta
    22 Sambut Lebaran, Supersol Bersihkan Ikon Wisata Religi Provinsi Banten
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS