Home Nasional Daerah Olahraga Lifestyle Teknologi Hiburan Ragam Ekonomi Video Indeks
 
Ajang TOP CSR Award 2021 BAZNAS Boyong 3 Penghargaan
Jumat, 23-04-2021 - 00:07:40 WIB
BAZNAS menerima penghargaan Top CSR sebagai organisasi zakat kategori Top CSR Award 2021, di Jakarta Kamis (22/4). (Doc.BAZNAS)
TERKAIT:
 
  • Ajang TOP CSR Award 2021 BAZNAS Boyong 3 Penghargaan
  •  

    SinggalangNews.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI berhasil meraih 3 (Tiga) penghargaan sekaligus dalam ajang TOP CSR Awards 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business, bekerja sama dengan beberapa asosiasi dan konsultan CSR, di Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio No. 5 Kuningan Jakarta, Kamis (22/4).


    BAZNAS berhasil meraih penghargaan untuk 3 kategori. Masing-masing: Kategori Top CSR Award 2021 #Mitra Pengelola CSR - Star 4, Kategori Khusus Program Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Kategori TOP Leader on CSR Commitment 2021 untuk Direktur Utama BAZNAS RI, M. Arifin Purwakananta.


    Hadir dalam penyerahan Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad, MA, Wakil Ketua BAZNAS RI, Mokhamad Mahdum, SE, MIDEc, Ak, CA, CPA, CWM, Pimpinan BAZNAS RI, Rizaludin Kurniawan, M.Si dan Dirut BAZNAS RI, M. Arifin Purwakananta.


    Ajang ini menjadi ajang pemberian penghargaan tertinggi kepada perusahaan, instansi, lembaga yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/PKBL/Community Development yang efektif dan berkualitas.


    Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad menyampaikan rasa syukurnya BAZNAS mampu meneruskan trend positif meraih penghargaan nasional meskipun saat ini dunia sedang dalam kondisi yang sulit. Penghargaan ini juga menjadi salah satu bukti pengelolaan zakat di Indonesia mendapat pengakuan dari Majalah Top Business, bekerja sama dengan beberapa asosiasi dan konsultan CSR di Indonesia.


    “Alhamdulillah BAZNAS menerima penghargaan Top CSR sebagai organisasi zakat kategori Top CSR Award 2021 #Mitra Pengelola CSR - Star 4,  kategori khusus Program Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, dan Direktur Utama BAZNAS RI, M. Arifin Purwakananta menjadi salah satu TOP Leader on CSR Commitment 2021. Penghargaan ini sebagai pengakuan atas berbagai inovasi dalam membantu dan memberdayakan masyarakat miskin serta kelompok penerima zakat lainnya,” ujar Prof Noor Achmad, dalam keterangannya, Kamis (22/4).


    Prof Noor Achmad mengatakan, penghargaan ini merupakan penghargaan yang kesekian kalinya yang diterima BAZNAS, setelah sebelumnya BAZNAS meraih penghargaan baik dalam level nasional maupun internasional.


    Terimakasih kepada kepada Wakil Ketua, semua pimpinan, seluruh jajaran direksi, serta semua amilin dan amilat BAZNAS atas kerja kerasnya. Penghargaan ini adalah hasil dedikasi seluruh amil dan Lembaga Amil Zakat seluruh Indonesia, serta seluruh pegiat zakat di Indonesia dan berbagai belahan dunia dalam berjuang melaksanakan gerakan zakat untuk kemaslahatan umat.


    Dalam lima tahun terakhir, sederet penghargaan baik skala nasional maupun internasional telah berhasil diraih BAZNAS atas perjuangan dan komitmen BAZNAS dalam gerakan di dunia zakat.


    Untuk tahun 2020, BAZNAS sebelumnya memperoleh penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atas Kontribusi Dalam Penanggulangan Bencana, penghargaan Global Good Governance SDGs Champion Award 2020 dari Cambridge International Financial Advisory (IFA), dan lembaga zakat dengan Fundraising Digital Terbaik di program Indonesia Fundraising Award (IFA) 2020.


    Prof. Noor Achmad menyampaikan kontribusi BAZNAS bagi pembangunan Indonesia. Antara lain, penerima manfaat selama 2020 yang mencapai 1.500.561 jiwa. 


    “Efektivitas zakat dalam upaya pengentasan kemiskinan dibuktikan dari angka penurunan kemiskinan periode September 2018 hingga September 2019. Yaitu turun menjadi  880.000 jiwa,” kata Prof. Noor Achmad.


    Menurut dia, zakat berkontribusi terhadap 126.704 jiwa atau sebesar 16 persen dari upaya pengentasan kemiskinan tersebut dengan penggunaan dana zakat sebesar Rp 6,4 triliun atau 1,6 persen dari total dana pengentasan kemiskinan pemerintah.


    Ketua BAZNAS memaparkan, total penghimpunan 2020 sebesar Rp385.242.595.029 dan total penyaluran Rp341.691.636.166. Pertumbuhan pengumpulan nasional BAZNAS selama 2015-2020 rata-rata 29,5%, yaitu Rp94,1 miliar (2015), Rp111,7 miliar (2016), Rp154.1 miliar (2017), Rp187,0 miliar (2018), Rp281,2 miliar (2019), Rp385,2 miliar (2020).


    Sementara, rata-rata pertumbuhan penyaluran nasional 41,1% yang diwujudkan dalam bentuk bantuan program Darurat Kesehatan, Darurat Sosial Ekonomi, serta keberlangsungan program existing yang telah dijalankan oleh BAZNAS sebelumnya.


    Menurut Prof. Noor Achmad, BAZNAS memiliki empat agenda besar. Pertama, penguatan kelembagaan dan regulasi. Kedua, program labelisasi taat zakat. Ketiga, optimasi zakat di kementerian/lembaga, TNI/Polri dan BUMN. Keempat, pengentasan kemiskinan dan penanggulangan Covid 19.


    Kini BAZNAS memiliki visi menjadi lembaga pemerintah non struktural untuk filantropi Islam yang terpercaya, kuat dan modern. Serta, misi menjadi lembaga pemerintah non struktural yang aktif dalam menangani dampak Covid 19,  sebagai pelengkap APBN pengentasan kemiskinan.


    Semoga penghargaan ini dapat menjadi pemacu semangat pengelola zakat di Indonesia terus merapatkan barisan berjuang bersama membantu mereka yang kesusahan dalam menghadapi krisis ini, pungkas Prof Noor Achmad. (sm/*)




     
    Berita Lainnya :
  • Cara Ervie Karlina dan Novi Rizki Bahagiakan Anak Yatim Piatu
  • Dukung SE Walikota Pekanbaru, Tokoh Agama Gelar Pertemuan dengan Polda Riau
  • Menyambut Lebaran, Isuzu Bagikan Sembako Kepada 400 Driver
  • Prudential Indonesia Hadirkan Layanan “Prestige by Prudential”
  • Perkuat Ekonomi Digital Telkomsel dan Huawei Bersinergi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Cara Ervie Karlina dan Novi Rizki Bahagiakan Anak Yatim Piatu
    02 Dukung SE Walikota Pekanbaru, Tokoh Agama Gelar Pertemuan dengan Polda Riau
    03 Menyambut Lebaran, Isuzu Bagikan Sembako Kepada 400 Driver
    04 Prudential Indonesia Hadirkan Layanan “Prestige by Prudential”
    05 Perkuat Ekonomi Digital Telkomsel dan Huawei Bersinergi
    06 Bank Mega Syariah Berbagi Kebahagiaan Ramadhan di 41 Kota Indonesia
    07 Danamon Siapkan Dana Rp2,5 Triliun Masa Libur Lebaran
    08 Dorong Pertumbuhan Sektor Properti BSI dan Sinarmas Land Bersinergi
    09 Himbau Larangan Mudik, Bidhumas Polda Riau Bagikan Brosur
    10 SiCepat Ekspres Berdayakan UMKM dan Apresiasi Seller Lewat Program #Indahnya Ramadhan
    11 Andria Lottie Tawarkan Promo Ramadan Paket Skin Care Online
    12 MPU Aceh : Langkah Migrasi Sistem Bank Syariah Perlu Didukung
    13 Pemudah Bersedekah Digital, BAZNAS Gandeng Aplikasi Dagangan
    14 JES Bagikan Paket Sembako di Wilayah Jabodetabek
    15 Novi Rizki Tampil Apa Adanya di Acara Amal Yatim Piatu
    16 Strategi Pemerintah dengan Program PEN Perbaiki Perekonomian
    17 Pelaksanaan Vaksin Gotong Royong Akan Segera Dimulai
    18 Permudah Layanan Zakat, BTN Syariah dan BAZNAS Jalin Kerjasama
    19 Sambut Lebaran, Erajaya Gelar Layanan Perbaikan, Kerusakan TecProtec Gratis
    20 realme Tawarkan Rangkaian Produk dan Buka Empat realme Official Store
    21 Dukung Gerakan Cinta Zakat, KPK Tidak Batasi Kewajiban Keagamaan
    22 Sampoerna University dan Danacita Permudah Proses Dana Pendidikan 
     
     
    Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
    © SINGGALANG NEWS