Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Semester I/2021 Pengguna DANA Meningkat Mencapai 70 Juta
Rabu, 23-06-2021 - 19:07:25 WIB
DANA torehkan pertumbuhan mencapai 70 juta pengguna, dengan rata-rata 5 juta transaksi/hari per semester I/2021, Rabu (23/6). (Ist.)
TERKAIT:
 
  • Semester I/2021 Pengguna DANA Meningkat Mencapai 70 Juta
  •  

    SinggalangNews.com, Jakarta - Pada semestet I/2021 DANA berhasil mencatat pertumbuhan signifikan. Pertumbuhan tersebut didominasi melonjaknya jumlah pengguna dompet digital DANA dari 50 juta per Desember 2020 menjadi 70 juta per semester I/2021. Lonjakan tersebut menempatkan DANA sebagai perusahaan teknologi finansial dengan pertumbuhan tercepat.


    Pertumbuhan positif DANA lainnya yaitu rata-rata jumlah transaksi per hari pada semester I/2021 meningkat menjadi 5 juta transaksi per hari yang sebelumnya mencapai 3 juta transaksi per harinya.


    Dipaparkan bahwa DANA mencatat, rata-rata transaksi per hari tertinggi terjadi pada bulan Mei 2021. Dibandingkan periode tahun 2020 lalu, pertumbuhan rata-rata transaksi per hari yang dibukukan pada Mei 2021 tercatat meningkat sebesar 164 persen.


    Dan pertumbuhan rata-rata transaksi per hari dengan menggunakan dompet digital DANA didorong oleh meningkatnya berbagai aktivitas transaksi nontunai digital. Hal ini juga ikut menegaskan komitmen DANA terus meningkatkan pengalaman bertransaksi pengguna lewat pengembangan teknologi secara progresif.


    Pengguna dengan mudah dapat melakukan transfer ke berbagai platform dengan DANA, seperti nomor telepon seluler, akun bank, media sosial seperti WhatsApp, atau melalui agen dan gerai-gerai mitra untuk dapat diambil penerimanya dalam bentuk tunai. Transaksi peer-to-peer (p2p) meningkat dua kali lipat pada Ramadan 2021.


    Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA Rabu (23/6) mengatakan, “Teknologi finansial yang kami kembangkan makin inklusif dan menghadirkan manfaat yang kian luas. Tak sekadar hanya untuk melakukan pembayaran, namun melakukan berbagai transaksi dari perniagaan, interaksi sosial, hingga menabung ataupun berinvestasi".


    Selai itu, masyarakat dan seluruh ekosistem makin teredukasi dan memahami dayaguna dompet digital DANA dalam mempermudah terselenggaranya transaksi nontunai digital yang praktis, cepat, real-time, efisien, lebih kompeten, nyaman, aman dan terlindungi, ungkap Vince.


    Aktivitas transfer uang dengan menggunakan dompet digital DANA yang meningkat selama masa pandemi berlangsung akibat imbauan untuk tidak mudik dan tetap di rumah saja. Hal ini juga membawa dampak tersendiri dalam mendorong meluasnya budaya nontunai di kalangan masyarakat luas di seluruh Indonesia.


    Menurutnya dalam pemanfaatan teknologi finansial ke wilayah dan lapisan masyarakat yang lebih luas, dapat menguatkan optimisme kami terhadap makin meningkatnya inklusi keuangan masyarakat Indonesia berkat teknologi yang kami kembangkan, jelas Vince.


    Untuk terus memperluas dan memperkuat budaya transaksi masa depan ini, serta menjadikan teknologi finansial makin inklusif, DANA terus meningkatkan proteksi serta pengalaman pengguna melalui pengembangan teknologi secara progresif.


    Disampaikan oleh Rangga Wiseno, Senior VP of Product DANA, bahwa dari beragam fitur yang dikembangkan DANA, terdapat lima fitur sering digunakan oleh pengguna pada semester pertama 2021. Fitur-fitur tersebut adalah QRIS PAYMENT, SEND MONEY atau KIRIM UANG, pembelian pulsa prabayar untuk telepon seluler, pembayaran Online Commerce dan fitur BILLER untuk pembayaran tagihan-tagihan.


    Fitur tersebut juga mencatat peningkatan signifikan baik dari jumlah transaksi maupun pengguna aktif bulanan atau Monthly Active User (MAU). Transaksi dengan menggunakan QRIS Payment meningkat sebesar 131 persen dan MAU meningkat 309 persen. Pada fitur SEND MONEY transaksi meningkat 99 persen dan MAU meningkat 91 persen.


    Sementara transaksi pembelian pulsa selular juga meningkat 174 persen dan MAU meningkat 200 persen. Adapun fitur pembayaran Online mengalami kenaikan sebesar 91 persen dan MAU sebesar 73 persen, sedangkan fitur pembayaran tagihan naik sebesar 93 persen dengan jumlah MAU meningkat sebesar 103 persen.


    “Kelima fitur-fitur di atas menjadi kontributor utama terhadap pertumbuhan DANA pada semester pertama 2021 ini. Selain dari lima fitur di atas, kontribusi pertumbuhan DANA juga didorong oleh salah satu fitur terbarunya, yaitu konversi poin dari TikTok, Snack Video, dan Helo ke Saldo DANA,” tambahnya.


    Pertumbuhan DANA pada Semester I/2021 juga diwarnai dengan tambahnya pelaku usaha UMKM sebagai mitra DANA Bisnis. Dengan  Mengusung komitmen #SahabatUMKM aktif mendukung program Pemerintah membantu UMKM go digital melalui Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia.


    DANA telah menarik ribuan UMKM untuk bergabung menjadi mitra baru dari DANA Bisnis. Hingga Juni 2021, terdapat 250.000 UMKM tergabung dalam DANA Bisnis dengan peningkatan transaksi mencapai 35 persen.


    Pertumbuhan ini merefleksikan komitmen DANA dalam mendukung pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional. Adanya imbas pandemi yang begitu besar pada pelaku UMKM, mendorong DANA terus meningkatan transaksi UMKM secara digital, sejalan dengan langkah Bank Indonesia. Sehingga sistem pembayaran nasional tetap berjalan dan UMKM dapat bertahan di tengah tekanan pandemi.


    Seiring dengan bertumbuhnya transaksi retail e-commerce di Indonesia kini menduduki peringkat pertama di seluruh Asia Tenggara mencapai 19,9 persen, DANA pun ikut merasakan pertumbuhan tersebut. Pada semester I/2021 jumlah Online Merchant bertambah menjadi 3.000 merchants atau mengalami pertumbuhan sebesar 50 persen, pungkasnya. (sm_r)




     
    Berita Lainnya :
  • Dukung Pendidikan, Acer Hadirkan Laptop Chromebook Karya Anak Bangsa
  • BAZNAS Salurkan Bantuan Logistik Pasien Covid-19 di Jakarta
  • Pembangunan Sarana dan Prasana Pon XX TanggungJawab PUPR Usai
  • Percepat Target Herd Immunity, BSI Gelar Vaksinasi Masjid ke Masjid
  • Nantikan Peluncuran Huawei MatePad 11 di Indonesia Agustus Mendatang
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Dukung Pendidikan, Acer Hadirkan Laptop Chromebook Karya Anak Bangsa
    02 BAZNAS Salurkan Bantuan Logistik Pasien Covid-19 di Jakarta
    03 Pembangunan Sarana dan Prasana Pon XX TanggungJawab PUPR Usai
    04 Percepat Target Herd Immunity, BSI Gelar Vaksinasi Masjid ke Masjid
    05 Nantikan Peluncuran Huawei MatePad 11 di Indonesia Agustus Mendatang
    06 Kurban Online BAZNAS Meningkat Sebesar 75%
    07 Dukung Penyelenggaran Ibadah Haji, BPKH dan Danamon Syariah Bersinergi
    08 Acer Swift 3 Infinity 4 “Ocean Blue” Usung Sertifikasi Intel® Evo™
    09 BSI Salurkan Bansos Nontunai Tahun 2021 di Aceh
    10 BSI Lakukan Auto Migrasi Untuk Nasabah ex-BRIS
    11 DANA Kembangkan Fitur DANA eMAS Dapat Tarik Emas Fisik
    12 Acer Gandeng Konten Kreator Ternama Indonesia Gelar Online Workshop #MoreUp
    13 Smartfren Fiber in the Air, Buka Peluang Digitalisasi Bisnis
    14 Idul Adha 1442 H. BSI Salurkan 3.000 Hewan Kurban
    15 Masa PPKM Bengkel Resmi Hino Tetap Beroperasi
    16 Momentum Hari Idul Adha KAMI Hadirkan Koleksi Terbaru
    17 Dukung Program Pemerintah IKA UNPAR dan Auto2000 Gelar Vaksinasi Massal
    18 BSI Salurkan Zakat Perusahaan Rp72 Miliar ke BAZNAS
    19 Kontribusi Jasindo Syariah Catat Pertumbuhan Rp18,8 Miliar
    20 Wujudkan Indonesia Sehat, BSI Dukung Relawan Milenial Menggelar Vaksinasi
    21 Bank Danamon Gelar Program Festival Kolaborasi
    22 Smartfren Gandeng Adamsaysmusic Ajak Generasi Muda Terus Berkarya Tanpa Batas
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS