Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Simposium Amerika Eropa 2021
PPID Meneliti, Jalur Rempah Menjadi Jaringan Peradaban Global
Rabu, 09-06-2021 - 07:10:23 WIB
Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dengan materi “Pemajuan Ekonomi Kreatif Indonesia”, pada Simposium SAE Iberia 2021. (Doc.)
TERKAIT:
 
  • PPID Meneliti, Jalur Rempah Menjadi Jaringan Peradaban Global
  •  

    SinggalangNews.com - Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang sangat beragam. Letak geografis serta iklim tropis Indonesia merupakan anugerah bagi masyarakat Indonesia.


    Kekayaan dan hasil alam Indonesia telah menarik perhatian banyak negara lain di dunia. Salah satu hasil alam yang paling terkenal ialah rempah-rempahnya.


    Hal tersebut Direktorat Jenderal Kebudayaan mengembangkan proyek strategis memperkenalkan dan mengembangkan kekayaan budaya Indonesia, perkuat karakter bangsa, dan menyejahterakan rakyat.


    Namun, program jalur rempah yang mulai hangat digaungkan pada 2020, nampaknya masih menimbulkan banyak miskonsepsi. Karena kurangnya sosialisasi pemerintah kepada masyarakat.


    Oleh karena itu, Perhimpunan Pelajar Indonesia Daerah Kawasan Amerika Eropa (PPIDK Amerika Eropa) menginisiasi, melakukan kajian mengenai program jalur rempah dengan mengusung tema “Jalur Rempah Sebagai Jaringan Peradaban Global” dan melalui Simposium Amerika Eropa (SAE) Iberia 2021 untuk menyebarluaskan hasil kajian yang telah dilakukan.


    Dan sebagai media memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai visi misi kemajuan budaya, ekonomi, dan riset Indonesia.


    Simposium Amerika Eropa (SAE) Iberia 2021 diselenggarakan Sabtu (5/6) melaui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan tersebut dibagi menjadi 3 panel, yakni Panel pertama bertemakan “Visi Kemajuan Budaya Indonesia” dihadiri oleh Yulianto Yudo (TK SAE Iberia 2021, SAE Iberia) yang menyampaikan materi berjudul “Laporan Iberia 2021, Kemajuan Budaya Melalui Kesadaran Sejarah Jalur Rempah”.


    Hasil laporan tersebut merupakan hasil dari kajian tim dari pelajar Indonesia di seluruh penjuru Eropa. Pada kesempatan ini, beliau menjelaskan perbedaan urgensi jalur rempah di masa lalu dan kini. “Saa ini kita melihat jalur rempah sebagai program gotong-royong memajukan budaya Indonesia. Kita tidak lagi  melihat jalur rempah sebagai komoditas, namun kita mengambil nilai-nilai yang relevan masa kini.”


    Berdasarkan hasil kajian, terdapat tema yang menjadi fokus kemajuan Indonesia yaitu seni dan tradisi, Kemajuan Museum Indonesia, UMKM, Gastronomi, dan Kemajuan Riset Obat Herbal.


    Materi selanjutnya yaitu “Jalur Rempah dan Visi Kemajuan Budaya Indonesia” yang disampaikan oleh Dr. Hilmar Farid Direktur Jenderal Kebudayaan, bahwa amanat memajukan kebudayaan Indonesia tertera di dalam UUD 1945 pasal 32 ayat 1. rumusan demi kemajuan budaya Indonesia, “Berpijak pada sumber daya lokal, memperkuat tatanan nasional, dan berkiprah di dunia internasional.” 


    Materi terakhir dalam panel pertama “Jalur Rempah dan Potensi Inskripsi Warisan Budaya Dunia UNESCO” oleh Prof. Dr. Surya Rosa Putra Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO.


    Panel kedua bertema “Visi Kemajuan Ekonomi Indonesia” dihadiri oleh Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dengan materi “Pemajuan Ekonomi Kreatif Indonesia”, bahwa masyarakat Indonesia memiliki potensi yang besar untuk sukses dibidang industri kreatif. Pemerintah telah melakukan upaya untuk meningkatkan dan bangkitkan industri ekonomi kreatif yang terdampak pandemi COVID-19.


    Berharap, “Generasi milenial dapat menjadi agen perubahan dan ikut berkontribusi dalam industri ekonomi kreatif Indonesia,” ungkapnya.


    Materi selanjutnya “Membangun Wisata Berkelanjutan Melalui Jalur Budaya” disampaikan oleh Dr. Silvia de Ascaniis dari Universita della Svizerra Italiana, Swiss.


    Panel ketiga bertema “Visi Pemajuan Riset Indonesia” dihadiri oleh Dr. Laksono Tri Handoko Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, menyampaikan materi yang berjudul “Visi Pemajuan Riset Indonesia”, kemudian dilanjutkan oleh Dr. M. Taufik Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia yang menyampaikan materi berjudul “Preservasi dan Riset Arsip Jalur Rempah”.


    Dengan diselenggarakannya Simposium SAE Iberia 2021, dapat memberikan pencerahan dan semangat baru kepada genarasi muda Indonesia dengan memberikan kontribusi dan peran aktif serta inovasi yang dibutuhkan untuk memajukan Indonesia terutama melalui program jalur rempah.


    Hasil kajian ini juga ditujukan untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia. Dalam memajukan upaya inskripsi Jalur Rempah Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO, pungkasnya. (sm_r)




     
    Berita Lainnya :
  • Dukung Pendidikan, Acer Hadirkan Laptop Chromebook Karya Anak Bangsa
  • BAZNAS Salurkan Bantuan Logistik Pasien Covid-19 di Jakarta
  • Pembangunan Sarana dan Prasana Pon XX TanggungJawab PUPR Usai
  • Percepat Target Herd Immunity, BSI Gelar Vaksinasi Masjid ke Masjid
  • Nantikan Peluncuran Huawei MatePad 11 di Indonesia Agustus Mendatang
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Dukung Pendidikan, Acer Hadirkan Laptop Chromebook Karya Anak Bangsa
    02 BAZNAS Salurkan Bantuan Logistik Pasien Covid-19 di Jakarta
    03 Pembangunan Sarana dan Prasana Pon XX TanggungJawab PUPR Usai
    04 Percepat Target Herd Immunity, BSI Gelar Vaksinasi Masjid ke Masjid
    05 Nantikan Peluncuran Huawei MatePad 11 di Indonesia Agustus Mendatang
    06 Kurban Online BAZNAS Meningkat Sebesar 75%
    07 Dukung Penyelenggaran Ibadah Haji, BPKH dan Danamon Syariah Bersinergi
    08 Acer Swift 3 Infinity 4 “Ocean Blue” Usung Sertifikasi Intel® Evo™
    09 BSI Salurkan Bansos Nontunai Tahun 2021 di Aceh
    10 BSI Lakukan Auto Migrasi Untuk Nasabah ex-BRIS
    11 DANA Kembangkan Fitur DANA eMAS Dapat Tarik Emas Fisik
    12 Acer Gandeng Konten Kreator Ternama Indonesia Gelar Online Workshop #MoreUp
    13 Smartfren Fiber in the Air, Buka Peluang Digitalisasi Bisnis
    14 Idul Adha 1442 H. BSI Salurkan 3.000 Hewan Kurban
    15 Masa PPKM Bengkel Resmi Hino Tetap Beroperasi
    16 Momentum Hari Idul Adha KAMI Hadirkan Koleksi Terbaru
    17 Dukung Program Pemerintah IKA UNPAR dan Auto2000 Gelar Vaksinasi Massal
    18 BSI Salurkan Zakat Perusahaan Rp72 Miliar ke BAZNAS
    19 Kontribusi Jasindo Syariah Catat Pertumbuhan Rp18,8 Miliar
    20 Wujudkan Indonesia Sehat, BSI Dukung Relawan Milenial Menggelar Vaksinasi
    21 Bank Danamon Gelar Program Festival Kolaborasi
    22 Smartfren Gandeng Adamsaysmusic Ajak Generasi Muda Terus Berkarya Tanpa Batas
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS