Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Era New Normal
Ekosistem Digital Perbankan Syariah Indonesia Suport UMKM
Jumat, 18-06-2021 - 23:32:17 WIB
UMKM menjadi tonggak pembangunan ekonomi nasional. (Ilustrasi/Net.)
TERKAIT:
 
  • Ekosistem Digital Perbankan Syariah Indonesia Suport UMKM
  •  

    SinggalangNews.com, Jakarta - Terjadinya pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 lalu telah menyebar hampir di seluruh wilayah Indonesia berdampak pada berbagai sektor kehidupan. Termasuk di sektor perekonomian, pendidikan, industri, bisnis UMKM dan lainnya.


    Akibatnya, menjadi pola kehidupan yang normal menjadi new normal. Dimana masyarakat harus mampu menyesuaikan dengan situasi di tengah pandemi, untuk tetap menjalani rutinitas hidup yang tidak bisa dihentikan. Begitu pula dengan aktivitas yang dilakukan pada sektor industri khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).


    Segala bentuk aktivitas di lingkungan bisnis harus tetap berjalan dan dilakukan. Meskipun pelaksanaan tidak dapat dilakukan seperti pada masa sebelum terjadinya pandemi Covid-19. Kegiatan yang sebelumnya tatap muka, beralih dengan moda online, dan pelayanan public juga dibatasi.


    Tentu tidak mudah bagi banyak pihak maupun kepada masyarakat. Hal tersebut dalam ekosistem digital perbankan syariah Indonesia turut mendorong memajukan pelaku UMKM di Indonesia. Terutama semakin menjangkau lebih luas pengetahuan masyarakat terhadap pertumbuhan ekonomi tanah air. Juga mendukung pemerintah untuk memberikan kebangkitan perekonomian nasional.


    Adanya respon positif dari Perbankan Syariah Indonesia masyarakat dapat memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi semakin membaik. Dengan pengubahan bentuk literasi sistem digitalisasi, akan menciptakan kemudahan dan mewujudkan tujuan terbesar negara Indonesia yaitu menciptakan kebangkitan perekonomian.


    Perlu kita juga menyadari bahwa masa pandemi Covid-19 sejak tahun lalu terjadi perubahan gaya hidup masyarakat secara menyeluruh. Berbagai sektor berubah secara masal dari kebiasaan sebelumnya. Berbagai aktivitas masyarakat telah berubah dari offline ke online.


    Hal ini mengakibatkan banyaknya masyarakat memanfaatkan digitalisasi sebagai fungsi dalam aktivitas pelaku bisnis UMKM mereka. Perubahan ini terjadi secara global, juga sangat banyak ditemui produk lokal, home industri yang di jual secara online dengan manfaatkan gadget mereka. Mulai dari produk beragam makanan, minuman, hingga kebutuhan keluarga lainnya.


    Masa era digital ini tidak hanya terjadi dalam dunia nyata (secara langsung) tetapi dapat terjadi melalui bisnis dengan memanfaatkan media sosial (medsos) lewat gadget mereka dalam dunia maya (secara tidak langsung). Pola seperti ini akan memudahkan meningkatkan kualitas ekonomi UMKM dan lebih efisien.


    Maka dari itu indonesia sebagai pengguna aktif smartphone terbesar ke-empat di dunia harus bijak dalam menggunakan media sosial, karena sesungguhnya perkembangan teknologi di bidang media sosial merupakan suatu upaya yang memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi untuk menjalani pola kehidupan.


    Dan responsif dari layanan Bank Syariah Indonesia akan mendorong seseorang untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan dirinya meskipun harus melakukan beberapa upaya, namun bukan menjadi masalah sebab rasa tertarik dan rasa suka menjadi dasar seseorang dalam melakukan aktivitas mereka.


    Bank syariah juga telah berperan penting dalam pemulihan ekonomi nasional saat ini. Seperti yang dikutip dari Wakil Presiden Republik Indonesia, berpesan kepada bank syariah Indonesia, supaya tetap berdaya tahan tinggi, daya saing tinggi, serta selalu memberikan kontribusi yang positif terhadap pemulihan ekonomi nasional.


    Sehingga dapat mewujudkan bangkitnya ekonomi Indonesia secara merata yang dapat mengimbangi dengan kualitas pelayanan BSI terbesar di Indonesia. Sehingga para pelaku bisnis UMKM dapat lebih mudah menjangkaunya.


    Adanya suport perbankan syariah Indonesia yakni, Bank Syariah Indonesia (BSI) sekaligus menjadi mitranya dalam memperkuat layanan digital bagi pelaku UMKM Indonesia secara menyeluruh. Ini akan menjadi pionir industri halal untuk mendukung ekonomi syariah di tanah air, seperti yang sedang digalakan pemerintah selama ini.


    Penduduk Indonesia sebagai besar mayoritas muslim, potensi produk halal akan menjadi peran penting dalam membangun pertumbuhan ekonomi syariah. Saat ini pemerintah juga sedang mempromosikan produk halal keseluruh wisatawan lokal, bahkan keluar negeri, guna meningkatkan ekonomi syariah nasional.


    Produk halal olahan UMKM sangat membantu bangkitnya ekonomi syariah di Indonesia. Terutama di masa new normal, dimana pemanfaatan teknologi informasi digital menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat, dalam mendukung produk-produk halal.


    Lewat dukungan layanan perbankan syariah Indonesia menjadi acuan dalam peningkatan UMKM yang menghasilkan produk-produk halal. Meliputi pemanfaatan produk dan layanan perbankan syariah, baik dana maupun pembiayaan. Selain oleh perusahaan induk, produk dan layanan perbankan syariah juga dapat mendukung pelaku UMKM Indonesia.


    Seperti diketahui saat ini Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai bank syariah terbesar di Indonesia telah melakukan kerjasama strategis dengan berbagai pihak, yang terkait dalam hal literasi pendanaan dan pembiayaan syariah, serta fasilitas produk-produk digital BSI, berikan manfaat bagi UMKM tanah air. 


    Diharapkan adanya suport perbankan syariah Indonesia dapat maksimalkan potensi pertumbuhan ekonomi UMKM dan dapat mendukung pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional, dan dapat mensejahterakan masyarakat Indonesia. (sumarno)




     
    Berita Lainnya :
  • Dukung Pendidikan, Acer Hadirkan Laptop Chromebook Karya Anak Bangsa
  • BAZNAS Salurkan Bantuan Logistik Pasien Covid-19 di Jakarta
  • Pembangunan Sarana dan Prasana Pon XX TanggungJawab PUPR Usai
  • Percepat Target Herd Immunity, BSI Gelar Vaksinasi Masjid ke Masjid
  • Nantikan Peluncuran Huawei MatePad 11 di Indonesia Agustus Mendatang
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Dukung Pendidikan, Acer Hadirkan Laptop Chromebook Karya Anak Bangsa
    02 BAZNAS Salurkan Bantuan Logistik Pasien Covid-19 di Jakarta
    03 Pembangunan Sarana dan Prasana Pon XX TanggungJawab PUPR Usai
    04 Percepat Target Herd Immunity, BSI Gelar Vaksinasi Masjid ke Masjid
    05 Nantikan Peluncuran Huawei MatePad 11 di Indonesia Agustus Mendatang
    06 Kurban Online BAZNAS Meningkat Sebesar 75%
    07 Dukung Penyelenggaran Ibadah Haji, BPKH dan Danamon Syariah Bersinergi
    08 Acer Swift 3 Infinity 4 “Ocean Blue” Usung Sertifikasi Intel® Evo™
    09 BSI Salurkan Bansos Nontunai Tahun 2021 di Aceh
    10 BSI Lakukan Auto Migrasi Untuk Nasabah ex-BRIS
    11 DANA Kembangkan Fitur DANA eMAS Dapat Tarik Emas Fisik
    12 Acer Gandeng Konten Kreator Ternama Indonesia Gelar Online Workshop #MoreUp
    13 Smartfren Fiber in the Air, Buka Peluang Digitalisasi Bisnis
    14 Idul Adha 1442 H. BSI Salurkan 3.000 Hewan Kurban
    15 Masa PPKM Bengkel Resmi Hino Tetap Beroperasi
    16 Momentum Hari Idul Adha KAMI Hadirkan Koleksi Terbaru
    17 Dukung Program Pemerintah IKA UNPAR dan Auto2000 Gelar Vaksinasi Massal
    18 BSI Salurkan Zakat Perusahaan Rp72 Miliar ke BAZNAS
    19 Kontribusi Jasindo Syariah Catat Pertumbuhan Rp18,8 Miliar
    20 Wujudkan Indonesia Sehat, BSI Dukung Relawan Milenial Menggelar Vaksinasi
    21 Bank Danamon Gelar Program Festival Kolaborasi
    22 Smartfren Gandeng Adamsaysmusic Ajak Generasi Muda Terus Berkarya Tanpa Batas
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS