Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Simposium Amerika Eropa 2021
PPID Meneliti, Jalur Rempah Menjadi Jaringan Peradaban Global
Rabu, 09-06-2021 - 07:10:23 WIB
Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dengan materi “Pemajuan Ekonomi Kreatif Indonesia”, pada Simposium SAE Iberia 2021. (Doc.)
TERKAIT:
 
  • PPID Meneliti, Jalur Rempah Menjadi Jaringan Peradaban Global
  •  

    SinggalangNews.com - Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang sangat beragam. Letak geografis serta iklim tropis Indonesia merupakan anugerah bagi masyarakat Indonesia.


    Kekayaan dan hasil alam Indonesia telah menarik perhatian banyak negara lain di dunia. Salah satu hasil alam yang paling terkenal ialah rempah-rempahnya.


    Hal tersebut Direktorat Jenderal Kebudayaan mengembangkan proyek strategis memperkenalkan dan mengembangkan kekayaan budaya Indonesia, perkuat karakter bangsa, dan menyejahterakan rakyat.


    Namun, program jalur rempah yang mulai hangat digaungkan pada 2020, nampaknya masih menimbulkan banyak miskonsepsi. Karena kurangnya sosialisasi pemerintah kepada masyarakat.


    Oleh karena itu, Perhimpunan Pelajar Indonesia Daerah Kawasan Amerika Eropa (PPIDK Amerika Eropa) menginisiasi, melakukan kajian mengenai program jalur rempah dengan mengusung tema “Jalur Rempah Sebagai Jaringan Peradaban Global” dan melalui Simposium Amerika Eropa (SAE) Iberia 2021 untuk menyebarluaskan hasil kajian yang telah dilakukan.


    Dan sebagai media memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai visi misi kemajuan budaya, ekonomi, dan riset Indonesia.


    Simposium Amerika Eropa (SAE) Iberia 2021 diselenggarakan Sabtu (5/6) melaui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan tersebut dibagi menjadi 3 panel, yakni Panel pertama bertemakan “Visi Kemajuan Budaya Indonesia” dihadiri oleh Yulianto Yudo (TK SAE Iberia 2021, SAE Iberia) yang menyampaikan materi berjudul “Laporan Iberia 2021, Kemajuan Budaya Melalui Kesadaran Sejarah Jalur Rempah”.


    Hasil laporan tersebut merupakan hasil dari kajian tim dari pelajar Indonesia di seluruh penjuru Eropa. Pada kesempatan ini, beliau menjelaskan perbedaan urgensi jalur rempah di masa lalu dan kini. “Saa ini kita melihat jalur rempah sebagai program gotong-royong memajukan budaya Indonesia. Kita tidak lagi  melihat jalur rempah sebagai komoditas, namun kita mengambil nilai-nilai yang relevan masa kini.”


    Berdasarkan hasil kajian, terdapat tema yang menjadi fokus kemajuan Indonesia yaitu seni dan tradisi, Kemajuan Museum Indonesia, UMKM, Gastronomi, dan Kemajuan Riset Obat Herbal.


    Materi selanjutnya yaitu “Jalur Rempah dan Visi Kemajuan Budaya Indonesia” yang disampaikan oleh Dr. Hilmar Farid Direktur Jenderal Kebudayaan, bahwa amanat memajukan kebudayaan Indonesia tertera di dalam UUD 1945 pasal 32 ayat 1. rumusan demi kemajuan budaya Indonesia, “Berpijak pada sumber daya lokal, memperkuat tatanan nasional, dan berkiprah di dunia internasional.” 


    Materi terakhir dalam panel pertama “Jalur Rempah dan Potensi Inskripsi Warisan Budaya Dunia UNESCO” oleh Prof. Dr. Surya Rosa Putra Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO.


    Panel kedua bertema “Visi Kemajuan Ekonomi Indonesia” dihadiri oleh Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dengan materi “Pemajuan Ekonomi Kreatif Indonesia”, bahwa masyarakat Indonesia memiliki potensi yang besar untuk sukses dibidang industri kreatif. Pemerintah telah melakukan upaya untuk meningkatkan dan bangkitkan industri ekonomi kreatif yang terdampak pandemi COVID-19.


    Berharap, “Generasi milenial dapat menjadi agen perubahan dan ikut berkontribusi dalam industri ekonomi kreatif Indonesia,” ungkapnya.


    Materi selanjutnya “Membangun Wisata Berkelanjutan Melalui Jalur Budaya” disampaikan oleh Dr. Silvia de Ascaniis dari Universita della Svizerra Italiana, Swiss.


    Panel ketiga bertema “Visi Pemajuan Riset Indonesia” dihadiri oleh Dr. Laksono Tri Handoko Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, menyampaikan materi yang berjudul “Visi Pemajuan Riset Indonesia”, kemudian dilanjutkan oleh Dr. M. Taufik Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia yang menyampaikan materi berjudul “Preservasi dan Riset Arsip Jalur Rempah”.


    Dengan diselenggarakannya Simposium SAE Iberia 2021, dapat memberikan pencerahan dan semangat baru kepada genarasi muda Indonesia dengan memberikan kontribusi dan peran aktif serta inovasi yang dibutuhkan untuk memajukan Indonesia terutama melalui program jalur rempah.


    Hasil kajian ini juga ditujukan untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia. Dalam memajukan upaya inskripsi Jalur Rempah Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO, pungkasnya. (sm_r)




     
    Berita Lainnya :
  • Peduli Sampah Plastik, Yayasan WINGS Peduli Kampanyeksn #PilahDariSekarang
  • Gerakan Tokopedia Hijau Tingkatkan Bisnis dan Produk Ramah Lingkungan
  • KB Bank Syariah Dapat Penghargaan Peringkat AAA dengan Outlook Stabil dari Fitch Ratings
  • Peduli Palestina, KNRPP Salurkan Infak Kemanusiaan Lewat BAZNAS RI
  • Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Peduli Sampah Plastik, Yayasan WINGS Peduli Kampanyeksn #PilahDariSekarang
    02 Gerakan Tokopedia Hijau Tingkatkan Bisnis dan Produk Ramah Lingkungan
    03 KB Bank Syariah Dapat Penghargaan Peringkat AAA dengan Outlook Stabil dari Fitch Ratings
    04 Peduli Palestina, KNRPP Salurkan Infak Kemanusiaan Lewat BAZNAS RI
    05 Datascrip Kenalkan 3 Proyektor Teknologi Laser Ramah Lingkungan
    06 Service di Auto2000 Berhadiah Sepeda Motor Matik Honda BeAT
    07 Baznas Salurkan 137 Ribu Paket Beras Zakat Fitrah hingga Pelosok Indonesia
    08 Smartfren Community Gelar Program Santri Ngonten 100% Kebaikan
    09 Ramadhan, BAZNAS Bersama INH Bagikan Hidangan Untuk Warga Palestina
    10 Wings Care Rilis So Fresh Minyak Angin Aromatherapy Anti Tepar Saat Mudik Lebaran
    11 Bulan Ramadan, Bank Muamalat dan BMM Gelar Aksi Sosial
    12 JES Bagikan 100 Paket Sembako Untuk Masyarakat Kurang Mampu
    13 Baznas bersama Mitratel Salurkan Paket Ramadhan dan Buka Puasa di 11 Wilayah
    14 Melalui Program “Berbagi Keberkahan Ramadhan 1445 H” AASI Salurkan Donasi Sosial 250 Juta
    15 Bangun Kebersamaan, KPN Corp Selenggarakan Acara Buka Puasa Bersama
    16 Auto2000 Operasikan 9 Posko dan 115 Bengkel Siaga 24 Jam
    17 Musim Mudik Lebaran 2024, Baznas Buka 28 Titik Pos Mudik Siaga
    18 Baznas dan Tokopedia Bagikan 5 Tips Kelola THR dengan Bijak
    19 Bulan Ramadan, Kecap Sedaap Gelar Program Berbagi di 5 Titik lokasi Jakarta dan Bandung
    20 BAZNAS Bersama TNI AL Gelar Buka Puasa Bersama Ojol dan Masyarakat Pesisir di Marunda
    21 Blibli XPO Bandung, Tawarkan Promo Smartphone dan Gadget Hingga Rp5,2 Juta
    22 Sambut Lebaran, Supersol Bersihkan Ikon Wisata Religi Provinsi Banten
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS