Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Hino Sistem Common Rail EURO4 Menjadi Andalan Bisnis
Jumat, 30-04-2021 - 13:32:58 WIB
Hino terapkan inovasi kendaraan standar emisi EURO 4, bermesin common rail. (*)
TERKAIT:
 
  • Hino Sistem Common Rail EURO4 Menjadi Andalan Bisnis
  •  

    SinggalangNews.com, JAKARTA - Hino sebagai market leader medium duty truck di Indonesia selama lebih dari 20 tahun memberikan teknologi terbaik melalui kendaraan Hino yang tangguh, kuat dan terkenal mampu melewati medan ekstrem sekalipun. 


    Dan terbukti Hino sebagai pemain utama dalam kendaraan komersial adalah ketika tahun 1995, Hino Motors Limited (HML) Japan menjadi produsen kendaraan komersial pertama yang mengembangkan teknologi common rail di dunia. 


    Untuk saat ini, Hino Indonesia yang merupakan salah satu basis produksi Hino di dunia, tercatat sebagai merek kendaraan komersial di Indonesia yang melakukan ekspor kendaraan utuh atau Completely Build Up (CBU) untuk kategori kendaraan komersial truk dan bis (Light Duty). 


    Hino Indonesia telah melakukan ekspor kendaraan utuh sejak tahun 2010 sampai dengan saat ini, dengan truk yang di ekspor ke berbagai negara di ASEAN dan Amerika Latin. Terutama yang sudah standar emisi EURO 4, bermesin common rail ke Filipina dan Vietnam.


    Masato Uchida, President Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), menjelaskan, “Dalam fase Hino Road to Euro4 saat ini, berbagai pengembangan kendaraan telah kami lakukan sebagai pemain utama bus dan truk di Indonesia. Hal ini untuk memastikan kesiapan implementasi standar emisi Euro4 tahun depan”.


    Di Indonesia sendiri, Hino kenalkan teknologi mesin common rail sejak tahun 2012. Saat ini beberapa model truk dan bus Hino yang bermesin common rail sudah menjadi andalan para pebisnis di Indonesia Seperti Hino Ranger FM 285 JD untuk dump, Ranger FL 245 JN dan FM 350 TH untuk cargo dan Hino bus RN 285. 


    Dimana kendaraan Hino sudah menggunakan sistem akumulator tekanan bahan bakar yang disebut common rail, yaitu bahan bakar disemprotkan ke ruang bakar oleh injektor yang dikontrol secara elektronik. Kerja injector menentukan jumlah dan waktu bahan bakar disemprotkan yang diatur oleh komputer mesin atau ECU.


    Sehingga kombinasi inilah yang digunakan meningkatkan kerja mesin diesel sekarang ini. Mesin injeksi common rail memungkinkan kontrol emisi dan konsumsi bahan bakar dan tenaga yang lebih baik. Dengan kata lain, mesin dengan teknologi common rail memberikan lebih banyak tenaga kendaraan dan mengonsumsi lebih sedikit bahan bakar, menghasilkan lebih sedikit emisi sehingga mesin Common Rail menjadi lebih irit.


    Hino Indonesia selalu kembangkan Best Fit Product, yaitu produk sesuai dengan berbagai  kebutuhan bisnis dan operasional customer. Dengan jajaran line up terlengkap, produk Hino dikembangkan dengan konsep QDR, Quality Durability dan Reliability.


    Hino produk basis mesin common rail sudah teruji dan terbukti karena Hino merupakan produsen pertama di dunia yang mengembangkan teknologi mesin tersebut. Engine Hino Common Rail memiliki berbagai macam keunggulan seperti sistem supply bahan bakar Hino Common Rail memiliki 3x penyaringan bahan bakar, hal ini melindungi engine dari kontaminasi bahan bakar.


    Selain itu Injector menggunakan Diamond Like Carbon (DLC) yang membuat durabilitas dari injector sangat baik tahan terhadap gesekan. Sistem common rail turut juga menghasilkan emisi gas buang lebih rendah dan ramah lingkungan karena pembakaran lebih sempurna karena pengaturan untuk injeksi, waktu, jumlah dan tekanan dapat diatur membuat emisi jauh lebih rendah.


    Disampaikan oleh Santiko Wardoyo Chief Operating Officer (COO) Director HMSI, “Hino Ranger dan Hino Bus untuk beberapa model sudah mengadopsi teknologi common rail, dan hasilnya cukup baik dan diterima menjadi andalan para konsumen dalam menjalankan bisnisnya disini. Untuk itu ini menjadi bukti bahwa kendaraan kami dapat diandalkan termasuk nanti saat era Euro4 tiba”.


    Mesin Hino common rail sudah kami lakukan serangkaian test, termasuk untuk Hino Bus. Hasilnya test yang kami lakukan di rute Transjawa, mesin berada pada temperature yang normal dan tidak ada kendala sama sekali.


    Begitu juga dengan temperature oli yang dalam kondisi panas tetap normal. Tentunya ini salah satu keunggulan kami, dengan volume oli yang lebih sedikit 12.7 liter. Ternyata tidak ada ganguan sama sekali di engine dan terbukti Hino Bus ini reliable untuk jalur Trans Jawa dan lebih efisien dan hemat dalam biaya operasional, ujar Santiko.


     TOTAL SUPPORT untuk Hino Common Rail Engine Produk


    Dari sisi perawatan kendaraan dengan mesin common rail lebih mudah dibanding mesin konvensional. Karena perawatan diesel common rail sudah menggunakan sensor sehingga jauh lebih mudah dan lebih cepat dengan konvesional yang masih manual.


    Karena untuk kendaraan Hino cukup sambungkan alat yang disebut dengan Diagnostic Explorer (DX) Tools dan kerusakan akan terdeteksi. Sehingga kendaraan menjadi lebih cepat untuk kembali beroperasi. Untuk DX Tools sendiri, sudah tersedia di seluruh head office jaringan Hino yang tersebar di seluruh Indonesia.


    Sebanyak 179 jaringan outlet yang tersebar dari Aceh hingga Papua siap untuk memudahkan pelanggan menjalankan bisnisnya. Selain itu DX Tools juga sudah dimiliki oleh Hino mobile Service, sehingga konsumen tidak perlu khawatir jika ada kendala di jalan yang tidak memungkinan unit kendaraan mencapai lokasi oulet Hino terdekat.


    Selain itu untuk perawatan atau perbaikan kendaraan Hino Common Rail, seluruh mekanik atau teknisi Hino juga sudah menjalankan pelatihan atau pendidikan mengenai mesin common rail.


    Sehingga customer tidak perlu khawatir untuk melakukan perbaikan kendaraan dimanapun karena hasil kualitas yang sama akan didapat sesuai dengan standard operational procedure (sop) dari Hino.


    Untuk suku cadang Hino Produk Common Rail Engine memiliki suku cadang yang 70% sama atau interchangeability dengan kendaraan Hino yang tipe mekanik. Dengan didukung oleh 5 part Depo yang tersebar di Medan, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan dan Makasar serta didukung lebih dari 3.500 partshop.


    Konsumen tidak perlu khawatir akan ketersediaan suku cadang Hino Common Rail Engine. Karena Hino turut menyediakan suku cadang Hino Genuine Part (HGP) yaitu, suku cadang asli Hino yang dikembangkan langsung oleh Principal Hino di Jepang, yaitu Hino Motors Limited (HML) Japan.


    Dengan kualitas dan mutu yang tidak diragukan lagi dan HMSI Original Part (HOP) suku cadang asli Hino yang dikembangkan secara lokal namun berada dibawah pengawasan langsung oleh Principal Hino di Jepang, yaitu Hino Motors Limited (HML) Japan. Harga lebih terjangkau namun kualitas dan mutu yang terbaik.


    Untuk training kami sediakan secara gratis bagi pelanggan setia kami agar para pengemudi dan mekanik mereka paham akan kelebihan dan cara menangani mesin Hino common rail. Sehingga seusai pelatihan hasilnya dapat mempermudah operasional dari perusahaan mereka, 


    pungkas Santiko. (Sm_r) 




     
    Berita Lainnya :
  • Cara Ervie Karlina dan Novi Rizki Bahagiakan Anak Yatim Piatu
  • Dukung SE Walikota Pekanbaru, Tokoh Agama Gelar Pertemuan dengan Polda Riau
  • Menyambut Lebaran, Isuzu Bagikan Sembako Kepada 400 Driver
  • Prudential Indonesia Hadirkan Layanan “Prestige by Prudential”
  • Perkuat Ekonomi Digital Telkomsel dan Huawei Bersinergi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Cara Ervie Karlina dan Novi Rizki Bahagiakan Anak Yatim Piatu
    02 Dukung SE Walikota Pekanbaru, Tokoh Agama Gelar Pertemuan dengan Polda Riau
    03 Menyambut Lebaran, Isuzu Bagikan Sembako Kepada 400 Driver
    04 Prudential Indonesia Hadirkan Layanan “Prestige by Prudential”
    05 Perkuat Ekonomi Digital Telkomsel dan Huawei Bersinergi
    06 Bank Mega Syariah Berbagi Kebahagiaan Ramadhan di 41 Kota Indonesia
    07 Danamon Siapkan Dana Rp2,5 Triliun Masa Libur Lebaran
    08 Dorong Pertumbuhan Sektor Properti BSI dan Sinarmas Land Bersinergi
    09 Himbau Larangan Mudik, Bidhumas Polda Riau Bagikan Brosur
    10 SiCepat Ekspres Berdayakan UMKM dan Apresiasi Seller Lewat Program #Indahnya Ramadhan
    11 Andria Lottie Tawarkan Promo Ramadan Paket Skin Care Online
    12 MPU Aceh : Langkah Migrasi Sistem Bank Syariah Perlu Didukung
    13 Pemudah Bersedekah Digital, BAZNAS Gandeng Aplikasi Dagangan
    14 JES Bagikan Paket Sembako di Wilayah Jabodetabek
    15 Novi Rizki Tampil Apa Adanya di Acara Amal Yatim Piatu
    16 Strategi Pemerintah dengan Program PEN Perbaiki Perekonomian
    17 Pelaksanaan Vaksin Gotong Royong Akan Segera Dimulai
    18 Permudah Layanan Zakat, BTN Syariah dan BAZNAS Jalin Kerjasama
    19 Sambut Lebaran, Erajaya Gelar Layanan Perbaikan, Kerusakan TecProtec Gratis
    20 realme Tawarkan Rangkaian Produk dan Buka Empat realme Official Store
    21 Dukung Gerakan Cinta Zakat, KPK Tidak Batasi Kewajiban Keagamaan
    22 Sampoerna University dan Danacita Permudah Proses Dana Pendidikan 
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS