Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
DPR Berikan Apresiasi Kinerja BAZNAS
Selasa, 15-06-2021 - 08:26:21 WIB
TERKAIT:
 
  • DPR Berikan Apresiasi Kinerja BAZNAS
  •  

    Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), mengapresiasi kinerja Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang diimplementasikan unit terkait dan lembaga-lembaga program. (Doc.BAZNAS)


    SinggalangNews.com, Jakarta - Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VIII DPR dengan BAZNAS dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), yang dipimpin Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Dr. Tb. Ace Hasan Syadzily (Fraksi Partai Golkar), di Gedung DPR, Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (14/6/2021).


    DPR mengapresiasi program sertifikasi amil, pemberian beasiswa dan pemberdayaan pesantren. Parlemen juga mengapresiasi program-program milineal dan kerja sama dengan kalangan kampus. Di samping itu juga program pemberdayaan peternak mustahik seperti pendampingan dan pembibitan ternak.


    Rapat dihadiri 12 anggota Komisi VIII DPR lintas fraksi seperti Lisda Hendra Joni (Fraksi Partai Nasdem), Endang Maria Astuti dan John Kenedy Azis (Fraksi Partai Golkar); Muhamad Rizal (Fraksi PAN); Achmad (Fraksi Partai Demokrat).


    Dari Badan Amil Zakat Nasional hadir Ketua BAZNAS, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA; Wakil Ketua BAZNAS, Mo Mahdum; Pimpinan BAZNAS, Zainulbahar Noor, Nadratuzzaman Hosen, Nur Chamdani, Rizaludin Kurniawan, Saidah Sakwan; Dirut BAZNAS, Arifin Purwakananta; Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan, Wahyu TT. Kuncahyo; Sekretaris BAZNAS, Dr. Ahmad Zayadi.


    Lisda Hendra Joni (Fraksi Partai Nasdem), menyampaikan penghargaannya terhadap segala proses yang dilakukan oleh BAZNAS dalam upaya pengentasan kemiskinan di Indonesia.


    “Kami juga mengapresiasi atas diluncurkannya Gerakan Cinta Zakat, karena di dalamnya juga melibatkan millenial. Saya kira hal ini harus terus dilanjutkan, melihat banyaknya generasi milenial yang sudah paham mengenai zakat,” katanya.


    Menurutnya, terdapat beberapa program yang luar biasa yang selama ini dijalankan BAZNAS seperti program ekstensifikasi UPZ yang dilakukan dengan KUA, dan yang akan datang bersama KBRI. Hal ini tentu mampu memaksimalkan potensi zakat yang ada.


    Endang Maria Astuti (Fraksi Partai Golkar) juga mengapresiasi jika program BAZNAS juga menyasar kepada kalangan milenial, terutama di masa pandemi Covid-19. "Berharap program BAZNAS dikenal di kalangan muda, sehingga ketika nanti berhasil, mereka akan mengenal BAZNAS dan otomatis akan tersosialisasikan dengan baik," ungkapnya.


    Dengan waktu yang sama John Kenedy Azis (Fraksi Partai Golkar), juga memuji kinerja BAZNAS yang dipimpin sahabatnya, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA, yang pernah menjadi Wakil Ketua Komisi VIII DPR.


    Sementara Muhamad Rizal (Fraksi PAN), mengusulkan agar BAZNAS bisa disosialisasikan mulai dari pusat hingga ke daerah, bahkan sampai tingkat kecamatan, katanya.


    "Ini terjadi di mana-mana. Perlunya supaya ada sosialisasi yang masif. Bukan hanya provinsi atau kabupaten tapi hingga kecamatan harus dilakukan," ujarnya.


    Sementara Achmad (Fraksi Partai Demokrat) juga salut dengan kewenangan BAZNAS yaitu mengumpulkan zakat, mengelola zakat, dan mendistribusi zakat. "Ini luar biasa. Satu badan punya 3 otoritas," ungkapnya.


    Hal yang sama disampaikan Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Tb Ace Hasan Syadzily, Komisi VIII DPR mengapresiasi kinerja BAZNAS yang diimplementasi unit kerja dan lembaga program.


    "Kami terus mendorong BAZNAS agar mampu meningkatkan pengumpulan zakat, infak, sedekah serta dana sosial dan keagamaan lainnya (ZIS-DKSL) melalui peningkatan kepercayaan publik (public trust) terhadap pengelolaan zakat yang dilakukan BAZNAS dan Lembaga Amil Zakat,” kata Tb. Ace Hasan Syadzily.


    Menurut dia, apresiasi dibarengi komitmen DPR yang juga akan mengupayakan regulasi terkait pemberian insentif kepada pembayar zakat atau muzaki. Yakni, tandas Ace, dengan menjadikan nilai 2.5% zakat dapat menjadi pengurang persentase pajak perorangan atau perusahaan melalui peningkatan koordinasi dengan Kementerian Keuangan.


    Sementara itu, Ketua BAZNAS, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, mengucapkan terima kasih kepada Komisi VIII yang telah memberikan apresiasi dan mendukung penguatan kelembagaan BAZNAS. “Semoga hal ini bisa mendorong BAZNAS menjadi `pilihan pertama pembayar zakat, lembaga utama menyejahterakan umat`,” katanya.


    Prof. Noor Achmad memaparkan laporan kinerja zakat 2021 kuartal pertama. Pengumpulan zakat, infak, sedekah (ZIS), berdasarkan data 52,6 % yang masih masuk hingga 11 Juni 2021 mencapai Rp600,781,737,334 dan penyaluran ZIS di nasional berdasarkan data 36,2% yang masuk hingga 11 Juni, mencapai total sebesar Rp298,915,082,494.


    Selain itu, BAZNAS juga mengoptimalkan peran zakat dari kaum milenial, kampus dan pesantren. Layanan zakat online adalah yang paling diminati oleh donatur milenial BAZNAS. Saat ini terdapat lebih dari 90 mitra digital yang bekerja sama dengan BAZNAS.


    "Hal ini, BAZNAS terus melakukan penguatan regulasi, kelembagaan hingga penguatan sumber daya manusia (SDM) guna meningkatkan kepercayaan masyarakat, serta mewujudkan BAZNAS sebagai lembaga utama dalam upaya menyejahterakan ummat,” ucap Prof. Noor Achmad.


    Dia menyampaikan usulan peningkatan anggaran operasional BAZNAS berbasis APBN pada tahun 2021 sebesar Rp7 miliar lebih menjadi Rp88 miliar. Ini untuk penguatan sosialisasi dan koordinasi zakat secara nasional, pungkasnya. (sm_r)




     
    Berita Lainnya :
  • Dukung Pendidikan, Acer Hadirkan Laptop Chromebook Karya Anak Bangsa
  • BAZNAS Salurkan Bantuan Logistik Pasien Covid-19 di Jakarta
  • Pembangunan Sarana dan Prasana Pon XX TanggungJawab PUPR Usai
  • Percepat Target Herd Immunity, BSI Gelar Vaksinasi Masjid ke Masjid
  • Nantikan Peluncuran Huawei MatePad 11 di Indonesia Agustus Mendatang
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Dukung Pendidikan, Acer Hadirkan Laptop Chromebook Karya Anak Bangsa
    02 BAZNAS Salurkan Bantuan Logistik Pasien Covid-19 di Jakarta
    03 Pembangunan Sarana dan Prasana Pon XX TanggungJawab PUPR Usai
    04 Percepat Target Herd Immunity, BSI Gelar Vaksinasi Masjid ke Masjid
    05 Nantikan Peluncuran Huawei MatePad 11 di Indonesia Agustus Mendatang
    06 Kurban Online BAZNAS Meningkat Sebesar 75%
    07 Dukung Penyelenggaran Ibadah Haji, BPKH dan Danamon Syariah Bersinergi
    08 Acer Swift 3 Infinity 4 “Ocean Blue” Usung Sertifikasi Intel® Evo™
    09 BSI Salurkan Bansos Nontunai Tahun 2021 di Aceh
    10 BSI Lakukan Auto Migrasi Untuk Nasabah ex-BRIS
    11 DANA Kembangkan Fitur DANA eMAS Dapat Tarik Emas Fisik
    12 Acer Gandeng Konten Kreator Ternama Indonesia Gelar Online Workshop #MoreUp
    13 Smartfren Fiber in the Air, Buka Peluang Digitalisasi Bisnis
    14 Idul Adha 1442 H. BSI Salurkan 3.000 Hewan Kurban
    15 Masa PPKM Bengkel Resmi Hino Tetap Beroperasi
    16 Momentum Hari Idul Adha KAMI Hadirkan Koleksi Terbaru
    17 Dukung Program Pemerintah IKA UNPAR dan Auto2000 Gelar Vaksinasi Massal
    18 BSI Salurkan Zakat Perusahaan Rp72 Miliar ke BAZNAS
    19 Kontribusi Jasindo Syariah Catat Pertumbuhan Rp18,8 Miliar
    20 Wujudkan Indonesia Sehat, BSI Dukung Relawan Milenial Menggelar Vaksinasi
    21 Bank Danamon Gelar Program Festival Kolaborasi
    22 Smartfren Gandeng Adamsaysmusic Ajak Generasi Muda Terus Berkarya Tanpa Batas
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS