Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Wujudkan Kesejahteraan Umat, BSI Siap Optimalisasi Pengelolaan ZISWAF Nasional
Selasa, 22-06-2021 - 11:44:04 WIB
TERKAIT:
 
  • Wujudkan Kesejahteraan Umat, BSI Siap Optimalisasi Pengelolaan ZISWAF Nasional
  •  

    SinggalangNews.com, JAKARTA - Pemerintah tengah gencar melakukan kampanye Gerakan Cinta Zakat yang telah diluncurkan Presiden Joko Widodo baru-baru ini, bertujuan untuk mendorong pengumpulan dan optimalisasi pengelolaan ZISWAF Nasional, dan dapat mensejahterakan umat.


    Apalagi Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim terbanyak di dunia, sehingga potensi penghimpunan Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) yang tinggi harus dapat dimaksimalkan.


    Dominasi penduduk Indonesia yang dihuni oleh kebanyakan kelompok generasi Z dan milenial seharusnya dapat memberikan dampak multiplier effect terhadap kemajuan di segala bidang, terutama dalam ZISWAF Nasional.


    Dan dengan jumlah usia produktif yang berlimpah dan didukung oleh inklusivitas digitalisasi ilmu pengetahuan dewasa ini, rasanya tidak sulit bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan suatu terobosan baru dalam peradapan saat ini.


    Dalam hal ini optimalisasi pengumpulan serta penyaluran zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF), terus dilakukan oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk, (BSI). Dukungan yang diberikan karena selama ini potensi besar ZISWAF di Indonesia belum dimanfaatkan secara maksimal.


    Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS RI), per tahun 2020 lalu total dana ZISWAF yang terkumpul diperkirakan mencapai Rp12,5 triliun, sedangkan tahun 2019, ada di posisi Rp10,6 triliun.


    Peran BSI sebagai perbankan syariah terbesar di Indonesia untuk tahun ini, pengumpulannya dapat meningkat setiap tahunnya, namun jumlah ZISWAF yang terakumulasi itu belum seberapa dibanding potensinya basar hingga mencapai Rp327,6 triliun.


    Dikutip dari Direktur Utama BSI Hery Gunardi disebuah acara Silaturahmi Bank Syariah Indonesia beberapa waktu lalu, dikatakan potensi ZISWAF yang ada di Indonesia diperkirakan lebih dari Rp300 triliun dan apabila bisa dimobilisasi dengan baik maka dapat menjadi salah satu sumber dana pembiayaan umat. Sekaligus untuk pembangunan, baik dari sisi menyalurkan beasiswa pendidikan, membangun community development, dana CSR serta lainnya.


    Bahwa potensi yang luar biasa besar, ini harus bisa digarap. Sebagai bagian dari ekosistem zakat, BSI memainkan peran penting dalam pengelolaan ZISWAF yang reliable dan secara transparan.


    Untuk upaya meningkatkan percepatan pertumbuhan pengumpulan dan penyaluran ZISWAF Nasional, peran BSI juga melakukan berbagai strategis bersama lembaga resmi pengelola dana Zakat Nasional yaitu BAZNAS RI.


    Melalui kerjasama dengan organisasi pengelola zakat, pemerintah, dan sejumlah asosiasi, BSI memposisikan diri sebagai mitra transaksi dan pemberdayaan masyarakat yang bisa diandalkan untuk pengelolaan dana ZISWAF.


    BSI dapat menjadi pilihan masyarakat untuk menyalurkan ZISWAF secara instan melalui layanan pada platform BSI Mobile. Tercatat Maret lalu, sekitar Rp3,26 miliar dana ZISWAF yang terkumpul melalui aplikasi BSI Mobile. Jumlah sumbangan ini berasal dari 99 ribu donatur, yang total transaksinya mencapai 303 ribu pada periode tersebut.


    Selain mengandalkan layanan pengumpulan dan pengelolaan dana ZISWAF melalui platform mobile, BSI juga bekerjasama dengan Baznas untuk pengembangan pengelolaan ZISWAF.


    Dalam kerjasama ini adalah penggunaan kartu Co-Brand Tap Cash IB Hasanah, pembinaan manajemen mitra penghimpunan Baznas, dan terciptanya kemudahan akses informasi data zakat antara kedua institusi.


    Peran BSI dalam memperkuat layanan counter di seluruh daerah, dan melakukan kolaborasi melalui fitur smart donation dan promosi lainnya. Sepertihalnya dalam publikasi dan literasi pada layanan ZISWAF.


    Mengingat tingkat literasi zakat di Indonesia masih tergolong menengah-rendah. Hal ini yang menyebabkan belum optimalnya realisasi ZISWAF selama ini.


    Selain itu, masyarakat juga masih banyak yang terbiasa mengumpulkan ZISWAF melalui pihak lain non-lembaga pengumpul resmi. Jumlah ZISWAF yang dikumpulkan di luar lembaga resmi.


    Untuk itu, Baznas sebagai lembaga pemerintah tengah gencar melakukan kampanye Gerakan Cinta Zakat yang telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo belum lama ini. Kampanye ini untuk mendorong peran pengumpulan ZISWAF, dan memastikan penyalurannya tepat sasaran.


    Dalam hal ini BSI telah mendukung penuh dengan tujuan lebih ke arah meningkatkan zakat ke masyarakat. Dalam konteks ini kita ingin ada satu penyadaran bahwa ada harta muzakki, ada harta Ilahiyah (ketuhanan). Berharap gerakan ini bergotong royong dan, saling membantu antar manusia yang didasari adanya harta ketuhanan tersebut.


    Diprediksi pengumpulan ZISWAF saat ini masih jauh dari harapan, dari potensi yang sebenarnya. Realisasi pengumpulan ZISWAF lebih dari Rp12 triliun pada tahun lalu diperoleh dari Baznas RI, Baznas provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, serta Lembaga Amil Zakat (LAZ) seluruh Indonesia.


    Untuk mendukung optimalkan pengelolaan ZISWAF yakni melalui penguatan kerjasama antar kelembagaan. Diyakini membangun kerjasama serta sinergi BSI dan Baznas atau lembaga lainnya yang semakin erat akan mendorong terwujudnya optimalisasi pengumpulan dan penyaluran ZISWAF.


    Dengan dukungan dari lembaga pemerintah serta media untuk bisa menyampaikan ke masyarakat bahwa potensi zakat adalah potensi untuk ekonomi, penyeimbang orang miskin dan kaya.


    Harapannya melalui peran Bank Syariah Indonesia ini, tentu bisa lebih dekat dengan masyarakat, sehingga dapat mendukung pemerintah mengoptimalkan ZISWAF dan juga menjangkau sampai ke pelosok daerah. (marno) 




     
    Berita Lainnya :
  • Dukung Pendidikan, Acer Hadirkan Laptop Chromebook Karya Anak Bangsa
  • BAZNAS Salurkan Bantuan Logistik Pasien Covid-19 di Jakarta
  • Pembangunan Sarana dan Prasana Pon XX TanggungJawab PUPR Usai
  • Percepat Target Herd Immunity, BSI Gelar Vaksinasi Masjid ke Masjid
  • Nantikan Peluncuran Huawei MatePad 11 di Indonesia Agustus Mendatang
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Dukung Pendidikan, Acer Hadirkan Laptop Chromebook Karya Anak Bangsa
    02 BAZNAS Salurkan Bantuan Logistik Pasien Covid-19 di Jakarta
    03 Pembangunan Sarana dan Prasana Pon XX TanggungJawab PUPR Usai
    04 Percepat Target Herd Immunity, BSI Gelar Vaksinasi Masjid ke Masjid
    05 Nantikan Peluncuran Huawei MatePad 11 di Indonesia Agustus Mendatang
    06 Kurban Online BAZNAS Meningkat Sebesar 75%
    07 Dukung Penyelenggaran Ibadah Haji, BPKH dan Danamon Syariah Bersinergi
    08 Acer Swift 3 Infinity 4 “Ocean Blue” Usung Sertifikasi Intel® Evo™
    09 BSI Salurkan Bansos Nontunai Tahun 2021 di Aceh
    10 BSI Lakukan Auto Migrasi Untuk Nasabah ex-BRIS
    11 DANA Kembangkan Fitur DANA eMAS Dapat Tarik Emas Fisik
    12 Acer Gandeng Konten Kreator Ternama Indonesia Gelar Online Workshop #MoreUp
    13 Smartfren Fiber in the Air, Buka Peluang Digitalisasi Bisnis
    14 Idul Adha 1442 H. BSI Salurkan 3.000 Hewan Kurban
    15 Masa PPKM Bengkel Resmi Hino Tetap Beroperasi
    16 Momentum Hari Idul Adha KAMI Hadirkan Koleksi Terbaru
    17 Dukung Program Pemerintah IKA UNPAR dan Auto2000 Gelar Vaksinasi Massal
    18 BSI Salurkan Zakat Perusahaan Rp72 Miliar ke BAZNAS
    19 Kontribusi Jasindo Syariah Catat Pertumbuhan Rp18,8 Miliar
    20 Wujudkan Indonesia Sehat, BSI Dukung Relawan Milenial Menggelar Vaksinasi
    21 Bank Danamon Gelar Program Festival Kolaborasi
    22 Smartfren Gandeng Adamsaysmusic Ajak Generasi Muda Terus Berkarya Tanpa Batas
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS