Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Kapolri Siapkan Strategi Pengamanan PON ke XX dan Papernas XVI 2021 di Papua
Jumat, 28-05-2021 - 06:59:15 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan telah menyiapkan strategi untuk menjamin keamanan di pelaksanaan PON ke-XX dan Peparnas XVI 2021 di Papua
TERKAIT:
 
  • Kapolri Siapkan Strategi Pengamanan PON ke XX dan Papernas XVI 2021 di Papua
  •  

    JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Papua, Kamis (27/5/2021)

    Pada kesempatan itu, Kapolri mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI- Polri serta masyarakat yang turut serta menjaga keamanan Bumi Cendrawasih.

    "Tujuan kunjungan saya dan Panglima ke Papua untuk melihat langsung situasi keamanan di Papua. Berdasarkan kalender kamtibmas ada beberapa agenda penting yang dilaksanakan di Papua seperti PON ke XX dan Papernas XVI 2021 dan sebagainya yang membutuhkan situasi kamtibmas yang aman dan nyaman," kata Sigit.

    Terkait agenda PON dan Peparnas, Sigit mengaku dirinya dan Panglima TNI telah menyiapkan strategi pengamanan dengan melibatkan stakeholders lainnya seperti Pemprov, tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat.

    Lebih lanjut, mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini sedang fokus dalam pembangunan Papua, baik infrastruktur, kesejahteraan, pendidikan, kesehatan dan lainnya.

    "Bapak presiden telah memberikan perhatian khusus kepada Papua agar melakukan percepatan pembangunan seperti daerah-daerah lainnya," ungkapnya.

    Upaya ini, lanjut dia, merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk mengubah paradigma pembangunan dari Jawa sentris menjadi Indonesia sentris.

    Mantan Kapolda Banten ini pun membeberkan beberapa pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah seperti beberapa pembangunan jembatan, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) RI dan Papua Nugini, Bandara, Pelabuhan dan Pasar.

    Sedangkan pembangunan infrastruktur lainnya yang akan dilanjutkan yakni Jalan Trans Papua yang menghubungkan Papua Barat dan Papua, membentang dari Sorong hingga Merauke dengan panjang 4.330,07 KM.

    Kemudian pembangunan Palapa Ring yang menjangkau 51 Kabupaten/Kota, Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG), Pembangkit Listrik Tenaga Air, Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro, pembangunan jalan perbatasan RI-Papua Nugini, Pembangunan Stadion Lukas Enembe dan lainnya.

    Selain itu, upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk membangun SDM unggul Papua yakni dari segi ekonomi dilakukan pendampingan terhadap UMKM, pengembangan masyarakat berbasis desa, pembangunan bibit babi unggul melalui inseminasi buatan.

    Dari segi pendidikan, pemerintah membangun rumah untuk guru, asrama untuk pelajar dan mahasiswa serta memberikan bantuan rehabilitasi infrastruktur sekolah.

    Dari segi kesehatan, membangun gedung poliklinik di RSUD Jayapura, program pengobatan gratis dan pelayanan pengendalian penyakit malaria.

    "Pembangunan yang sedang berjalan ini harus didukung dengan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang tentunya menjadi tanggungjawab seluruh pihak dan masyarakat Papua," ungkap jenderal bintang empat ini.

    Menurut Sigit, saat ini ada beberapa permasalahan yang membuat program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di Papua terhambat. Salah satunya adalah belum tersosialisasi upaya pemerintah tersebut.

    "Berkaitan dengan itu Bapak Presiden berharap agar penyelesaian masalah tersebut dilakukan melalui tatap muka dan dialog dengan memperhatikan adat istiadat, serta frekuensi yang sama sehingga menjadi dasar dalam membangun Papua," ucapnya.

    Oleh karena itu, Sigit mengaku dirinya bersama Panglima TNI saat ini datang langsung untuk melakukan tatap muka dan dialog bersama tokoh agama, adat dan masyakarat guna mendapat dukungan dan masukan untuk menyelesaikan segala permasalahan.

    "Harapan saya dengan adanya dialog ini, masyarakat Papua dapat berperan aktif dan secara bersama-sama menjaga stabilitas keamanan untuk mewujudkan pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia Papua yang unggul, serta mampu mengelola sumber daya alam secara maksimal sehingga menjamin kesejahteraan masyarakat Papua," tutup mantan Kadiv Propam Mabes Polri ini. (rilis)




     
    Berita Lainnya :
  • Dukung Pendidikan, Acer Hadirkan Laptop Chromebook Karya Anak Bangsa
  • BAZNAS Salurkan Bantuan Logistik Pasien Covid-19 di Jakarta
  • Pembangunan Sarana dan Prasana Pon XX TanggungJawab PUPR Usai
  • Percepat Target Herd Immunity, BSI Gelar Vaksinasi Masjid ke Masjid
  • Nantikan Peluncuran Huawei MatePad 11 di Indonesia Agustus Mendatang
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Dukung Pendidikan, Acer Hadirkan Laptop Chromebook Karya Anak Bangsa
    02 BAZNAS Salurkan Bantuan Logistik Pasien Covid-19 di Jakarta
    03 Pembangunan Sarana dan Prasana Pon XX TanggungJawab PUPR Usai
    04 Percepat Target Herd Immunity, BSI Gelar Vaksinasi Masjid ke Masjid
    05 Nantikan Peluncuran Huawei MatePad 11 di Indonesia Agustus Mendatang
    06 Kurban Online BAZNAS Meningkat Sebesar 75%
    07 Dukung Penyelenggaran Ibadah Haji, BPKH dan Danamon Syariah Bersinergi
    08 Acer Swift 3 Infinity 4 “Ocean Blue” Usung Sertifikasi Intel® Evo™
    09 BSI Salurkan Bansos Nontunai Tahun 2021 di Aceh
    10 BSI Lakukan Auto Migrasi Untuk Nasabah ex-BRIS
    11 DANA Kembangkan Fitur DANA eMAS Dapat Tarik Emas Fisik
    12 Acer Gandeng Konten Kreator Ternama Indonesia Gelar Online Workshop #MoreUp
    13 Smartfren Fiber in the Air, Buka Peluang Digitalisasi Bisnis
    14 Idul Adha 1442 H. BSI Salurkan 3.000 Hewan Kurban
    15 Masa PPKM Bengkel Resmi Hino Tetap Beroperasi
    16 Momentum Hari Idul Adha KAMI Hadirkan Koleksi Terbaru
    17 Dukung Program Pemerintah IKA UNPAR dan Auto2000 Gelar Vaksinasi Massal
    18 BSI Salurkan Zakat Perusahaan Rp72 Miliar ke BAZNAS
    19 Kontribusi Jasindo Syariah Catat Pertumbuhan Rp18,8 Miliar
    20 Wujudkan Indonesia Sehat, BSI Dukung Relawan Milenial Menggelar Vaksinasi
    21 Bank Danamon Gelar Program Festival Kolaborasi
    22 Smartfren Gandeng Adamsaysmusic Ajak Generasi Muda Terus Berkarya Tanpa Batas
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS